[UPDATE] List 10 Saham dengan Dividen Yield Tertinggi

Apa itu Dividen?

Jadi gini, kalau anda punya saham.. itu artinya anda adalah pemilik perusahaan tersebut

meskipun hanya memiliki sekian persen, tergantung berapa banyak lembar saham yang beredar dan berapa banyak saham yang anda punya. Nah hal menguntungkan dari saham, salah satunya adalah perusahaan membagikan sebagian keuntungannya melalui dividen.

Jadi dividen itu adalah sebagian keuntungan yang dibagikan kepada para pemilik saham

Perusahaan akan membagikan dividen biasanya setahun sekali, bahkan ada yang bisa setahun lebih dari sekali. Dividen begitu menarik, karena ini semacam passive income. Anda tidak perlu ngapa-ngapain, asalkan punya kepemilikan saham maka saat dividen dibagikan anda akan dapat jatah dividen.

Misal, anda punya 1000 lembar saham Gudang Garam, nah tiap tahunnya Gudang Garam memberikan dividen sebanyak Rp. 2600 tiap lembar. Maka anda akan mendapatkan dividen sebanyak

1000 x Rp. 2600 = Rp. 2600000

Waw, lumayan juga ya ternyata.

Cara Mendapatkan Dividen

Hal paling mudah untuk mendapatkan dividen adalah dengan membeli saham yang perusahaannya memang memiliki komitmen untuk membagikan dividen. Kemudian anda tahan saham tersebut (tidak pernah anda jual), maka dipastikan pada saat pembagian dividen anda akan mendapatkan jatah dividen.

Namun bagi anda yang tidak berencana untuk lama-lama dalam menahan saham, anda bisa gunakan cara pintas berikut.
Dalam pembagian dividen, ada tanggal saat pemberitahuan dividen akan dibagikan.

Perhatikan istilah tanggal penting pada pembagian Dividen

  • Cum Date (Cumulative Date) = Tanggal terakhir dimana pemilik saham akan terdaftar sebagai pemilik saham yang berhak mendapat dividen, jika anda membeli saham pada cum date dan tidak menjualnya. maka anda akan berhak mendapat dividen. karena yang terdaftar mendapat dividen adalah pemilik saham setelah jam bursa saham hari itu berakhir
  • Ex Date (Expired Date) = Tanggal dimana sudah tidak berlaku pendaftaran dividen pemilik saham, artinya di tanggal ini sudah tidak ada pemilik saham baru yang mendapat jatah dividen, misal anda mau beli seribu lembar pun di tanggal ini, anda tidak dapat jatah dividen.
  • Payment Date = Tanggal dimana dividen akan dibayarkan kepada penerima dividen yang terdaftar
Strateginya adalah anda beli saham sebelum/saat cum date, kemudian anda jual kembali saham tersebut saat ex date. Namun stategi kejar saham yang akan bagi dividen seolah percuma, karena biasanya harga saham akan naik sebelum cum date, dan begitu ex date, saham akan langsung turun.

Jadi sebaiknya persiapkan untuk memiliki saham dividen jauh-jauh hari saat harganya masih wajar.

Jika anda ingin mengetahui berapa harga wajar suatu saham, anda bisa menggunakan rasio PBV dan PER silakan baca artikel berikut :

Apa itu Dividen Yield %

Setelah anda tahu apa bagaimana cara mendapatkan dividen, sekarang anda perlu tahu nih pertimbangan dalam memilih saham dividen.

Anda bisa menggunakan pertimbangan dividen yield. Anggaplah dividen yang anda dapat adalah sebagai bunga, maka pasti anda akan mencari mana nih yang prosentasenya paling tinggi. Karena kalau kecil, ya mending uangnya buat ditaruh di deposito aja yakan?

Rumus Dividen Yield

Analogi,

Jika saham dengan harga 1000 membagikan dividen sebanyak 50 rupiah per lembar,

maka dividen yieldnya adalah sebanyak  50 : 1000 x 100% = 5 %,

Dividen Yield adalah rasio dividen yang anda dapatkan terhadap harga saham saat dividen dibagikan.

Nah maka dari itu, bagi anda para dividen hunter, disini saya akan membagikan list saham dengan dividen yield tertinggi

List 10 Saham Dividen Yield Tertinggi

*data dividen yield tidak dapat menjadi acuan saja, silakan sebelum membeli saham dividen yield bandingkan dengan fundamental perusahaan tersebut, jangan sampai beli saham abal-abal.

KodeHarga TerakhirDividen/SahamDividen Yield %Sektor
MFMI69018527.21%Layanan Komersil
DMAS2364619.33%Finansial
MPMX5709016.22%Perdagangan Ritel
HEXA3540546.1515.65%Layanan Distribusi
MBAP267041715.44%Mineral Energi
ADMF83751054.512.67%Finansial
PTBA2520326.4612.32%Mineral Energi
AMAG2623011.90%Finansial
PALM3163311.23%Industri Proses
MLPT119013311.22%Layanan Teknologi