Mengetahui Penyakit Ikan Cupang Dan Cara Mengatasinya

Siapa sih yang tidak sedih ketika ikan cupang kesayangannya terserang penyakit secara tiba-tiba. Nah, untuk anda yang ingin mengetahui apa-apa saja penyakit ikan cupang dan cara mengatasinya, yuk simak ulasan berikut ini.

Penyakit jenis jamur

Kemungkinan saja untuk manusia penyakit jamur tidak begitu berbahaya karena tidak akan membuat pasiennya meninggal dunia. Namun bagi ikan cupang sendiri penyakit ini bisa menular ke ikan lainnya, bahkan bisa mematikan. Penyebab utama dari penyakit jamur yaitu karena air yang tidak terawat dan kotor. Jika sudah terserang, maka tubuh ikan cupang akan muncul bercak-bercak yang berwarna putih, biasanya akan kurang aktif, sirip menguncup, warna memucat, dan tidak nafsu makan. Untuk mengatasinya adalah dengan cara mengisolasikan ikan tersebut ke tempat khusus, kemudian membuang air yang kotor di akuarium. Lalu isilah kembali akuarium dengan air bersih yang dicampur dengan vitamin dan garam ikan. 

Sirip yang membusuk atau fin rot

Fin rot adalah penyakit ikan cupang yang akan menyerang di bagian sirip, dengan begitu akan mengalami pembusukan. Nah, gejala dari penyakit ini yaitu munculnya warna kemerahan di bagian pinggir sirip. Ketika dibiarkan begitu saja, maka lama kelamaan bisa merembet ke bagian tubuh yang lain, bahkan siripnya pun akan banyak yang rontok. Untuk mengatasinya adalah dengan menyediakan tempat khusus yang di dalamnya berisi air bersih yang dicampur dengan antibiotik 1 tetes dan garam ikan. Masukkan ikan tersebut ke dalamnya dan lakukan langkah ini selama 10 hingga 15 menit secara rutin hingga ikan cupang sembuh.

Penyakit mata bengkak

Biasanya ikan yang terserang oleh penyakit ini adalah karena airnya bau, kotor, dan tidak pernah dikuras. Sehingga hal ini membuat mata dari ikan cupang membengkak. Tetapi ketika hal ini dibiarkan begitu saja, maka dapat merembet ke mata sebelahnya, dengan begitu keduanya akan membesar seperti halnya ikan mas koki, sehingga akan mengakibatkan kematian. Nah, untuk mengatasinya sama juga seperti ikan cupang yang terkena fin rot. 

Bintik putih (sejenis protozoa white spot)

Penyakit protozoa merupakan jenis penyakit white spot dengan bintik-bintik putih yang ada pada tubuh ikan cupang. Biasanya penyakit ini menyerang daerah sirip, insang, yang ditambah pendarahan di bagian lukanya. Tentunya gejala ini akan membuat ikan cupang sering menabrakkan dirinya ke bagian dinding akuarium. Virus ini juga dapat menular seperti halnya virus jamur. Ketika ikan cupang sudah terserang oleh penyakit ini, tentunya anda bisa mengobatinya menggunakan garam dapur (10 hingga 15 g/liter). Pindahkan ikan ke dalam wadah yang berisi air garam dapur hingga 15 menit sambil ikan dijemur di sinar matahari pagi.

Demikianlah berbagai pembahasan mengenai penyakit ikan cupang dan cara mengatasinya.