3 Penyebab Utama Lele Gampang Mati

 Hai hai saya mau membagikan sedikit pengalaman saya selama satu tahun budidaya lele.

Lele pada dasarnya adalah ikan yang tahan di berbagai kondisi. bahkan di air berlumpur pun lele ini sanggup hidup. di kolam comberan pun ada yang mampu hidup. eits tapi tidak baik ya guys ikan lele di pelihara di kolam comberan, selain rasanya tidak enak dikhawatirkan dagingnya juga tidak sehat.

Saya kasih tau ya lele yang kalian beli itu sekarang adalah hasil budidaya petani, pakannya pun dari pelet yang mahal, karena kandungan proteinnya tinggi. perawatan airnya dijaga. jadi jangan anggap lele itu ikan jorok ya.


oke lanjut ke pembahasan intinya, misal kalian lagi menekuni pelihara lele nih, terus tiba tiba kok lelenya pada mati kalian bingung kan. lele katanya ikan bandel kok gampang mati?

jadi akan saya rangkum ke 3 penyebab utamanya saja ya. kalian bisa cari tau kesalahan kalian di sini

1. Kualitas Air

Oke mungkin jarang dari kalian kepikiran lele itu meski bandel/terkesan susah mati dia hidupnya di air. bernapas di air. maka kualitas air pun sangat penting, apalagi kalau kalian dalam rangka budidaya ya otomatis kualitas air sangat berperan disini. bahkan saya sudah dua kali mendapat pencerahan dari masternya lele intinya sama. pelihara ikan itu bukan pelihara ikannya, tapi airnya. pun juga ikan lele, sama saja, yang kita wajib rawat dulu adalah airnya. Pastikan airnya itu layak untuk tinggal ikan, ciri ciri layak ya oksigen cukup, terkena sinar cukup, suhu sesuai, pH sesuai. ya kalau pemula minimal itu airnya tidak bau lah.

ini ada artikel tentang persiapan air kolam buat nambah referensi :

Mau Ternak Ikan Lele? Catat Persiapan Air Sebelum Tebar Benih Lele

2. Pakan

Pakan menjadi penyebab kematian kalau pakannya kadaluarsa/ jamuran, nah asal kalian tau saya jadikan pakan menjadi penyebab kematian karena banyak yang salah juga dalam memberi lele pakan. memberi pakan lele itu lebih baik kurang daripada lebih. beri lele pakan secukupnya saja. pakan berlebih justru jadi racun di air, karena bisa jamuran, bisa menjadi sarang bakteri, lalu amoniak meningkat. ya begitulah, intinya jangan sampe pakan tidak termakan lele. beri pakan secukupnya saja.

3. Bibit

Ini sepengalaman saya juga jadi poin penting, beli bibit lele jangan asal beli. pahami bagaimana bibit itu, dari induk yg bagaimana, proses saat larva bagaimana, berapa hari umurnya. sehat atau tidak. ya minimal sehatnya lah ya. kalau bibitnya udah jelek, biasanya kematian tetap tidak terhindarkan. akan mudah sekali stress mudah mati. jadi beli bibitnya hati hati. jangan asal beli.