Cara Jitu Menghilangkan Noda Cat di Baju dengan Mudah

Noda yang ada di baju tentu saja membuat Anda merasa risih dan tidak nyaman, terutama apabila baju Anda memiiki warna yang cukup terang sehingga noda semakin terlihat dengan jelas. Noda cat memiliki berbagai macam jenis sehingga Anda harus mengetahui jenis cat apa yang ada di Baju Anda. Setelah itu menghilangkan noda menjadi jauh lebih mudah karena Anda sudah mengetahui jenis catnya. Bertindak cepat dan langsung menyadari apabila ada noda cat di baju Anda adalah langkah yang tepat karena cat belum mengering sehingga masih mudah untuk dihilangkan.

Lalu apakah ada cara jitu menghilangkan noda cat di baju dengan mudah? Berikut informasinya untuk Anda agar bisa segera menghilangkan noda.

1. Segera Lap atau Cuci Bagian yang Terkena Noda dengan Air Hangat


Lapisan cat akan mudah luntur ataupun hilang apabila terkena air hangat. Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengelap bagian yang terkena cat dengan perlahan, apabila dirasa kurang Anda bisa mencuci atau mengucek dengan lembut bagian tersebut dengan air hangat. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan noda yang ada di baju apabila cat tersebut masih baru. Hindari merendam seluruh bagian baju dengan air hangat karena hal ini tidak akan bekerja dengan baik. Cukup fokus pada bagian yang terkena cat saja. Pastikan menggunakan lap yang bersih ketika akan membersihkan noda cat.

2. Gunakan Sedikit Detergen

Menggunakan detergen dapat dijadikan cara untuk menghilangkan noda cat yang ada di baju. Hal yang harus Anda perhatikan dengan seksama adalah tidak menggunakan detergen dalam jumlah banyak. Gunakan campuran detergen dan air untuk membersihkan noda cat. Apabila Anda kesulitan membersihkannya dengan tangan, Anda dapat menggunakan sikat kecil ataupun sikat gigi untuk membersihkan bagian yang terkena cat tersebut. Lakukan beberapa kali agar mendapatkan hasil yang sempurna. Hal ini harus Anda lakukan dengan ekstra apabila bau yang terkena cat memiliki warna putih.

3. Menggunakan Aseton

Cara jitu menghilangkan noda cat di baju yang ketiga adalah menggunakan aseton. Caranya sangat mudah karena Anda cukup mengoleskan aseton pada bagian yang terkena cat dan menunggu hingga 10 menit. Pada umumnya noda cat akan memudar hingga baju kembali seperti biasa. Apabila Anda tidak memiliki aseton, cairan untuk membersihkan cat kuku atau kutek dapat Anda gunakan karena memiliki kandungan yang sama dengan aseton.

4. Kikis Noda

Cara keempat merupakan cara yang dapat Anda lakukan apabila ketiga cara di atas tidak bekerja dengan baik. Berbeda dengan noda minuman atau makanan yang akan diserap oleh baju secara total, noda cat akan mengering karena mengikuti sifat cat yang pada dasarnya akan mengering pada permukaan apapun. Anda bisa mengikis noda menggunakan alat atau benda lain yang memiliki permukaan tumpul sehingga tidak merusak baju. Kikis noda dengan pelan dan hati-hati hingga seluruh noda yang kering terkikis dan lepas dari bagian baju. Setelah itu tentu saja masih akan ada noda-noda bekas yang tertinggal di baju dan dapat Anda bersihkan dengan 3 cara di atas.

Noda cat yang ada di baju tentu saja membuat Anda merasa bingung bagaiman cara membersihkannya. Anda tidak perlu merasa panik karena noda cat bisa hilang dengan mudah dari baju Anda. Cukup praktikkan cara jitu menghilangkan noda cat di baju di atas.