Cara Efektif Menghilangkan Getah Pisang di Baju

Cara efektif menghilangkan getah pisang di baju memang tak banyak yang mengetahui karena memang agak sulit jika dilakukan. Jika anda tidak mengetahui cara mengatasinya maka noda yang menempel pada baju anda tentu saja akan membekas selamanya di baju anda.

Nah untuk itu, jika anda sedang mencari cara efektif menghilangkan getah pisang di baju berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan diantaranya adalah :

Menggunakan Cuka dan garam

Jika baju anda baru saja terkena getah pisang maka cara ini paling mudah untuk anda gunakan. Anda bisa menggunakan cuka dan garam dengan lebih maksimal untuk menghilangkan getah pisang. Namun cara efektif menghilangkan getah pisang di baju ini tidak akan menjadi maksimal jika noda bekas getah pisangnya sudah lama dan mengering. 

Cara yang bisa anda lakukan untuk menggunakannya adalah dengan menuangkan cuka dan garam secukupnya pada baju anda yang terkena getah pisah. Anda cukup kucek dan gosok dengan menggunakan sikat gigi bekas. Anda bisa lakukan langkah ini hingga nodanya benar – benar menghilang. 

Anda bisa memastikan jika getah ini sudah hilang dengan cara bilas dengan menggunakan air bersih dan anda bisa melanjutkannya dengan mencuci menggunakan detergen anti noda. Sangat disarankan untuk anda menggunakan jenis deterjen cair tujuannya adalah agar lebih mudah menyerap sampai dengan pada bagian dalam serat pakaian. Dengan demikian akan lebih mudah noda getah pisang di baju anda menghilang. 

Namun kelemahannya cuka ini aromanya agak menyengat.

Menggunakan Jeruk Nipis

Selain menggunakan cuka dan garam, anda sebenarnya bisa menggunakan jeruk nipis sebagai cara efektif menghilangkan getah pisang di baju. Jeruk nipis juga secara alami bisa digunakan untuk membersihkan noda lain seperti noda bekas minyak. 

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menggunakannya adalah dengan menyiapkan jeruk nipis terlebih dahulu, kemudian belah jeruk nipis anda menjadi dua bagian, selanjutnya perat dan teteskan air jeruk nipis di baju anda yang terkena getah pisang. Selanjutnya anda tinggal gosok perlahan, anda bisa menggunakan sikat gigi bekas atau bisa juga dikucek dengan menggunakan tangan. Jika bekas noda yang mulai mudah, maka anda bisa mulai dengan membilasnya dengan menggunakan air bersih dan anda bisa cuci dengan menggunakan detergen cair. Jika masih belum bersih anda bisa mengulangi cara ini hingga hasilnya sesuai dengan yang anda harapkan. 

Kelemahan menggunakan jeruk nipis ini agak lama, kurang kuat untuk menghilangkan bekas getah apalagi yang sudah macet.

Menggunakan Sabun Cuci Tangan

Cara efektif menghilangkan getah pisang di baju yang berwarna putih adalah dengan menggunakan sabun cuci tangan. Ada baiknya membersihkan baju anda ketika getah masih dalam keadaan basah dan masih belum terlalu lama. Jika anda menunggu hingga getah pisang kering maka getahnya sudah masuk ke dalam serat kain akhirnya membuat noda ini semakin sulit untuk anda bersihkan. 

Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengoleskan sabun pencuci tangan pada bagian baju yang terkena noda getah pisang. Lalu usahakan menggunakan sabun cuci tangan yang tidak berwarna. Selanjutnya anda bisa menggosok noda dengan menggunakan sikat gigi bekas hingga akhirnya noda hilang dan berkurang. Selanjutnya anda bisa membilasnya menggunakan air bersih. 

Kelemahannya adalah tidak dapat untuk yang sudah macet. ini hanya untuk yang masih baru atau basah.

Menggunakan Soda Kue

Cara untuk menghilangkan getah pisang lainnya yaitu menggunakan soda kue. selain harganya murah yaitu hanya sekitar seribuan aja, juga mudah di dapat di toko roti. Caranya yaitu cukup berikan soda kue pada bekas getah di baju, kemudian rendam dengan deterjen. karena soda kue bentuknya serbuk, sebaiknya gunakan detergen cair agar melapisi bagian soda kue agar lebih menyerap di serat baju.

Sejauh ini belum ada kelemahannya sih, mungkin ini masuk yang recommended.

Menggunakan Larutan Peroksida (Penghilang Noda)

Larutan ini didapat dengan mudah di berbagai produk penghilang noda. langkahnya juga cukup mudah cukup oleskan atau tuang ke bagian baju yang terkena getah. kemudian rendam beberapa saat. lalu kucek.

Kelemahannya ada beberapa produk yang bisa merusak serat/warna. jadi lebih dibaca lagi untuk penggunaannya agar sesuai.

Nah itulah cara efektif menghilangkan getah pisang di baju yang bisa dilakukan dengan mudah. Selain bisa dilakukan dengan mudah, bahan – bahan yang digunakan untuk membersihkan pakaian yang terkena noda getah pisang juga sangat mudah untuk anda dapatkan sehingga tak perlu khawatir tidak menemukan bahannya.