Kamus Lengkap TikTok dari A-Z

TikTok merupakan sosial media yang lagi digemari banyak kalangan, tadinya hanya bocil bocil sekarang orang dewasa dan bahkan orang tua juga ikut meramaikan aplikasi ini.

TikTok juga sekarang memiliki banyak konten diantaranya Tips, Informasi, Gosip, komedi, horor, challenge, terus ada juga dance-dance unik dan berbagai niche lain membuat TikTok jadi banyak banget yang gabung. Jadi persepsi orang orang bahwa TikTok itu cuma aplikasi jogat joget udah hilang. Karena TikTok yang sekarang udah banyak banget manfaatnya.

Meningkatnya pengguna TikTok yang semakin banyak saja di Indonesia, membuat pengguna baru terkadang masih bingung dengan berbagai istilah yang ada di TikTok. Karena emang beberapa cuma muncul dan digunakan di tiktok, kayak FYP, Duet, Stitch, DC.



Maka dari itu, artikel ini saya dedikasikan buat kalian biar auto paham sama istilah istilah yang ada di TikTok.

Alt TikTok

biasa ada di hashtag #alttiktok, istilah ini digunakan biasanya untuk video-video dengan jenis yang berbeda dari video yang mainstream di TikTok. Ini adalah kebalikan dari #straighttiktok yang mana hashtag ini digunakan untuk hal yang lumrah dilakukan di TikTok misalnya dance, lypsinc, copy template yang sudah ada. sedangkan Alt Tiktok khusus kalo videomu cenderung aneh dan menyimpang dari pattern TikTok pada umumnya.

Check

Istilah ini dipopulerkan oleh TikTokers sultan Sisca Kohl. nah kegunaannya di Indonesia sejauh ini sih untuk memberitahukan sesuatu kepada anda. Jadi ini semacam perpendekan dari frasa "check this out"
nah biar cepet kan jadi cuma ambil kata "check".
Misal contoh vt Sisca kohl yang pake istilah ini adalah berjudul "Nasi Goreng 400juta check"
"Es Krim Nasi Padang Check"

CEO of ....

Kalo ini artinya ya kayak CEO pada umumnya, itu ya kayak pemimpin atas perusahaan nah kalo ini lebih ke pemilik konten dari sesuatu apa gitu. misal di Indonesia ada CEO of "hah kok gitu sih". nah artinya ini orang yang fokusnya di konten hah kok gitu sih.

DC

istilah ini umurnya hampir sama dengan umur TikTok. ya karena TikTok awalnya platform joget joget. nah DC ini artinya Dance Credit. mirip kayak IB, tapi ini khusus untuk gerakan dance. jadi ini untuk memberi credit pada si pembuat konsep dancenya.
kalau IB kan cenderung konsep video secara umum.

Duet

Istilah ini terdapat pada fitur TikTok, yaitu video yang disatukan dengan milik pengguna lain. Misal, ada orang bikin video challenge, lalu ada caption. "bagi yang bisa duet-in dong". Nah nantinya pengguna lain akan membuat video duet dengan video tadi itu. jadi nanti hasilnya kedua videonya disandingkan bersebelahan dalam satu vt.

FYP

For You Page, ini adalah istilah sangat lumrah di dunia TikTok. For You atau Untuk Anda adalah fitur TikTok yang memungkinkan anda melihat berbagai video yang disarankan untuk anda,
nah maksud dari #fyp itu adalah si pembuat video ingin videonya masuk FYP orang-orang, karena artinya makin banyak yang melihatnya. ini semacam peluang bagus agar video anda menjadi trending.

IB

IB (singkatan dari Inspired By) istilah ini digunakan apabila video yang anda buat terinspirasi dari seseorang, artinya video anda tidak original. Ini semacam credit, untuk menghargai pemilik asli ide video. Misal anda melihat ada komik di Instagram yang plot twistnya menarik, kemudian anda terinspirasi membuat video dengan konsep seperti di komik tersebut, maka anda sebaiknya menuliskan IB @pembuatkomik ini agar anda jg tidak dianggap sebagai pencuri ide.

POV

Point of View, ini istilah maksudnya adalah video yang memberikan anda sudut pandang tertentu. Biasanya jenis pov ini membuat anda bisa membayangkan suatu cerita tersebut bahkan kadang sampe ngehalu, dan bisa jadi anda masuk menjadi subjek di ceritanya, atau bisa juga anda cuma penonton aja. Nah contoh dari kegunaan pov itu ada di judul judul vt ini "POV keluargamu kena kutukan hidup selamanya",yang bikin video membuat anda seolah olah adalah mamanya dia gitu yang lagi diajak ngobrol. nah titik povnya itu disitu. jadi kamu punya sudut pandang terkait ceritanya.

Samsul

Istilah ini adalah sebuah nama, dan kegunaannya untuk mengentalkan suatu komentar saja saat menjelaskan sesuatu ke Anda. Ada banyak nama lain yang sering muncul juga di TikTok, seperti Surya, Bambang, Ferguso, Madara, Jamal, Agus, dan nama nama lain yang mainstream.
contoh penggunaan. "Itu harunya pagarnya dibuka dulu samsul, malah langsung ditabrak"

Stitch

istilah ini terdapat pada fitur TikTok, yaitu fitur untuk menampilkan video pengguna lain sebelum video kita. ini mirip duet, cuma bedanya durasinya hanya 5 detik diawal. dan dibuat bergantian, jadi tidak bersebelahan. kegunaan stitch biasanya untuk memberikan review, atau untuk mengkritik video yang di'stitch

Straight TikTok

nah ini kebalikannya alt TikTok. Straight TikTok ini adalah sisi utama dari TikTok. berisi video video dance, lypsinc, gerakan gerakan hype, dan ya semua yang mainstream yang biasa anda lihat di TikTok. 

VT

ya seperti yang anda pikirkan, VT adalah singkatan dari Video TikTok. Kalian kalo main twitter kan yang kalian post dinamakan Tweet. Kalau main Instagram, menjadi postingan. Kalau di Facebook juga sama postingan.  kalo main Snapchat, dinamakan snap. Nah kalo di TikTok ini, unggahan pengguna biasa disebut dengan vt.

Kayaknya segitu dulu ya guys. Kelanjutannya nanti tak update.
Kalau ada istilah baru dan kalian pgn nanya / kalian tau dan pgn share, silakan tulisin di komentar ya,