4 Tips Merawat Burayak Guppy

 Bagi anda yang baru mencoba untuk memelihara ikan guppy. Pasti pernah mengalami permasalahan yaitu bingung ini ada burayak ikan guppy merawatnya gimana ya? Biarin aja atau ada cara khusus?

Saya juga sempat mengalami hal itu, namun sekarang sudah tidak lagi.

Oiya sebelum ke pembahasan perawatan burayak, sebaiknya anda baca dulu deh perawatan ibu hamilnya. soalnya ini juga menentukan tingkat keberhasilan dari hidup si bayi bayi guppy.

Ternyata burayak ikan guppy ini bisa kita maksimalkan tingkat hidupnya jika kita rawat dengan baik, kalau dibiarkan saja tanpa diurus dijamin deh ga bakal bisa semuanya hidup sampe gede, bisa aja mati, bisa aja kesedot pompa filter, bisa aja dimakan ikan lain. Jadi memang ada treatment khusus untuk merawat burayak guppy

Tips Merawat Burayak Guppy


Maka dari itu solusi dari saya untuk merawat burayak ikan guppy adalah sebagai berikut

Tips Merawat Burayak Guppy

1. Kasih tempat tinggal yang banyak tempat sembunyi

Ikan burayak baru lahir itu masih mager buat gerak. sepengalaman saya, tempat melahirkan anakan guppy ini saya beri beberapa lembar daun yang udah dibersihkan supaya buat tempat rebahan anakan guppy ini, juga untuk menjaga burayak agar tidak dimakan indukannya. bisa juga dengan rafia yang diurai.

Sama ini mengurangi tingkat stress dari indukannya sih, jadi indukan lebih merasa aman saat melahirkan,

2. Pisahkan dengan Induk Guppy

Nah kalo yang ini sih udah pasti ya, banyak sekali alasan mengapa kita harus memisahkan burayak guppy dengan induknya.
  • Agar tidak dimakan indukan
  • Agar Makanan Tidak dihabiskan Indukan
  • Agar Indukan Tidak Stress
Maka dari itu burayak guppy perlu dipisahkan dengan indukannya. Untuk cara memisahkannya bisa anakannya yang diambil, atau bisa juga induknya yang diambil. Kalau saya prefer indukannya saja yang diambil. Karena induk kan cuma satu dan gede jadi lebih gampang. Kalau anakan kan perlu lebih teliti lagi nyeroknya bisa jadi ada yang terlewat. atau perlu ngubek ubek khawatirnya malah ada yang mati.

3. Jangan Beri Makan Dulu, Sampai Hari ketiga

Oiya bagi guppy yang baru lahir, jangan kasih makanan apapun dulu. Karena percuma, tidak akan dimakan, malah justru bahaya buat kualitas air. nanti makanan yang ga dimakan itu malah jadi ngundang jamur dan bakteri malah gawat.

Burayak begitu lahir udah ada cadangan makanan buat kisaran 3 harian lah. jadi selama 3 hari gausah dikasih makan dulu.

Nah setelah hari ke 3 bolehlah mulai diberi makanan yang bergizi contohnya artemia. Pakan hidup ini lebih sehat buat guppy.
Atau kalau mau yang lebih praktis bisa pake pelet mikro. yang proteinnya tinggi.

4. Tempatkan Sesuai Ukuran/Umurnya

Buat yang lagi budidaya ikan guppy, sebaiknya anakan ikan guppy ini ditempatkan sesuai ukurannya, jenisnya juga, kalo bisa malah satu wadah untuk satu saudara induk saja tapi kalo ga bisa ya seenggaknya jangan dicampur sama anakan jenis lain atau sama burayak yang lebih tua,,
Yang baru lahir ya satukan dengan yang baru lahir, nah kalo yang seminggu ya ama yang sebayanya..
Ini lagi-lagi untuk menanggulangi sifat ikan guppy yang tega makan sodaranya sendiri..
juga agar merata dalam pemberian makan..
Khawatirnya kalau ukuran ikan beda ditempatkan satu wadah nantinya yang gede bakal lebih ngabisin makan, yang kecil jadi ga gede gede..

Itulah guys, 4 tips yang bisa anda lakukan untuk merawat burayak guppy..
Semoga bermanfaat yak..
jangan lupa buat baca-baca artikel mengenai ikan guppy lainnya..
Good luck guppy family