6 Tips Menahan Emosi Saat Puasa

Di Bulan Ramadhan, pastinya seluruh umat Muslim menjalankan yang namanya ibadah puasa Ramadhan. Semua umat Muslim pasti harus menahan rasa lapar dan juga dahaga mereka. Namun, bukan hanya menahan lapar dan dahaga saja, melainkan juga diharuskan untuk menahan amarah.

Karena jika tidak, maka bisa mengurangi pahala ibadah yang akan Anda dapatkan nantinya.

tips menahan emosi


Mengelola emosi bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Apalagi ada banyak hal yang bisa menyebabkan emosi bisa menjadi kian tersulut. Ditambah posisi berpuasa, kita akan lapar dan juga harus yang bisa meningkatkan emosi. Namun, ada banyak tips menahan emosi saat puasa yang bisa dilakukan yang diantaranya adalah:

1. Mencari Tahu Apa yang Menyebabkan Emosi

Pertama, ketahuilah faktor apa yang menyebabkan Anda tersulut emosi. Anda bisa merenung dan berpikir apa yang membuat Anda jadi kesal. Apakah karena tindakan orang lain, apakah karena adanya faktor eksternal dan lainnya. Dengan mengenali sumber emosi, maka Anda bisa lebih mudah dalam mengelola emosi dan berbicara dengan baik.

2. Mengistirahatkan Diri Sejenak

Kedua, Anda bisa mengistirahatkan diri sejenak. Jika emosi marah dalam keadaan yang begitu besar dan parah, maka carilah ketenangan sejenak. Cara ini bisa membantu Anda dalam mengontrol emosi yang masih meledak-ledak. Di dalam ajaran Islam, ketika marah bahkan dianjurkan untuk segera duduk ketika marah dalam keadaan berdiri. Sedangkan tidur jika marah dalam keadaan duduk.

3.  Menarik Napas Panjang dan Dalam

Ketiga, untuk mengatasi emosi ketika berpuasa, bisa dengan menarik napas panjang dan juga dalam. Bukan hanya membuat diri kita menjadi tenang saja, melainkan bisa memberikan rasa nyaman, dan juga menyehatkan sistem pernafasan. Cara yang bisa dilakukan dengan meletakkan tangan di bagian diafragma, kemudian tarik napas dalam-dalam dan buang perlahan. Hal ini bisa membantu Anda bisa menjadi lebih tenang.

4. Sabar dan Fokus Beribadah

Keempat, tips menahan emosi saat puasa adalah mengusahakan untuk bersabar dan juga fokus dalam beribadah. Anda harus mengingat bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan pahala dan juga keberkahan. Jadi, jangan pikirkan hawa nafsu yang bisa saja muncul kapan saja. Lakukanlah beberapa hal yang berhubungan dengan kebaikan dan menjalankan ibadah. Anda bisa mendekatkan diri kepada Allah seperti berdzikir, berdoa, membaca Al-Quran, mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran, mendengarkan sholawat dan lainnya.

5. Alihkan dengan Kegiatan Positif

Kelima, bisa Anda alihkan emosi Anda dengan melakukan banyak kegiatan-kegiatan yang positif. Anda bisa mencoba banyak kegiatan yang membuat lupa dengan emosi yang sedang Anda rasakan. Di mana kegiatan yang bisa dilakukan seperti membersihkan rumah, memasak, dan lainnya. Anda bisa menjalankan hobi-hobi Anda untuk meredamkan dan melupakan emosi yang sedang dirasakan.

6. Maafkan Pemicu Emosi

Semua orang yang merasa emosi atau kesal pasti memiliki penyebab atau alasan mengapa mereka emosi. Tentu setelah mengetahui apa penyebab emosi, mengetahui apa pemicu dan melakukan banyak hal, Anda juga harus memaafkannya. Baik pemicu dari teman, anggota keluarga dan lainnya. Bahkan di bulan penuh berkah seperti bulan Ramadhan ini, Anda harus saling memaafkan, Hal ini bisa melepaskan diri dari kebencian, kecemburuan, bahkan kemarahan.


Itulah sebagian tips menahan emosi saat puasa. Tentunya dengan mengelola emosi, maka hati Anda akan menjadi lebih tenang. Bahkan bukan hanya ketenangan saja yang akan Anda dapatkan, namun juga kekhusyukan dalam beribadah puasa pun bisa Anda dapatkan.