7 Novel Populer Wattpad yang Dibukukan, Bahkan Ada yang Difilmkan

Kalo mau jadi penulis di jaman sekarang itu gampang, ga terlalu harus ngejar-ngejar penerbit biar karyanya populer. Iya, karena media udah banyak banget buat publikasiin karya kamu. Misalnya yang simpel kayak facebook. Kalo punya essay atau opini bisa ditulis di sono. Eh tapi jaman now facebook isinya orang mabok micin ding, yang suka ketik angka 1 lalu lihat apa yang terjadi. yang lebih seneng like dan komentar aamiin, serta suka komentar cewe.cf/nama. Jadi mending taruh karya mu di tempat lain aja.

Lalu ada juga blog buat naruh karya kamu, platformnya macem-macem, ada situs paus kayak hipwee, idntimes dan sebagainya, lalu ada ucnews, lalu kompasiana yang lebih serius. Dan yang lagi populer ini adalah Wattpad.

Apaan tuh wattpad, wattpad itu platform khusus buat karya tulis. Jadi ada cerpen, novel, puisi. Ya karena di wattpad ini susahnya minta ampun buat di copas (udah riset sendiri), jadi para penulis disini cukup lega buat naruh karyanya di sini. Yang terpenting adalah di wattpad itu penggunanya dah banyak banget, jadi peluang karyamu dibaca orang lain itu gede. Iya gede, apalagi pengguna wattpad ya emang tujuannya buat baca.

Rupanya wattpad juga udah melahirkan beberapa novel populer, yang entah gimana akhirnya dilirik sama penerbit yang cukup gede lalu karyanya dibukukan. Mantap ga tuh, bahkan ada beberapa produser yang ngejadiin novel yang populer di wattpad sebagai film. Wididiiiih.

Mau tahu novel populer di wattpad yang dibukukan bahkan ada yang difilmkan?

1. Dear Nathan – Erisca Febriani
dear nathan novel populer wattpad yang dibukukan
(img src : goodreads)

Review singkat
Sinopsis : Berawal dari keterlambatan mengikuti upacara pertama di sekolah baru, Salma Alvira bertemu dengan seorang cowok yang membantunya menelusup lewat gerbang samping. Selidik punya selidik, cowok itu ternyata bernama Nathan; murid nakal yang sering jadi bahan gosip anak satu sekolah.
Beberapa rangkaian kejadian pun terjadi, yang justru menghantarkan Salma untuk menjadi kian lebih dekat dengan Nathan. Dua kepribadian yang saling bertolak belakang, seperti langit dan bumi; tidak bisa bersatu tapi saling melengkapi.

ini ceritanya seru, ga cuma cinta-cintaan mulu. Tapi ada juga yang tentang persahabatannya, lalu arti keluarga.

Novel ini sudah diangkat jadi film, dengan pemeran Salma ( Amanda Rawles) , Nathan (Jefri Nichol).
Saya hanya mengulas sedikit saja di artikel ini, tapi tenang kalau ada yang mau baca ulasannya lebih lanjut bisa klik link referensi yang saya cantumkan.
Review Novel Dear Nathan, Review Film Dear Nathan
Saya ngasih sumber dari blog juga haha..Soalnya tulisannya itu personal, jadi kalo lu baca blog ya kayak lagi ngobrol aja santai. Serta juga kan sesama blogger ya saling support, hehe..

2. Melodylan – Asriaci

Review singkat
Sinopsis : Melody mempunyai masa lalu yang buruk, dengan mantan pacarnya. Hal itu yang membuatnya pindah dan berusaha menjauh dari segala hal yang melibatkan dia dengan masa lalunya. Melody terus menghindari setiap masalah yang terjadi di dalam hidupnya, dia tidak pernah menyelesaikan masalah itu secara tuntas karena keraguan dan ketakutan yang ada di dalam dirinya.

Dylan cowok yang selalu membuat masalah, dia senang dengan masalah-masalah yang terjadi di dalam hidupnya, apa pun yang dia lakukan pasti menimbulkan masalah. Setiap masalah membuat Dylan merasa warna-warni dan lika-liku dalam hidup itu nyata adanya.

Pertemuan keduanya bukan tanpa alasan. saling tarik menarik dan berbeda paham satu sama lain. Tapi, mampukah keduanya menyesuaikan dengan karakter dan sifat yang berbeda dalam suatu ikatan yang disebut cinta?

Yang agak bikin geregetan adalah endingnya, banyak yang kontra..haha
kalo mau tau gimana langsung aja baca bukunya. hehe
(ada yang mau nempelin link artikel review melodylan di artikel ini? hubungi saya)

3. Revan & Reina  - Christa Bella S
revan dan reina novel populer wattpad yang dibukukan
Review singkat
sinopsis : Revan mengenal Reina sejak kecil. Kedekatan mereka berkembang sangat pesat menjadi hubungan asmara, meskipun usia Reina lebih tua daripada Revan.
Revan pun tahu, selama ini ada sosok lain di hati Reina, Fabian. Cowok itu tiba-tiba pergi begitu saja dan meninggalkan goresan di hati Reina. Dan, saat itupun tiba, Fabian kembali hadir dalam hidup Reina. Ada kegelisahan tersendiri di hati Revan, karena Revan sangat mencintai Reina. Dia takut kehilangan kekasihnya.
Gimana kisah mereka? Langsung aja baca bukunya.
Novel ini punya daya sendiri pada sosok Revan dan teman-temannya. Tingkahnya yang childish, omongan - kalau lagi chatting sama in the genk dan Reina - dan tangannya yang selalu mengandung typo membuat para in the genk (Angga, Bagas, dan Aldo) kerap mengejeknya dan disini benar-benar terhibur banget dengan tingkah-tingkah konyol mereka. Walapun tingkah Revan yang seperti tidak pernah menganggap apaun yang sedang dibahas serius, Revan juga kadang bisa bertindak sangat dewasa ketika berhadapan dengan Reina. Revan mempunyai ciri khasnya tersendiri untuk bersikap manis dengan Reina.
Novel ini juga kabarnya bakal di filmin loh, mau dirilis tahun 2018 nanti.
Kalau mau baca review lebih lengkap tentang Revan dan Reina silakan klik

4. Matt & Mou - Wulanfadi
Matt dan Mou novel populer wattpad yang dibukukan
Review singkat
“Lo aja masih ngelak sama perasaan lo. Gimana dia mau berharap lebih?"
 Namanya Matt. Cowok antisosial yang bisa kau temui di pojok kelas, atau di kantin dengan buku bacaan tebalnya. Benar-benar tertutup. Apalagi soal perasaan. Kematian ayahnya semakin membuat Matt enggan membuka diri.

 Lain lagi dengan Mou. Cewek hiperaktif yang bisa kau temui di keramaian kantin, atau di lapangan sekolah sebagai pemandu sorak. Benar-benar terbuka. Apalagi soal perasaan. Perceraian orangtuanya membuat Mou terpaksa menutupi kesedihan dengan tawa.

 Keduanya bersahabat karena kegigihan Mou. Lalu, dalam persahabatan..., apa wajar jika timbul kata cinta? Jika itu terjadi, apakah persahabatan akan tetap sama? Bagaimana jika mempertahankan persahabatan menyisakan sakit saja? Dan, benarkah cinta akan memihak jika kau sungguh-sungguh dengan segenap hati dan rasa?

 Kisah dua orang sahabat yang memendam rasa, tetapi tak berani mengambil kesempatan. Sebuah novel yang menyentuh hati banyak pembaca dan membuat mereka menguraikan air mata.

bagi yang udah baca versi wattpadnya, mungkin agak kecewa dengan endingnya, tapi spoiler nih kalo novelnya biasanya ada bedanya loh.
Kalau mau liat review lebih lengkap klik

5. Petjah - Oda Sekar Ayu
Petjah novel populer wattpad yang dibukukan

review singkat
Nadhira adalah anak SMA biasa, kecuali embel-embel kelas CI/BI alias kelas akselerasi. Nadhira menyimpan luka luar biasa karena kehilangan Erlangga, kakak laki-laki satu-satunya yang ia miliki. Nadhira menyimpan perasaan untuk Dimas sejak setahun yang lalu tetapi Dimas seakan tidak memperdulikan itu.  Sekarang semesta mempermainkannya ketika Dimas mulai melunak, Nadhira justru bertemu Biru. Awalnya ia menganggap Biru hanya sebagai jagoan sekolah tetapi tidak disangka-sangka, Biru mempunyai talenta hebat dalam sastra, ia menulis puisi layaknya Nadhira. Nadhira dan Biru seperti satu kesatuan. Akan tetapi, saat Nadhira mulai melangkah lebih jauh mengenal Biru, Biru melarikan diri, menghindarinya seakan-akan ia virus paling menjijikan.

Biru adalah King of the Kings-nya sekolah, ia dianggap sebagai pentolan. Biru terkenal karena suka tawuran. Akan tetapi, banyak hal yang Biru sembunyikan. Ia ikut tawuran hanya karena ingin menghempaskan amarahnya terhadap ajang yang jadi saksi bisu kejadian berdarah itu. Ia kehilangan kakak perempuannya,Nila. Hanya dengan tawuran itu, ia bisa membalaskan semuanya. Biru bertemu sosok Nadhira. Ia menyukai Nadhira, tapi tidak ingin bertindak gegabah sampai semua dendam pribadinya selesai. Tanpa ia sadari, benang merah yang menghubungkan ia dan Nadhira justru menolak semua kemungkinan mereka bersatu.
Seru kan, novel ini cocok buat yang suka kisah-kisah masa SMA.
buat yang mau baca review lebih lengkap klik


6. Heartbeat - Jealoucy
Heartbeat novel populer wattpad yang dibukukan
(img src : goodreads)
Berbeda dari saudara kembarnya yang mendapat seluruh curahan perhatian dari keluarga, Seraphine selalu diperlakukan bagai orang asing. Karena itu dia lebih suka menghabiskan waktunya diluar. Kemudian Elang Skarsgard datang. Untuk pertama kalinya seseorang begitu tertarik padanya dan membutakannya sampai level dimana dia tidak peduli walau seseorang mengancam nyawanya.
"When your heartbeat bring someone close and the danger closer."
Review singkat
Cerita ini dibuka dengan pertemuan 'nggak sengaja' antara Saraphine (kerap disapa Fina) dengan Elang karena sosok yang punya kekuatan 'super hearing' itu penasaran dengan suara detak jantung Fina. Dengan label 'unik' yang melekat erat di diri Fina, penulis benar-benar pas melekatkan adegan-adegan yang melibatkan keunikan Fina. Dia bener-bener unik, sesekali banyolannya yang garing membuat pembaca ketawa.

Dari masalah keluarganya yang cukup rumit, perasaannya yang mulai ikut andil dalam peran hidupnya, sampai rasa frustasi yang dialami Fina. Cerita ini memiliki makna yang cukup mendalam sehingga dapat merubah sudut pandang pembaca. Walaupun pembaca mungkin akan jenuh karena novel ini terlalu tebal untuk ukuran fiksi remaja, tapi penulis dapat menghilangkan rasa bosan dengan menyuguhkan alur yang memikat sehingga membuat pembaca ingin mengetahui kisah Fina lebih lanjut.
(ada yang mau nempelin link artikel review Heartbeat disini? hubungi saya)

7. Feel Real - Radin Azkia
Feel Real novel populer wattpad yang dibukukan
(img src : goodreads)
“Sandiwara lo, tuh, buat apa?”
“Siapa yang sandiwara? Gue lagi nggak sandiwara.”
“Bebas, deh, Lang. Gue males banget berurusan sama lo lagi.”
“Ya, ampun, Gat. Lo masih nggak bisa liat apa yang lagi terjadi sekarang?”
Setelah mendengar perkataan Gilang, alis Gatari mengerut. Ekspresi wajahnya perlahan berubah bingung.
“Lo pikir kita ngapain di sini? Makan-makan cantik?” Gilang memasukkan kedua tangannya ke dalam saku celana. “Lo nggak liat gue disuruh serapi ini buat siapa?”
Gatari semakin bingung. Jangan-jangan… ah, nggak mungkin! Gue nggak hidup di zaman Siti Nurbaya!
“Buat lo!” sembur Gilang meninggi tepat di depan wajah Gatari. “Buat orangtua lo!”
Bibir Gatari yang terkatup perlahan terbuka. Namun, tidak ada suara yang terdengar dari mulutnya. Perempuan itu menatap kedua mata Gilang sambil berusaha menjaga keseimbangan tubuhnya agar tetap bisa berdiri dengan sepatu setinggi sepuluh sentimeter.
“Selamat, Gat. Harapan lo untuk nggak berurusan sama gue lagi, hilang malam ini juga.”

****

Malam itu mengubah hidup Gatari selamanya. Ia tidak habis pikir orangtuanya tega menjodohkannya dengan Gilang, si pembuat onar di sekolah. Bagaimana bisa? Hanya kata-kata itu yang memenuhi kepalanya. Sampai kapan pun ia tidak akan pernah menerima dan memaafkan Gilang. Laki-laki yang sudah mempermalukannya di depan teman-teman sekolah, dengan mendaratkan bibirnya di wajah Gatari.
(ada yang mau naruh link artikel review disini? hubungi saya)

Penutup
Sekian 7 daftar novel populer wattpad yang dibukukan. Novel wattpadnya keren kan? haha emang daftar novel wattpad rekomended lah,,penerbit aja mau nerbitin.
Nah dari banyaknya daftar itu menunjukan bahwa menjadi penulis di jaman sekarang itu bukanlah hal yang sulit, bukanlah hal yang perlu banyak modal. Asalkan niat dan mau berusaha, modal wattpad  pun jadi. Pokoknya di jaman yang serba praktis ini jangan ngeluh, mau jadi apapun bisa. Sekarang saatnya semangat dan terus berusaha.

Baca Juga :