5 Jenis Ikan Cupang Termahal

Apakah Anda termasuk penggemar ikan cupang? Apa saja koleksi ikan cupang yang Anda miliki?

Anda yang menjadi kolektor ikan cupang baik untuk memuaskan hobi pribadi ataupun untuk dijadikan bisnis tidak salah memilih ikan ini untuk dibudidayakan. Salah satu keunggulan dari ikan cupang adalah memiliki harga yang cukup kompetitif.

Berikut adalah 5 jenis ikan cupang termahal yang dapat Anda ketahui.

Ikan Cupang Kachen Worachai

Ikan cupang termahal pertama jatuh pada varietas ikan cupang yang berasal dari Thailand. Nama kachen worachai sendiri berasal dari nama pemiliknya .

Ikan cupang kachen worachai memiliki warna unik, yaitu mirip seperti warna bendera Thailand. Harga ikan cupang kachen worachai dapat mencapai 20 juta rupiah.

Ikan Cupang Fancy

Ikan cupang selanjutnya berada di posisi kedua dengan harga dapat mencapai 2 jutaan, dan harga anakan dari ikan ini berkisar antara 100 hingga 200 ribu rupiah. Ikan ini juga berasal dari Thailand.

Ciri-cirinya adalah memiliki sirip pendek. Ikan cupang Fancy berharga mahal karena kombinasi warnanya yang menarik, yaitu lebih dari 3 kombinasi. Warna kombinasi tersebut membuat ikan ini sangat menarik.

Ikan Cupang Plakat

Thailand memang menjadi salah satu negara penghasil ikan cupang termahal. Kali ini ikan cupang plakat yang juga berasal dari Thailand menempati urutan ketiga penghuni daftar ikan cupang termahal di dunia. Harga ikan ini dapat mencapai 2 jutaan, untuk anakan puluhan ribu dan dewasa sekitar 150-180 ribu rupiah.

Ikan ini memang tidak memiliki warna-warna beragam seperti ikan cupang fancy, karena warnanya cenderung lebih gelap. Ikan cupang plakat sesuai namanya “plakad” dari bahasa Thailand yang berarti tarung, bisa menjadi andalan dalam bertarung karena sangat agresif. Badannya besar, memiliki sirip dan ekor pendek namun lebih panjang daripada ikan cupang fancy. Sirip tersebut akan melebar ketika menghadapi petarung lainnya.

Ikan Cupang Double Tail

Ikan cupang double tail memiliki nama yang unik karena keindahan dari ekornya. Ekornya terbelah di bagian tengah sehingga menyebabkan seperti memiliki dua ekor, karena itulah dinamakan double tail. 

Ikan ini memiliki warna gradasi yang indah yang menyebabkan harga jual yang mahal. Selain itu, ikan ini juga sulit dikembangbiakkan dan sulit ditemukan di pasaran. Ikan cupang doule tail mudah terserang penyakit dan rawan mati. Harga anakan berkisar antara 50 ribu rupiah, untuk indukan dewasa sekitar 120 ribuan, dan yang paling mahal dapat mencapai 1,2 juta rupiah.

Ikan Cupang Halfmoon

Ciri dari ikan cupang halfmoon di antaranya adalah memiliki warna yang paling terang di antara jenis ikan cupang lainnya. Selain itu, ikan ini memiliki sirip dan ekor yang jika melebar dapat berbentuk setengah bulan, sesuai dengan namanya. Ikan cupang ini sangat cocok dijadikan hiasan rumah Anda karena warnanya yang cantik.

Ikan cantik ini berasal dari Thailand. Mereka memiliki kisaran harga antara 40 ribu untuk anakan, indukan sekitar 100 ribuan, dan harga termahal dapat mencapai 500 ribu rupiah.

Sekian informasi mengenai 5 ikan cupang dengan harga termahal. Sudah menentukan mana yang mau Anda beli