Syarat Kedalaman Air Kolam Lele Untuk Budidaya Ikan Lele

Air adalah salah satu faktor utama di dalam proses budidaya ikan termasuk ikan lele. Hal ini dikarenakan kualitas dari air kolam nantinya akan sangat menentukan kesehatan dan seperti apa perkembangan dari ikan termasuk dalam budidaya ikan lele di kolam terpal untuk pemula. 



Sebagai pemula, beberapa diantara Anda mungkin banyak yang bertanya – tanya mengenai kedalaman air ikan lele. Karena persiapan tinggi air kolam nantinya akan menjadi penentu dalam membuat ketinggian dari kolam yang akan dibuat. Pasalnya keduanya saling berkaitan satu dengan yang lainnya. 

Penentuan Kedalaman Air Dalam menentukan kedalaman dari air kolam lele, sebenarnya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Beberapa diantaranya adalah:

Kondisi Lahan

Hal yang tak kalah penting adalah dengan melihat kondisi lahan yang akan Anda gunakan untuk kolam lele. Jadi yang dimaksudkan di sini adalah, Anda harus mempertimbangkan tempat lahan yang digunakan apakah teduh ataukah tempat terbuka atau panas. Dan Anda juga harus mempertimbangkan berapa jumlah sinar matahari yang akan menyinari lahan dari tempat budidaya ikan lele. 

Penyinaran dari Lahan

Selain kondisi lahan, penyinaran matahari untuk lahan ikan lele juga memiliki peran penting dalam menentukan kedalaman air kolam lele. Hal ini karena air yang terlalu tinggi nantinya akan lebih sulit matahari untuk tembus ke dalamnya. Sehingga air kolam sulit menjadi panas. Jika kondisi area lahan teduh, maka air kolam akan dingin. 

Hal ini akan sangat berpengaruh pada kondisi dari ikan lele. Air kolam yang kurang panas, bisa membuat ikan menjadi malas untuk makan atau sering kali dikaitkan dengan pengaruh nafsu makan dari ikan lele. Nah, jika nafsu makan ikan lele ini berkurang maka tentu saja ini akan menurunkan kualitas ikan lele karena tumbuh lambat dan berimbas pada hasil panen yang kurang bagus. 

Namun sebaliknya, jika kedalaman kolam terlalu rendah juga tidak terlalu baik. Karena ini akan membuat air kolam lebih cepat panas dan jika panasnya berlebihan ini akan membuat ikan lebih gampang mati. Hal ini akan lebih rentan untuk jenis ikan yang masih kecil dimana daya tahan tubuh mereka dalam kondisi yang lemah. Jadi jika air kolam terlalu panas juga sebenarnya tidak baik untuk kondisi dari ikan lele. 

Berapa Kedalaman Air Ikan Lele Yang Baik?

Jadi yang sering menjadi pertanyaan adalah berapa ukuran kedalaman air ikan lele yang terbaik maka jawabannya adalah kolam yang berada di area terbuka dan mendapatkan sinar matahari penuh sebaiknya memiliki ketinggian minimal 80 cm atau 100cm hingga 120 cm. Karena jika air terlalu panas, maka ikan akan bisa terlindungi di dasar kolam.

Sedangkan untuk area lahan yang teduh, maka ada baiknya air kolam ada di kisaran kedalaman 60cm atau jika memang kondisinya sangat teduh bisa dibuat 40cm. Tujuannya adalah agar sinar matahari dapat menghangatkan air kolam dengan lebih baik. 

Tags: Ketinggian kolam lele, lahan kolam lele, budidaya ikan lele, area kolam ikan lele, syarat air ikan lele