Cara Menghilangkan Milia Secara Alami

Apakah Anda pernah mengalami permasalahan kulit seperti bintik putih? Milia merupakan permasalahan kulit berupa bintik putih. Biasanya milia dialami oleh bayi yang baru lahir namun siapa saja bisa mengalaminya seperti remaja dan orang dewasa.

Umumnya milia tumbuh di bagian pipi, wajah dan bawah mata. Namun tidak perlu khawatir karena milia bisa hilang dengan sendirinya. Milia merupakan bintik putih yang tumbuhnya secara berkelompok sedangkan yang berupa satu benjolan disebut milium. Meski bisa hilang dengan sendirinya, terkadang milia cukup mengganggu dan ada juga kasus milia yang tidak bisa hilang sendiri.

menghilangkan milia wajah

Jika milia mengganggu karena tidak kunjung hilang, perlu adanya tindakan untuk menghilangkan milia tersebut.

1.  Penyebab munculnya milia

Mungkin Anda yang sudah remaja atau dewasa pernah menderita milia namun secara tidak sadar. Kemunculannya memang terkadang tidak mengganggu. Pasti Anda bertanya-tanya bagaimana milia bisa muncul? Padahal sudah menjaga kulit tetap bersih dan terawat tapi tetap saja terserang milia. Sebenarnya apa yang menyebabkan munculnya milia pada orang dewasa?  Penggunaan krim kortikosteroid dalam rentang waktu cukup panjang bisa menjadi pemicunya.

Selain itu, milia juga bisa terjadi karena mengalami luka bakar atau bisa juga karena terpapar sinar matahari terlalu sering.

2. Cara alami menghilangkan milia

Seperti yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya, milia bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi orang lebih memilih segera ke dokter kulit.

Bagi Anda yang ingin mencoba menghilangkan milia dengan alami, bisa gunakan beberapa langkah cara alami menghilangkan milia berikut ini.

1. Rajin membersihkan wajah

membersihkan wajah

Saat beraktivitas di luar rumah, tentu banyak kotoran seperti debu dan asap kendaraan yang menempel pada wajah. Oleh karena itu, membersihkan wajah perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Karena kotoran yang menempel pada wajah bisa menyebabkan permasalahan. Jika Anda tidak terbiasa membersihkan wajah setelah seharian beraktivitas, kulit wajah bisa menjadi kusam, timbul jerawat bahkan hingga milia. Setiap malam sebelum tidur, usahakan untuk membersihkan dan mencuci wajah. Pastikan membersihkan wajah dengan cara yang benar. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Usahakan menggunakan pembersih dengan kandungan asam sitrat, asam salisilat, asam glikolat.

2. Lakukan eksfoliasi dengan lembut

eksfoliasi untuk milia

Eksfoliasi cukup penting untuk sesekali dilakukan pada kulit wajah. Manfaat dari eksfoliasi yaitu mengangkat sel kulit mati. Selain mengangkat sel kulit mati, eksfoliasi juga memiliki manfaat lain seperti menyamarkan kerutan halus hingga mencegah timbulnya jerawat dan komedo. Anda bisa melakukan eksfoliasi sendiri di rumah tanpa memicu timbulnya iritasi. Gunakan metode eksfoliasi sesuai dengan jenis kulit. Bagi Anda pemilik kulit kering, sensitif, dan berjerawat bisa menggunakan waslap atau kain bersih bertekstur lembut. Sedangkan bagi pemilik berminyak bisa menggunakan sikat khusus yang lembut untuk wajah. Hindari penggunaan scrub untuk kulit sensitif dan kulit kering. Untuk penggunaan scrub, bisa Anda lakukan dengan gerakan memutar secara lembut. Perlu diperhatikan, jangan melakukan eksfoliasi terlalu sering. Cukup melakukannya sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu sesuai dengan jenis kulit.

3. Menggunakan masker wajah

masker alami madu
Anda bisa menggunakan masker alami yang banyak dijual di pasaran. Bisa juga menggunakan masker buatan sendiri agar lebih aman. Sebelum menggunakan masker, bersihkan kulit wajah secara menyeluruh. Setelah itu gunakan steamer atau air panas dalam baskom untuk membuka pori-pori. Selanjutnya aplikasikan masker yang sudah Anda buat menggunakan kuas seperti masker wajah dengan campuran madu dan kulit kayu manis. Jika sudah selesai menggunakan masker, bilas hingga bersih dan lembabkan kulit dengan menggunakan toner. Beberapa alternatif tersebut bisa Anda praktikan sebagai cara alami menghilangkan milia. Selamat mencoba!