Tips Keuangan Bagi Karyawan Gaji UMR agar Tetap Bisa Menabung!

Karyawan gaji UMR identik dengan kesulitan untuk menghemat karena gaji yang didapat dengan kebutuhan yang harus dilengkapi dan dikeluarkan setiap bulan. Tetapi hal ini adalah statemen yang salah karena karyawan dengan Gaji UMR juga bisa menghemat hingga menabung gaji setiap bulannya secara tetap. Tentu saja hal Ini kembali kepada individu masing-masing tentang cara menghemat gajinya agar bisa dinikmati setiap bulannya tanpa harus merasakan kesulitan keuangan. Banyak sekali tips menghemat keuangan bagi karyawan gaji UMR yang dapat anda terapkan di kehidupan sehari-hari. 

Tiap orang memiliki karakter berbeda, jadi tidak semua tips akan berhasil. maka fokus pada salah satu tips saja yang menurut anda paling cocok dengan anda dan lakukan dengan serius. oke?

Yuk mari kita coba tips menghemat keuangan agar bisa menabung berikut

1. Batasi Pengeluaran, Bagi menjadi pengeluaran perminggu

atur budget anda perminggu dan jangan melebihi budget

Tips pertama ini diperuntukkan bagi anda yang orangnya teratur dan disiplin. Saat pertama kali dapat gajian. langsung saja ambil sebanyak berapa pengeluaran yang anda butuhkan untuk satu bulan. setelah itu pecah menjadi mingguan dan jangan gunakan uang yang masih tersisa di rekening. Cara ini banyak sekali godaannya. tapi kalo berhasil anda akan kaget dengan hasilnya.

2. Gunakan instrumen Tabungan berjangka dgn rekening berbeda

Banyak bank yang menyediakan instrumen tabungan berjangka. cobain deh!

Ini bagi anda yang bener bener mudah tergoda untuk memakai uang yang anda. Jika anda menggunakan tips ini dijamin tiap bulan pasti tetap menabung. oh iya kalo pake cara ini gausah banyak banyak dulu. dimulai dari 100rb perbulan aja atau 200rb per bulan. biar ga kaget. Kalo dah terbiasa taun depan bisa digedein. Dengan cara ini ga ada yang bisa menghalangi menabung lagi deh karena uang yang udah tersetor ga bisa diambil dengan mudah. (ada tenornya biasanya 1 tahun atau 2 tahun). Pake cara ini godaannya saat udah tenornya abis dan duit yang dah terkumpul bisa diambil. Kalo niatnya nabung anda wajib menggunakan uangnya untuk ditabung lagi, atau buat beli deposito atau saham atau emas. kalo dibuat foya foya lagi ya sia sia setaun menabung.

3. Menabung dengan aturan Koin Seribu

ini nabung versi ga kerasa. coba bandingkan dengan anda bayar parkir. ga kerasa jg kan?

Tips ini bener bener buat anda yang amat sangat ga bisa nabung dan ga pengen kerasa nabung. Maksudnya gimana, gini. Misal anda abis shopping atau abis beli martabak, pokoknya abis make duit lah itu kalo ada uang koin seribu yang anda dapet saat kembalian itu anda wajib menabungkan koin tsb. Jadi dikit dan ga kerasa. sekedar info, cara ini pernah gue pake waktu jaman kuliah berhasil banget. ga kerasa dua bulan udah penuh botol mineral 1,5 liter dengan koin seribuan. Dan lagi cara ini gagalnya ya godaan pas liat koinnya udah ful. biasanya kepikiran dah tuh mau buat foya foya kan duitnya?

abis full wajib pindahin jadi tabungan yang ga bisa diambil dgn mudah, misal saham, reksadana, emas, atau apalah gitu.

4. Coba kredit motor, setelah lunas tetap bayar kreditan tapi ke rekening tabungan sendiri

nabung seakan-akan kamu bayar kredit!

Kalo cara ini khusus buat yang dah ngerasain gimana rasanya bayar kreditan. anda merasa terbebani bukan? Tapi lama lama jadi kaya kebiasa gitu dan uangnya juga masih cukup aja untuk kebutuhan. Nah gunakan mindset, "wah ini buat bayar kredit ini" tapi untuk menabung. Jadi siapin rekening baru, dan anda simpan dengan nama kredit motor. Dan setelah motor anda lunas, tetap lakukan pembayaran kredit tapi ke nomor rekening anda sendiri. Cara ini minusnya ada di konsistensi. anda bisa konsisten kalo saja anda mau membohongi mindset anda sendiri. terus lakukan menabung dan sugesti otak anda bahwa ini untuk bayar kredit. dengan begitu anda tidak akan telat menabung.

5. Cara ini paling ekstrem sih. Hidup Sesederhana mungkin

Manusia butuhnya apa sih? Paling makanan, pakaian, tempat tinggal

Hidup sederhana itu memangkas semua pengeluaran yang sebetulnya ga perlu. jadi ya ga perlu jajan, ya kan manusia cuma butuhnya makan bukan jajan. Ga perlu nonton, ga perlu beli setarbak. ga perlu ngopi juga meskipun sachet. emangnya manusia mati kalo ga ngopi? engga kan? Jadi ini ekstrem sih kembali ke kebutuhan primer manusia aja. Dijamin kaget gan. saya pernah nyoba ga cuma rekening yang berubah. tapi mindset, karena kita jadi malah mikir. Kok orang-orang pada ga bisa nabung ya. padahal yang penting kan ada makan, ada pakaian, ada tempat buat tidur. paling mentok nambahnya listrik ama kuota ama alat kebersihan. kok ga bisa menabung? malah heran guys.

Jadi mau coba tips yang mana nih?? Pilih saja yang menurut anda paling cocok dengan anda. atau coba coba dulu biar tau mana yang paling pas.

Gaji berapa pun bisa melengkapi seluruh kebutuhan anda dalam sebulan. Ingat itu.