Tips Pendederan Ikan Lele Agar Untung Maksimal

Pemberitahuan kepada Pembaca

Sebelum baca tips utamanya saya sangat menyarankan agar membaca dulu pengalaman saya agar lebih bisa menangkap poin-poin yang nanti akan saya uraikan di akhir artikel. artikel ini saya awali dengan latar belakang saya sebagai pedagang lele.

Latar Belakang Penulis

Dalam dunia budidaya lele saya memulainya berawal dari pedagang lele konsumsi setelah pandemi,

a. Pedagang lele konsumsi

Hal positif

Enaknya menjadi pedagang lele konsumsi adalah kita bisa memaksimalkan keuntungan melalui kuantitas dan frekuensi. sehingga meskipun per kg hanya ambil untung sedikit namun jika punya kemampuan untuk membeli dan menjual kapasitas banyak maka keuntungan tersebut menjadi berlipat ganda. Dan kalau sehari bisa transaksi berkali kali maka lipatannya semakin tebal hahaha

Hal negatif

Namun bukan tanpa resiko, membeli lalu menjual lele konsumsi pun punya titik rawan kerugian. diantaranya adalah kematian, penyusutan bobot, serta ketidaksesuaian ukuran. Nah ditambah lele pun seperti musiman, apalagi bulan bulan dengan cuaca dingin seperti ini lele konsumsi menjadi sangat langka, sehingga saya iseng isenglah belajar ke bibit lele, utamanya pendederan.

b. Menjadi pedagang + mendederkan bibit lele

Tips Pendederan bibit ikan lele

Hal positif

Serunya di pendederan bagi pedagang adalah kita beli bibit dan misal langsung laku dijual hari itu pun jelas sudah dapat untung, karena beli bibit ke petani pemijah harganya murah dan dijual  ke konsumen pembudidaya pembesaran akan bisa mendapatkan selisih harga. Dan misalnya belum laku pun, jika kita bisa merawatnya pasti ukurannya akan bertambah dan harganya ikut naik juga, sehingga seperti investasi.

Hal negatif

.Namun jika usaha tidak ada resiko namanya bukan usaha, yakan bos? di pendederan pun ada resiko, diantaranya lele sakit, lele mati, lele kanibal, lele lambat tumbuh, siklus uang tertahan di barang. Sehingga pendederan pun perlu ada belajar ilmunya agar lebih siap menghadapi resiko

Setelah sedikit bercerita pengalaman, saatnya ke poin utama yaitu tips pendederan ikan lele agar untung maksimal. ini berdasarkan pengalaman saya ya

Tips Pendederan Ikan Lele agar Untung Maksimal

Berikut adalah tips yang wajib anda praktekkan

Tips Pendederan bibit ikan lele

1. Pahami harga pasaran bibit lele di daerah anda

Ini poin utama karena kalau mau untung wajib riset dulu harga pasaran bibit lele untuk tiap ukuran. Usahakan agar bisa mendapatkan lele dibawah harga pasaran serta menjualnya sesuai harga pasarannya. nah ini akan berhubungan ke tips ke dua

2. Perbanyak kenalan pembudidaya pemijah lele

semakin banyak pemijah lele yang anda kenal maka range harga serta kuantitas lele akan semakin banyak, jalinlah hubungan yang baik dengan banyak pemijah, karena bisa saja misal anda belum punya lele namun ada konsumen minta bisa anda ambilkan ke kenalan pemijah anda.

3. Buatlah Model Kolam yang Efisien

Pedagang akan selalu mengutamakan kebutuhan konsumen, maka persiapkan kolam yang banyak dengan rencana isian berbagai ukuran agar PaLu GaDa (Apa yang Lu mau GuA aDa), dan buatlah model kolam yang dapat mempermudah penjualan bibit. Pengalaman saya kolam model keramba akan memberikan keuntungan maksimal sebagai pendeder, karena proses pengambilan ikan yang mudah membuat anda bisa menjual kapan saja dan jumlah berapapun tanpa perlu membuang air kolam, ini juga dapat menghemat tenaga serta biaya listrik dan air. Serta ikan pun minim stress karena tanpa pengurasan kolam. Mau dijual eceran pun OK saja.

4. Pelajari cara merawat bibit agar tetap sehat

Ini poin paling penting sebenarnya cuma saya taruh setelah 3 poin tadi karena ini hanya antisipasi jika bibit lele belum laku laku. Saya sangat menganjurkan agar bibit yang anda deder itu langsung laku ya sehari dua hari lah jangan terlalu lama di tempat anda.

Ya intinya sebenernya pendeder itu pasti untung kalau ikannya sehat sehat.

Karena ini termasuk poin paling penting, akan saya uraikan di artikel lain yang berjudul :

Tips Merawat Bibit Ikan Lele agar Sehat dan Cepat Besar

Silakan diklik dan dibaca

5. Jalin hubungan dengan konsumen anda

Anda pendeder tetap jalin hubungan dengan konsumen pembudidaya pembesaran, karena lele itu termasuk ikan yang masa panennya singkat, apabila konsumen anda kolamnya satu, anggaplah satu siklus 3 bulan panen. maka ingat agar terus jalin komunikasi ya barangkali saat mau mengisi bibit lagi anda yang beruntung untuk menyediakan bibitannya lagi.
Kalau yang kolamnya banyak, bisa seminggu sekali panen wah siap siap anda bisa jadi langganannya membeli bibitan

6. Jadilah Pedagang lele konsumsi juga agar lebih dapat mengikat konsumen

terkadang ada pemula yang ingin budidaya lele, ini justru akan menjadi hal positif karena anda bisa menjual harga yang bagus, serta anda bisa membeli hasil panennya nanti. Apabila konsumen merasa enak untuk dapat bibit dan menjual hasil panennya tanpa pusing kesana kemari maka dia kemungkinan besar akan melanjutkan bisnis perikanannya dengan bekerjasama dengan anda. Misalkan pun anda belum mampu menjadi pedagang lele konsumsi, setidaknya bantu agar lele panennya lebih mudah terjual dengan cara menyalurkan hasil panennya ke pedagang/pengepul lele kenalan anda.

7. Jadilah Orang yang jujur

Mungkin masih ada pedagang yang curang untuk mendapatkan lebih keuntungan misalnya menjual bibit lele tidak sesuai ukuran (lebih kecil), menjual dengan jumlah hitungan kurang, menjual ikan sakit, menjual bibit kualitas jelek tapi bilangnya bagus dan masih banyak kecurangan lainnya. memang sih itu pasti lebih tinggi keuntungannya, namun itu hanya keuntungan sementara, justru cara curang itulah yang akan membuat rugi bahkan bangkrut usaha pendederan anda karena kehilangan kepercayaan dari konsumen dan membuatnya kapok untuk membeli pada anda.

jadilah orang yang jujur, sebenarnya tips yang terakhir ini harus dan bisa diterapkan di berbagai usaha anda. karena akan memberikan keuntungan yang barokah. niatkan usaha anda sebagai jalan ibadah anda, untuk membantu sesama. maka keuntungan akan datang kepada anda.

Ya begitulah kiranya tips dari saya, semoga bermanfaat.