Cara Efektif Menghilangkan Duri Ikan Di Tenggorokan

Makan nasi tanpa lauk pauk tentu rasanya ada yang kurang. Menikmati nasi dengan lezatnya lauk pauk seperti ayam, ikan, telur dan masih banyak tentunya akan menggugah selera. Ikan adalah salah satu lauk Favorit yang disukai oleh banyak orang. 

Selain memiliki rasa yang enak, ikan juga sangat mudah diolah untuk menjadi berbagai macam hidangan lezat. Ikan memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh. Namun yang selalu dikhawatirkan adalah duri ikan yang tersangkut di Tenggorokan. Anda tidak perlu panik jika hal ini terjadi karena ada cara efektif menghilangkan duri ikan di tenggorokan.

Mengenal Tanda-tanda Duri Ikan Tersangkut Di Tenggorokan

Jika tidak hati hati maka duri ikan dapat tersangkut di tenggorokan. Duri ikan yang umumnya berukuran kecil dan tajam. Jika anda tidak sengaja menelannya dan tersangkut di tenggorokan. Hal ini tentu sangat menganggu dan membuat anda merasa tidak nyaman.

Anda bisa mengenal beberapa tanda yang mungkin akan muncul saat duri ikan tersangkut di tenggorokan. Berikut tanda-tandanya :

  • Air Liur Berdarah
  • Batuk
  • Mengalami kesulitan saat menelan makanan
  • Merasa sakit saat menelan makanan
  • Sensasi rasa tajam yang menancap di Tenggorokan

Anda dapat mengatasi dengan cara efektif menghilangkan duri ikan di tenggorokan. Berikut adalah beberapa langkah dan cara yang dapat anda lakukan :

Minum Air Putih

Saat merasakan duri ikan tersangkut langkah utama dan paling mudah untuk anda coba adalah minum air putih. Ketika duri ikan nyangkut anda jangan panik cobalah minum air putih sebanyak-banyaknya.

Makan Pisang

Cara untuk mengatasi duri ikan yang tersangkut di tenggorokan berikutnya adalah dengan makan pisang. Buah pisang memiliki tekstur yang lembut dan sangat mudah untuk ditelan. Dan hal ini akan sangat memudahkan duri ikan yang tersangkut bisa masuk ke dalam sistem pencernaan.

Menelan Marshmallow

Anda juga dapat mencoba dengan menelan marshmallow. Jika anda memiliki marshmallow dirumah maka anda bisa mengunyah dan menelannya. Teksturnya yang tebal dan kenyal yang ketika terkena liur akan lengket. Akan memudahkan duri menempel pada marshmallow dan menuju ke pencernaan. 

Menelan Nasi

Selain itu anda juga dapat mencoba dengan menelan nasi dan hal ini akan dapat membantu mengatasi duri ikan yang tersangkut. Anda cukup mengambil segenggam nasi dan membentuknya seperti bola-bola. Lalu telan dan minum air putih agar nasi terdorong masuk ke dalam tenggorokan. Hal yang harus diperhatikan adalah nasi tidak perlu dikepal terlalu besar agar tidak tersedak.

Batuk

Cara efektif menghilangkan duri ikan di tenggorokan selanjutnya adalah dengan batuk. Dengan batuk yang kencang maka dapat membantu mengatasi duri ikan yang tersangkut. Cukup dengan batuk duri ikan dapat dikeluarkan.

Minum Air Garam

Anda bisa meminum air garam untuk mengatasi duri ikan yang tersangkut. Dengan meminum air garam makan duri akan lebih mudah luruh dan terbawa air garam ke dalam pencernaan.

Menelan minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan pelumas alami yang dapat mengatasi duri ikan yang tersangkut di tenggorokan. Anda bisa menggunakan minyak zaitun dengan menelan sebanyak 1 atau 2 sendok makan secara langsung. Anda juga bisa mencampurnya dengan air hangat.

Menelan Roti dan Air

Dengan menelan roti yang telah dicelupkan dengan air maka dipercaya bisa menghilangkan duri di tenggorokan. Duri akan menempel pada roti yang lengket dan ikut masuk kedalam sistem pencernaan anda.

Cara Mengatasi Duri Ikan Yang Sulit Untuk Dihilangkan

Apabila anda telah mencoba berbagai cara untuk mengatasi duri ikan yang tersangkut namun tidak kunjung berhasil. Maka sebaiknya anda segera meminta pertolongan medis. Agar duri ikan tidak menyebabkan berbagai resiko komplikasi yang dapat mengancam nyawa.  Duri ikan yang tersangkut dapat menimbulkan beberapa gejala seperti nyeri di dada atau perut, demam, tidak bisa menelan dan minum. Sebaiknya segera menghubungi dokter akan dapat dilakukan beberapa tindakan.