Berikut Penyebab Cupang Tidak Mau Bertelur

Apakah anda sering menunggu ikan cupang agar bisa segera bertelur, namun ternyata tak kunjung bertelur-telur? Nah, jika sudah seperti ini maka sangatlah penting untuk mengetahui penyebab cupang tidak mau bertelur seperti pada pembahasan di bawah ini.

Penyebab dari ikan betina

1. Ikan betina tidak memiliki telur di dalam perutnya

Nah, sebelum anda ingin mengawinkan ikan cupang, maka pemilihan induk ikan betina ini haruslah yang memang sudah siap kawin hingga full telur. Tentu saja secara umur sudah siap kawin. Terkadang ada sebagian pemula yang baru membudidayakan ikan cupang serta tidak mengetahui berapa umur dari ikan cupang tersebut, mereka pun langsung dikawinkan saja. Sebenarnya ikan betina yang baik agar dapat dijadikan sebagai indukan minimal adalah berumur 4 bulan. Maksud full telur ini adalah di dalam perut ikan betina tersebut telur sudah bisa terproduksi. Namun kebanyakan pemula yang belum paham tidak memberi jeda agar betina bisa beristirahat supaya memulihkan kondisi tubuhnya terlebih dahulu. Umumnya dari perkawinan yang pertama yang sudah gagal, pemula langsung mengawinkan ikan cupang betina lagi. Nah, anda yang masih pemula tentunya harus menghindari hal yang satu ini, ya! 

2. Ikan betina yang sudah terlalu tua

Anda tentunya tidak bisa dengan mudah untuk mengetahui berapa umur dari ikan cupang tersebut. Namun salah satu penyebab ikan betina tidak mau bertelur ini adalah ikan tersebut yang sudah terlalu tua hingga sudah tidak produktif lagi. 

3. Ikan betina yang kurang sehat

Terkadang kesehatan ikan betina ini tidak terlalu dihiraukan oleh sebagian pemula. Tentunya kesehatan ikan betina yang terganggu dapat membuat ikan ini tidak ingin kawin dan bertelur. Sehingga, perhatikan dan pilihlah dengan baik ikan betina sebelum ingin dikawinkan.

Nah, setelah anda melihat beberapa penyebab dari ikan cupang betina, maka saatnya anda mengetahui penyebab dari ikan cupang yang tidak ingin bertelur dari sisi ikan cupang jantan.

Penyebab dari ikan jantan

1. Ikan jantan yang takut kepada betina

Tentunya tidak semua ikan betina yang akan dikejar-kejar oleh ikan cupang jantan ketika melakukan perkawinan. Namun sebaliknya sering kali ikan cupang jantan juga kalah mental terhadap ikan betina, bahkan tak jarang juga ikan cupang jantan mati karena kalah dengan ikan cupang betina.

2. Ikan jantan yang kurang sehat

Penyebab cupang tidak mau bertelur dari segi ikan cupang jantan berikutnya adalah ikan yang kurang sehat. Tentu saja ketika anda ingin mengawinkan ikan cupang betina dengan ikan cupang jantan yang kurang sehat, pastinya ikan cupang jantan akan enggan untuk kawin, yang pada akhirnya ikan betina tidak bertelur dikarenakan dari awal memang tidak terjadinya perkawinan.