Tips Membuat CV Untuk Fresh Graduate, Awas Jangan Sampai Salah

Tips membuat CV untuk fresh graduate memang harus diketahui dengan baik agar dapat melamar pekerjaan secara maksimal. Setelah menyelesaikan pendidikan kuliah anda, perjuangan anda ternyata juga belum berakhir, karena anda akan dihadapkan pada kehidupan yang sesungguhnya yakni pekerjaan.

Untuk melamar pekerjaan, tentu ada banyak hal yang harus anda siapkan bukan? salah satu dokumen yang penting adalah keberadaan CV tersebut. Dokumen yang satu ini digunakan sebagai bahan pertimbangan dari perusahaan untuk menerima ataukah menolak anda tersebut. 

Tips Membuat CV Untuk Fresh Graduate
sumber : freepik

CV atau curriculum vitae atau lebih sering disebut daftar riwayat hidup merupakan bagian yang sangat penting ketika akan melamar pekerjaan. Di Dalam CV inilah, para pelamar biasanya akan menuliskan rangkuman singkat mengenai kemampuan maupun kompetensi yang mereka miliki guna sebagai dokumen pelengkap surat lamaran kerja mereka tersebut. 

Tips membuat CV untuk fresh graduate 

Walaupun terdengar sepele karena anda hanya akan memasukkan kemampuan dan prestasi yang anda miliki, tetapi untuk membuat CV ternyata tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Terlebih lagi apabila anda merupakan seorang fresh graduate. Jika anda asal-asalan dalam membuatnya, jelas akan membuat sebuah perusahaan langsung tidak tertarik dengan lamar kerja yang anda miliki tersebut. 

Lantas bagaimanakah membuat CV yang baik dan benar? Berikut ini tips membuat CV untuk fresh graduate yang bisa anda gunakan.  

Gunakan bahasa yang mudah untuk dipahami 

Hal paling penting yang harus anda perhatikan dengan baik adalah penggunaan bahasa dalam CV anda tersebut. ketika anda membuat CV, usahakan apabila terlihat sederhana tetapi menarik dan mudah dipahami. Itulah sebaiknya, hindarilah menggunakan kata-kata rumit maupun informasi yang tidak penting dan tidak dibutuhkan oleh pihak perusahaan. 

Masukkan informasi penting sebagai pendukung 

Karena disini, anda masih seorang fresh graduate, tentu anda masih memiliki pengalaman yang terbatas bukan. untuk mendukung CV anda, cobalah untuk memasukkan informasi seputar kegiatan apa sajakah yang diikuti selama menjadi mahasiswa di kampus 

Adapun kegiatan tersebut bisa berupa pelatihan, seminar, organisasi seperti apakah yang pernah diikuti, pekerjaan sukarela hingga pengalaman magang yang pernah diikuti. Dengan informasi itulah, maka dapat menunjukkan bagaimanakah kemampuan dalam berkomunikasi maupun kepemimpinan yang anda miliki. 

Tulis informasi personal detail yang benar 

informasi mengenai personal detail juga menjadi bagian yang cukup penting didalam pembuatan CV. Umumnya, personal detail ini bisa berisi nama, tanggal lahir, alamat, nomor HP hingga email. Jika diperlukan, anda juga bisa mencantumkan akun-akun social media yang anda miliki dimana berkaitan dengan dunia profesional seperti Linkedin. 

Jangan lupa cantumkan prestasi yang anda miliki 

Tips membuat CV untuk fresh graduate yang berikutnya adalah jangan lupa untuk mencantumkan prestasi atau keunggulan  apa saja yang dimiliki. Ini juga sebagai bahan untuk mempromosikan diri anda tersebut. 

Cobalah untuk menyampaikan prestasi yang pernah didapatkan semasa kuliah maupun sekolah. Dengan informasi seputar prestasi yang anda miliki itulah, maka pihak    perusahaan bisa tertarik untuk merekrut anda menjadi karyawan mereka. 

Tunjukkan keahlian yang anda miliki 

Dalam membuat CV, anda juga tidak boleh lupa untuk menunjukkan keahlian yang anda miliki tersebut. mulai dari hard skill hingga soft skill. Salah satu keahlian yang biasanya digunakan sebagai bahan pertimbangan adalah keahlian dalam bahasa asing. 

Membuat CV untuk fresh graduate memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hal tersebut lantaran pengalaman yang belum banyak sehingga harus meyakinkan pihak perusahaan. Gunakan tips membuat cv  untuk fresh graduate diatas.

Contoh CV untuk Fresh Graduate

Kebetulan dulu saya pernah membuat CV dan saya gunakan untuk melamar kerja, dan saya diterima.

Mungkin karena CV saya cukup simple dan mudah dipahami.

Sehingga saya bisa sampai tahap seleksi wawancara.

Mungkin banyak yang meremehkan CV, karena menurut orang-orang, penentu dalam keputusan diterima adalah wawancara. Namun menurut saya CV ini tidak kalah penting, karena itu ibarat katalog atas diri anda. jadi ibarat anda ini adalah "barang" yang mau dibeli/diambil perusahaan, maka perusahaan perlu mengamati spesifikasi "barang" dari yang mau dibeli ini.

Ya sama halnya kaya beli mobil, anda pasti baca baca dulu kan informasi serta spesifikasi mobil yang mau anda beli, anda pilah pilah dulu. nah baru kemudian kalo beberapa ada yang cocok baru anda dateng ke dealer buat test drive.

Oke dah cukup tambahan informasinya, sekarang lanjut ke yang mau saya bagikan terkait contoh CV untuk fresh graduate.


Ini saya buat menggunakan Word. Anda bisa sekalian mengunduh contoh CV tersebut. atau bisa juga hanya sebagai inspirasi saja, karena memang saya melihat desainnya terlalu simpel.

untuk menyedot file nya bisa klik link berikut
Contoh CV Fresh Graduate

Untuk beberapa desain yang menarik, anda bisa gunakan link berikut, desain dibuat dengan Corel Draw.

Contoh desain CV dengan Corel Draw

Selamat Mencoba, semoga berhasil!