Cara Membuat CV Menarik menggunakan Word (disertai sampel)

CV (Curriculum Vitae) atau dalam bahasa Indonesia artinya adalah daftar riwayat hidup adalah suatu dokumen yang berisi gambaran tentang pengalaman, baik itu pengalaman kerja, prestasi, maupun pendidikan, serta berbagai informasi mengenai diri seseorang.
Banyak kegunaan dari CV ini, misalnya saja ketika mendaftar ke suatu institusi pendidikan.

Juga ketika seseorang diundang menjadi pembicara/narasumber, maka dokumen CV ini menjadi penting dibacakan oleh moderator sebagai informasi untuk para peserta. CV yang bagus dapat membuat peserta menjadi tertarik.

Serta juga CV ini biasa digunakan dalam kegiatan melamar kerja. Hal ini agar pihak perusahaan yang akan merekrut anda mendapatkan informasi mengenai data diri anda dengan mudah.

Bagian Bagian CV

1. Heading (Nama Lengkap, ttl, alamat, no-hp, e-mail)

Heading ini berisi informasi mengenai identitas anda, dari nama lengkap, alamat lengkap, no anda yang bisa dihubungi, email formal yang anda gunakan khusus untuk pekerjaan.

2. Deskripsi Diri (Bisa anda tulis dengan tiga-empat kalimat)

Di dalam deskripsi diri usahakan gunakan kalimat yang formal dan jelas. Dengan sekitar 200 kata usahakan anda sudah menjelaskan siapa anda, status sekarang (bekerja dimana/fresh graduate dari mana), keahlian khusus, serta tujuan dalam berkarir

3. Kontak ( facebook, ig, twitter dll)

Isikan kontak yang anda punya, usahakan akun sosmed anda yang tidak penuh konflik apalagi kasus tertentu.

3. Pendidikan atau kursus

Tulis saja dari SD hingga pendidikan terakhir anda, sertakan juga kursus-kursus tertentu yang sekiranya mendukung pekerjaan yang anda lamar.

4. Keahlian tambahan

Misal anda punya keahlian lain yang ingin anda cantumkan.

5. Prestasi

Tulis prestasi yang pernah anda capai, usahakan prestasi yang punya hubungan. Misal anda akan ditempatkan untuk menjadi designer, nah anda pernah menang kompetisi design kaos, itu sebaiknya dicantumkan. Agar CV anda semakin bernilai. Tapi kalo prestasi yang kurang berhubungan sebaiknya tidak perlu ditulis saja. ya misalnya menang lomba makan krupuk itu mungkin prestasi tapi kayaknya ga perlu ditulis juga di CV.

6. Referensi

Menurut Darren, sebaiknya CV disertakan dengan dua nama orang yang mengetahui anda dengan baik, tulis juga nama lengkap, jabatan, perusahaan tempat bekerja serta kontaknya.

Jika data sudah disiapkan saatnya anda menyiapkan desain yang ingin anda buat.

Ada banyak desain yang bisa anda buat untuk CV.


Berikut saya beri beberapa sampel contoh design CV kerennya.





















Atau anda bisa coba-coba sendiri dengan membuat konsep desainnya di kertas dulu,
Jika anda sudah punya desainnya kita lanjutkan ke mulai pembuatan dengan microsoft word


Langkah pembuatan CV menggunakan Word


1. Anda buat bentuk bentuk tertentu menggunakan fitur shape
Caranya Insert > Shape > pilih yang disuka


2. Menulis teks Judul selalu dengan fitur Textbox. Hal ini agar kita bisa mudah menyusun, memindahkan teks pada tempat yang kita inginkan.
Caranya Insert > Textbox > Draw Text Box

3. Menulis data diri pada tabel. Ini juga dimaksudkan agar lebih rapi dan mudah disusun. (jangan lupa kalau sudah jadi, border dihilangkan agar tidak terlihat garis tabelnya)
Caranya insert > table > buat sesuai kebutuhan (saya ada 3, kolom 1 untuk Judul data, kolom kedua untuk tanda titik dua :, kolom 3 untuk keterangan/isi)

Untuk menghilangkan border, klik keseluruhan tabel (blok), lalu klik bagian border, pilih yang no border.

Ya lalu pindah-pindahkan sesuka hati..ganti ukuran sesuka hati, ganti warna sesuka hati..

Nah bagi kalian yang gamau ribet, misalnya mau pake template cv punya saya, nanti tinggal edit data-datanya saja sesuai punya kalian,

silakan saja sedot melalui link berikut
[sedot contoh cv.docx]
Preview



ini ada cv versi 2
[Contoh CV versi 2.docx]
Preview

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat