Ciri Ciri Ikan Cupang Selesai Kawin Yang Perlu Anda Ketahui


Mengetahui ikan cupang sudah selesai kawin memang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan ketika anda mengetahuinya, maka anda dapat menyelamatkan telur ikan supaya bisa menetas. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ciri ciri ikan cupang selesai kawin.

Ciri-ciri ikan cupang sudah selesai kawin

Tahukah anda bahwa ada dua kemungkinan yang dapat membahayakan telur ketika anda tidak mengetahui apakah ikan cupang sudah selesai kawin, yaitu:

Kemungkinan pertama ketika anda telat untuk mengambil ikan cupang betina, tentunya ada banyak kasus jika ikan betina tersebut akan memakan telur yang memang sudah ada di sarang.

Dan kemungkinan yang kedua adalah walaupun ikan betina yang sudah telat diambil ini tidak akan memakan telur, maka hal ini dapat mengganggu konsentrasi ikan jantan yang mengerami telur ketika betina kelamaan berada di tempat pemijahan. 

Maka dari itu, sangatlah penting untuk mengetahui apa-apa saja ciri dari ikan cupang sudah selesai kawin seperti pada pembahasan di bawah ini.

1. Akan terlihat telur di sarang gelembung

Ciri-ciri pertama yang perlu anda ketahui adalah telur yang berwarna putih yang berbentuk bulat-bulat kecil bergerombol yang berada di sarang gelembung. Namun terkadang anda tidak dapat melihat telur ini secara jelas. Hal ini dikarenakan biasanya gelembung sarang yang sudah sangat menebal atau media sarang gelembungnya berupa plastik hingga daun ketapang atau yang lainnya yang memang tidak terlihat dengan jelas. 

2. Ikan cupang jantan yang mengusir ikan cupang betina

Di saat anda melihat ikan cupang jantan yang sesekali mengusir ikan cupang betina agar dapat menjauhi sarang gelembung, dan kemudian kembali lagi ke bawah sarang gelembung, maka hal ini berarti telur memang sudah ada di dalam sarang, dan artinya bahwa mereka berdua telah selesai kawin. Namun terkadang untuk para pemain baru tanda yang satu ini akan membingungkan mereka saat beternak ikan cupang. Sehingga ketika cara kedua ini dianggap masih belum meyakinkan anda, maka anda perlu mengetahui ciri berikutnya, yaitu perubahan yang terjadi pada perut ikan cupang betina.

3. Perubahan pada perut ikan betina

Nah, ciri yang terakhir ini untuk anda yang masih ragu apakah ikan cupang tersebut sudah selesai kawin atau tidak yaitu dengan cara melihat perubahan yang terjadi pada perut ikan betina. Dapat dikatakan bahwa perubahan ini umumnya terlihat sangat jelas, lho! Mengapa demikian? Karena ikan betina yang terdapat telur di dalamnya akan membuat perutnya menjadi lebih gendut. Nah, ketika perut ikan betina sudah terlihat lebih kempes dan ikan betina ekor dan siripnya ada kerusakan, maka hal ini merupakan salah satu ciri ciri ikan cupang selesai kawin.