Cara Membersihkan Karat pada Besi

Karat adalah musuh yang akan merusak pada komponen dengan bahan besi. Jika lama-kelamaan tidak dipakai atau terkena air, maka material dari besi ini akan berkarat dan perlahan-lahan rusak. 


Untuk itu, menjaga peralatan dari karat juga perlu dilakukan supaya tahan lama, sebelum timbulnya pendaratan. Namun, jika peralatan Anda sudah terlanjur berkarat, jangan khawatir. 

Lakukan beberapa cara membersihkan karat pada besi berikut ini.

1. Menggunakan jeruk nipis atau lemon dan garam

Jeruk nipis atau lemon dan garam dapat digunakan untuk membersihkan karat pada besi. Anda hanya perlu menaburkan garam di atas permukaan besi yang berkarat dengan merata. Setelah itu, tuangkan pula sari jeruk nipis atau lemon pada bagian yang terkena karat. Biarkan beberapa jam hingga karat mudah dibersihkan. Anda bisa membersihkannya dengan kulit jeruk nipis atau kulit lemon dengan cara menggosokkannya pada bagian yang berkarat.

2. Menggunakan kentang dan sabun cuci piring.

Potong kentang menjadi beberapa bagian. Setelahnya,  bagian yang dipotong tadi diolesi dengan sabun cuci piring yang Anda miliki. Kemudian, tempatkan kentang yang telah diberi olesan tersebut pada bagian besi yang berkarat. Biarkan hingga beberapa jam sebelum besi dibersihkan dengan lap ataupun sikat.

3. Menggunakan cuka

Cuka akan memberikan reaksi untuk menghancurkan karat yang terdapat pada besi. Anda bisa menggunakannya dengan cara merendam peralatan yang terkena karat dalam cuka untuk waktu beberapa jam. Kemudian gosok bagian yang terkena karat hingga bersih menggunakan kain atau alumunium foil. Semakin lama Anda merendamnya dalam cuka, maka akan semakin mudah dalam membersihkan karat.

4. Menggunakan baking soda

Baking soda dapat digunakan untuk membersihkan karat pada besi. Caranya, Anda hanya perlu mencampur baking soda dengan air hingga mengental. Kemudian, lapisi bagian besi yang berkarat dengan campuran ini. Tunggu hingga beberapa saat dan bersihkan menggunakan air, dan gosok dengan sikat gigi.

5. Menggunakan diesel

cara membersihkan karat pada besi selanjutnya adalah dengan diesel. Diesel juga dapat digunakan untuk membersihkan peralatan yang berkarat. Anda cukup menggunakan beberapa liter, disesuaikan dengan peralatan yang akan Anda bersihkan. Rendam selama satu hari. Selanjutnya, sikat menggunakan sikat gigi dan bersihkan dengan kain sebelum Anda menggunakan peralatan dari besi tersebut.

6. Menggunakan asam sitrat

Anda bisa menggunakan asam sitrat untuk membersihkan karat pada besi. Biasanya, asam sitrat tersedia dalam bentuk bubuk. Caranya, Anda perlu melarutkannya dengan air panas. Rendam besi yang berkarat hingga tenggelam. Biarkan selama semalaman, setelahnya tinggal dicuci dan dikeringkan. 

7. Menggunakan asam oksalat

Anda bisa membeli bahan kimia yang dapat digunakan untuk membersihkan karat pada besi di toko kimia. Salah satunya adalah menggunakan asam oksalat. Asam oksalat harus digunakan dengan hati-hati supaya tidak mengganggu kesehatan. Dilarang menghirup gas dari asam oksalat karena berbahaya bagi tubuh.

Anda hanya perlu mencuci besi Anda dengan pembersih biasa dan keringkan. Setelah itu, rendam besi dalam campuran 5 ml asam oksalat dan 250 ml air hangat. Biarkan selama sekitar 20 menit. Selanjutnya, bersihkan dengan menggunakan kain dan sikat yang lembut. Diamkan hingga kering sebelum besi dapat digunakan kembali.

Itulah beberapa cara membersihkan karat pada besi yang bisa Anda coba pada perkakas Anda. Untuk menghindari supaya tidak terkena karat kembali, Anda harus menghindarkan perkakas dari air dan jaga selalu agar tetap kering, menggunakan primer, atau juga melapisi besi perkakas dengan cat dan bahan lapisan lainnya.