Pakan Alternatif untuk Budidaya Gurame yang Lebih Murah

Ikan adalah salah satu sumber protein yang cukup banyak disenangi. Ada banyak jenis ikan yang paling umum untuk dikonsumsi sehingga cocok untuk budidaya. Salah satu jenis ikan yang paling banyak dikonsumsi ini adalah ikan gurame. 

Ikan gurame adalah salah satu jenis ikan yang paling mahal hal ini disebabkan karena ikan ini memiliki pakan yang cukup mahal. Akan tetapi bagi Anda yang tertarik untuk memelihara gurame Anda tidak perlu khawatir karena Anda juga bisa memberikan pakan alternatif untuk ikan gurame Anda. apa saja pakan alternatif untuk ikan gurame ini? berikut ini ulasannya. 

Alternatif Pakan Gurame dari Tumbuhan

pakan alternatif untuk gurame

Salah satu alternatif pakan untuk ikan gurame dapat berasal dari tumbuh-tumbuhan. Salah satu  tumbuhan yang paling umum digunakan untuk pakan ikan gurame adalah daun pepaya. Selain itu Anda juga bisa memberikan daun singkong, daun sente dan juga daun lamtoro untuk pakan ikan gurame Anda. 

Jika Anda ingin memberikan alternatif pakan yang lain maka Anda juga bisa memberikan pakan berupa  bekatul, ampas tahu dan juga ampas kedelai. Jika Anda sering masak dengan santan, ampas kelapa juga bisa Anda berikan pada ikan gurame Anda. 

Gedebog atau batang pisang dan juga daun pisang yang masing-masing di cincang dengan halus juga bisa dijadikan pakan untuk pakan dari ikan gurame yang Anda budidaya. Atau satu lagi alternatif pakan ikan yang lain adalah rumput kering yang sudah difermentasi juga sangat cocok untuk pakan ikan gurame Anda. 

Pakan Ikan Gurame dari Hewan

Selain alternatif pakan dari tumbuhan, ikan gurame juga bisa diberi pakan lain dari hewan. Jenis pakan dari hewan yang bisa diberikan pada ikan gurame ini adalah pakan dari ikan yang lebih kecil seperti ikan teri. Anda juga bisa memberikan ikan yang sudah busuk sebagai pakan untuk ikan gurame Anda. selain itu,  hewan melata seperti bekicot, keong Anda juga siput juga bisa menjadi makanan untuk ikan gurame yang Anda pelihara. 

Pakan lain juga bisa diambil dari limbah basah  seperti limbah udang berupa kulit udang Anda juga limbah ikan. Jika Anda ingin ikan gurame Anda lebih berkualitas maka memberikan pakan berupa cacing tanah dan juga belalang serta hewan kecil lainnya juga bisa menjadi alternatif. 

Jika Anda ingin memberikan pakan basah pada ikan gurame Anda seperti gedebog atau batang pisang maka Anda perlu mengeringkannya terlebih dahulu  dengan menggunakan cahaya matahari selama 2 hingga 3 hari. Jika sudah Anda bisa mencampurkannya dengan nutrisi dan melakukan fermentasi. Jika sudah maka  pakan gurame ini siap untuk dilahap ikan  Anda.