Mengetahui Ciri Ciri Ikan Cupang Bertelur

Apakah anda saat ini sedang kebingungan untuk mengetahui ikan cupang yang anda miliki sudah bertelur atau belum? Jika iya, maka anda tidak perlu khawatir karena pada pembahasan kali ini akan dipaparkan ciri ciri ikan cupang bertelur seperti pada ulasan berikut ini. 

Ciri Ciri Ikan Cupang Bertelur

Informasi tentang ciri ciri ikan cupang bertelur ini cukup vital bagi kalian yang tengah membudidaya ikan cupang, oleh karena itu sebaiknya kalian simak artikel berikut ini sampai tuntas. Karena tentunya ada beberapa kemungkinan yang akan anda lakukan ketika anda tidak mengetahui secara persis ciri-ciri dari ikan yang sudah bertelur. Kesalahan yang dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Anda akan mengambil ikan betina karena mengira dengan banyaknya gelembung ini, maka betina sudah dipastikan bertelur, sehingga anda gagal melakukan budidaya ikan cupang.

2. Kemudian ketika anda tidak melihat di dalam gelembung tersebut ada telur. Anda pun akan kelewat batas untuk memeriksa, sehingga induk jantan yang stres nantinya akan memakan telur-telur tersebut.

3. Membiarkan betina agar tetap di wadah pemijahan. Ketika betina masih berada di dalam wadah perkawinan, umumnya ikan betina tersebut akan menyerang telur-telurnya, bahkan akan memakannya juga.  

Nah, tentunya beberapa poin di atas tidak boleh dilakukan secara sembarangan, ya! 

Jadi ciri-ciri ikan sudah bertelur apa sih? 

ciri ciri ikan cupang bertelur

oke mungkin anda sekarang makin penasaran ya,

sekedar untuk dipahami bahwa yang jelas gelembung-gelembung yang di dalam wadah cupang yang masih terlihat transparan merupakan gelembung yang dibuat oleh induk ikan cupang jantan.

Sehingga hal ini bukanlah ciri dari ikan yang sedang bertelur.

ciri ciri ikan cupang bertelur

Namun ketika gelembungnya sudah tidak lagi transparan dan di dalam gelembung terdapat bintik bintik kecil yang berwarna putih, maka hal ini pertanda jika ikan cupang betina sedang bertelur.

Jadi untuk tahu ikan cupang sudah bertelur atau belum cukup amati karakteristik dari gelembungnya saja. 

Bagaimana, mudah kan cara membedakan ikan cupang yang belum bertelur dan yang sudah bertelur? 

Durasi proses penetasan untuk telur ikan cupang

Pada dasarnya bayi ikan cupang akan membutuhkan waktu untuk menetas sekitar tiga hari. Bayi akan disebut dengan burayak yang ukurannya cukup kecil. Kemungkinan mereka akan jatuh dari sarang gelembung tersebut selama proses penetasan. Namun cupang jantan akan memunguti bayi-bayi ikan tersebut dan akan menempatkannya kembali dalam sarang. Ketika bayi mulai berkembang, maka anda bisa melihat mata mereka yang muncul titik-titik hitam kecil di telurnya. 

Nah, telur yang baru menetas ini masih terdapat kantong kuning telur yang di dalamnya mengandung nutrisi yang sangat penting. Tentunya bayi-bayi ini akan tetap berada di gelembung mereka sekitar dua sampai tiga hari dengan ekor yang menggantung ke bawah. Pada hari keempat, mereka akan siap berenang. Pada titik ini, maka mereka sudah menyerap hingga seluruh kantong kuning telur yang merupakan tempat mereka berada. 

Semoga berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda lebih jauh lagi mengenai ciri ciri ikan cupang bertelur.