7 Keunggulan Kolam Terpal untuk Budidaya Ikan Lele

Lele cukup tinggi permintaannya sehingga akan sangat menguntungkan jika membudidayakannya. Ikan lele tahan banting, tidak mudah sakit dan praktis bisa dipelihara di kolam terpal. Budidaya ikan lele di kolam terpal untuk pemula juga mudah dilaksanakan. Cepat pula masa panennya. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari kolam Terpal untuk Ikan Lele.

Ikan Lele Tidak Bau Tanah

Berbeda hasilnya jika lele atau yang dalam bahasa latinnya disebut sebagai Catfishes karena memiliki sungut atau patil yang mirip ikan kumis ini dibudidayakan di Kolam tanah, maka ikan lelemya akan cenderung berbau tanah, mengurangi kelezatannya dengan bau yang menganggu tersebut. Ikan lele yang dikembangbiakkan pada kolam terpal tidak akan berbau tanah.

Praktis dan Mudah  

Bagi yang tidak suka ribet, maka kolam terpal menjadi solusinya, sebab sangat praktis dan mudah bisa dibuat sendiri, atau bisa pula memesannya jadi, karena sudah banyak dijual secara inline maupun offline. Tinggal letakkan saja di lahan yang tersedia. Sangat praktis.

Terdapat 2 Pilihan Bentuk

Kolam terpal juga tersedia dalam 2 pilihan bentuk. Jika ingin memaksimalkan lahan dan ingin yang lebih murah maka bisa memilih kolam terpal berbentuk segi empat. Lalu jika ingin lebih mudah panennya dan lebih memaksimalkan jumlah tingkat kepadatan ikan lelenya maka bisa memilih kolam terpal berbentuk bulat.

Biaya yang Lebih Terjangkau

Kolam ikan terpal ini juga mudah diaplikasikan pada lahan yang terbatas dan  biayanya juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan biaya pembuatan kolam lele permanen. Padat tebarnya bisa mencapai 700 ekor lele per meter kubik. Selain itu, kelebihan lainnya adalah tanpa perlu mesin aerator atau penghasil gelembung guna menggerakkan ikan, hemat air, serta hemat pakan, dengan tingkat kematian lele yang rendah, serta mudah perawatannya.

Cocok Untuk Lahan Minim Air 

Kolam terpal juga cocok untuk yang berdomisili di pesisir pantai dengan tanah berpasir yang bahkan tidak mampu untuk menahan air atau porous, yakni kondisi tanah yang tingkat kemampuan menyerap airnya sangat tinggi. Sehingga tanah tersebut tidak cocok dan sulit untuk dijadikan sebagai kolam. Kolam terpal adalah solusinya.

Cara Panen yang Mudah

Jika ikan lele telah dewasa dan mencapai panjang sekitar 7 cm sampai 12 cm maka sudah bisa dipanen. Cara panennya di kolam terpal juga lebih mudah. 

Persiapan Kolam Pasca Panen Lebih Cepat dan Mudah

Sesudah panen maka pengolahan kolam terpal agar siap digunakan untuk mengembangbiakkan ikan lele lagi lebih cepat dan lebih mudah jika dibandingkan kolam tanah atau jenis kolam lainnya. Guna memutus mata rantai bibit penyakit dan persiapan untuk diisi air dan juga bibit lele pada kolam tanah atau yang lainnya biasanya akan memerlukan waktu minimal sekitar 2 hari hingga 7 hari. Sedangkan jika menggunakan kolam terpal maka hanya akan membutuhkan waktu beberapa jam saja atau paling lama adalah sehari atau dua hari saja.

Itulah 7 nilai plus kolam Terpal untuk Ikan Lele.

Tag: terpal untuk ikan lele, keunggulan kolam terpal bagi lele, keuntungan kolam terpal untuk lele