Cara Efektif Menghilangkan Double Chin

Semua orang ingin menampilkan yang terbaik dari dirinya. Namun terkadang ada beberapa hal yang membuat seseorang kurang percaya diri. Double Chin atau dagu berlipat ini merupakan salah satu hal yang dapat menganggu penampilan anda. Apalagi bagi anda yang suka mengenakan kaos oblong dan t-shirt.

Apa Itu Double Chin ?

Double chin atau yang sering disebut juga dagu berlipat yang merupakan efek lemak yang ada di sekeliling leher yang turun. Sehingga terlihat seperti memiliki dua dagu. Biasanya dagu berlipat atau double chin sering dijumpai pada penderita obesitas dan orang tua. 

Dan dapat ditemukan pula pada seseorang yang memiliki jumlah kulit berlebih, jumlah sel lemak disekitar dagu dan struktur tulang. Anda yang memiliki masalah double chin tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara efektif menghilangkan double chin. 

Tips Menghilangkan Double Chin

Berikut ini ada beberapa cara efektif menghilangkan double chin yang dapat anda coba :

Olahraga Wajah

Anda dapat menghilangkan double chin dengan cara melakukan olahraga wajah. Olahraga wajah dapat membuat otot-otot wajah dan rahang bekerja. Anda dapat melakukan beberapa gerakan seperti berikut.

1. Gerakan The kiss

Lakukan sambil berdiri lalu gerakkan kepala menengadah ke atas. Lalu mengayunkan bibir seperti akan mencium langit. Tahan selama 5 detik dan istirahatkan bibir dan kembalikan kepala ke pada posisi semula. Untuk menambah keseruan latihan, bisa anda taruh pulpen atau sendok dan anggap sedang bermain. 

Anda dapat mengulangi gerakan ini selama 5 kali setiap harinya. 

2. Gerakan Neck Roll

Lakukan sambil berdiri dan tengadahkan kepala kearah kanan. Pelan-pelan putar kepala ke arah kiri dan mulai ikuti putarannya. Saat posisi kepala menengadah ke atas maka tahan posisi ini selama 5 detik. Putar lagi kepala hingga menunduk ke arah dada. Dan anda dapat melakukan gerakan ini berulang-ulang hingga 5 kali setiap harinya. 

3. Gerakan Menekan Lidah

Tekanlah bagian lidah ke atas sambil menggerakan kepala ke belakang dan kedepan sebanyak 5 kali. Dan hal ini dapat membantu mengurangi kelebihan lemak di bagian dagu.

4. Gerakan menekan pipi

Proses melakukannya adalah dengan menarik nafas dalam-dalam dengan mulut sambil mengisi udara. Lalu tutup mulutmu dan jangan biarkan udara keluar tahan selama lima detik. Anda dapat mengulangi latihan ini sebanyak 6 kali.

5. Memijat dengan alat

Terakhir, setelah anda selesai melakukan senam wajah anda bisa melakukan pijatan di sekitar dagu. Hal ini dapat membantu menghilangkan double chin. Pijatan dapat dilakukan dengan facial roller atau bola pijat. 


Perbaiki Gaya Hidup

Selain dari olahraga wajah, double chin seringkali terjadi diakibatkan karena gaya hidup yang kurang baik, untuk itu untuk menghilangkan double chin, bisa anda lakukan dengan memperbaiki gaya hidup berikut

1. Perbanyak minum air putih

Dengan memperbanyak minum air putih maka ini dapat membantu anda menghilangkan double chin. Air putih dapat membantu menstimulasi metabolisme tubuh dan membakar lemak. Termasuk salah satunya lemak pada bagian dagu. Air putih juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan menunda penuaan dini.

2. Menjaga postur rahang dengan membiasakan duduk tegak.

Duduk dengan tegak dan benar adalah salah satu kunci untuk bisa mendapatkan postur tubuh yang sempurna. Termasuk pada bagian leher dan rahang. Duduk dengan tegak dapat membuat leher terlihat dengan panjang tertarik. 

3. Memperhatikan Kandungan Makanan

Hal ini patut anda coba, karena penyebab utama munculnya double chin adalah berat badan. Anda harus menjaga pola makan serta memperhatikan kandungan makanan yang berlemak. Anda bisa memperbanyak makan sayur dan buah.

4. Latihan dan Olahraga Rutin

Olahraga yang rutin dapat membakar lemak dalam tubuh. Dan dapat menghilangkan dagu berlipat. Anda dapat melakukan jalan cepat, angkat beban atau bersepeda. Lakukan secara rutin untuk membantu membakar lemak dengan lebih cepat.


Dan inilah ulasan mengenai cara efektif menghilangkan double chin. Anda dapat mencoba beberapa cara diatas untuk menghilangkan lemak didagu. Selain itu anda juga bisa menggunakan tabir surya untuk tetap menjaga elastisitas kulit wajah dan bagian leher. Semoga dapat bermanfaat.