Ngetrend Intermittent Fasting, Apa Sih Itu?


 Di dunia ini sedang ngetren lifestyle "Intermittent Fasting" (IF), atau bahasa Indonesia-nya puasa berselang. Istilah ini merujuk pada kegiatan diet dengan cara membatasi makan pada waktu tertentu.

Jenis Intermittent Fasting

ada banyak jenis intermittent fasting, misalnya Alternate-Day fasting, Periodic Fasting, atau Time-Restrictions Fasting.

nah penjelasannya sebagai berikut :

Alternate-Day Fasting

Intermittent Fasting jenis ini dilakukan dengan cara berpuasa selama satu hari, kemudian hari berikutnya tidak, kemudian setelahnya puasa lagi.. dan begitu terus.

Jika dipikir-pikir, sepertinya mirip dengan puasa nabi Daud ya, cuma untuk Intermittent Fasting ini cara berpuasanya boleh minum asalkan minumannya tidak mengandung kalori. 

Periodic Fasting

kalau yang ini caranya dengan melakukan puasa secara periodik. misal seminggu sekali atau seminggu dua kali. kalo yang ini sih juga mirip sama puasa senin kamis ya. tapi ya lagi bedanya ada boleh minum air putih. kalo puasa kan batal.

Time-Restrictions Fasting

nah ini nih puasa yang sama plek persis kaya yang dijelasin sama om Deddy Corbuzier, jadi tiap hari puasa. tapi khusus di jam jam tertentu. 

nah di panduannya om Deddy ini fokusnya ke bukan puasanya berapa jam. tapi ke yang boleh makannya itu berapa jam. biar enak ngitungnya kan.

jadi ada 3 tingkatan. 8 terus 6 terus 4.

jadi untuk newbie bisa pake yang jendela makan 8 jam. artinya sehari hanya boleh makan di dalam waktu 8 jam tersebut. sisanya tidak makan. nah makin tubuh terbiasa jendela makannya makin dikecilin biar makin optimal. tapi di panduan cuma 4 jam sih paling kecilnya.

nah begitu. 

Untuk manfaat Intermittent Fasting sih banyak banget ya. 

saya ngutip aja dari berbagai sumber itu manfaatnya adalah

1. Menurunkan resiko diabetes 

masuk akal, karena kalori yang masuk kan lebih diatur. oh iya di panduan lengkap kok caranya. ada perlu perkiraan ngitung kalori yang masuk juga. nanti di akhir artikel tak kasih deh link untuk membaca panduan yang om Deddy bikin

2. Mengatasi obesitas

jelas lagi, kan dengan berkurangnya kalori maka lemak juga akan kepake untuk energi jadinya ga gemuk lagi

3. meningkatkan massa otot

ini juga masuk akal, karena untuk ocd ini selain puasa jg workout. jadi lemak berkurang terus ototlah yang terbentuk. 

4. meningkatkan hormon HGH (Human Growth Hormone)

ini hormon bisa diproduksi dengan banyak cara. bisa dengan tidur 8-10jam tapi kayaknya anak jaman sekarang ga ada yang seberuntung itu bisa tidur lama, bisa dengan suntik hormon, atau bisa dengan puasa. nah puasa ini yang paling mudah dilakukan. 

dan masih banyak lagi... 

nah buat yang pengen biar lebih paham lagi silakan dibaca aja panduannya langsung dari sumbernya. 

silakan diunduh disini

OCD PDF versi 3.5

jadi ya begitu sih. 


semoga bermanfaat kawan.