Tips Memilih Lele Siap Pijah

Membedakan lele jantan dan lele betina saja tidak cukup untuk Anda yang ingin beternak lele. Ketika Anda ingin beternak lele, sangat penting juga bagi Anda untuk tahu bagaimana cara membedakan lele yang siap pijah dan belum. 

Pemijahan sendiri adalah sebuah proses untuk mengeluarkan sel telur dan juga sperma dari lele jantan maupun lele betina untuk dikawinkan. Proses pemijahan ini harus dilakukan dengan teliti untuk menjaga kualitas dari anakan yang dihasilkan dari proses pemijahan. Lalu bagaimana cara memisahkan lele yang siap dipijah dan yang belum? Berikut ini adalah ulasannya. 

Ciri umum ikan lele yang siap pijah


Ketika akan melakukan pemijahan lele maka Anda perlu tahu ciri-ciri dari ikan lele yang siap pijah. Ikan lele yang siap pijah memiliki ciri umum dan ciri khusus. Untuk ciri umumnya, ikan lele yang siap pijah biasanya berada pada usia 1 tahun untuk lele jantan dan 1.5 tahun untuk lele betina. 

Selain itu, lele jantan dan lele betina yang akan dipijahkan biasanya juga memiliki bobot minimal. Untuk bobot minimalnya, lele jantan sebaiknya memiliki bobot minimal 1 kilogram baik untuk jantan dan betina. Meskipun memiliki bobot yang tinggi, pastikan lele jantan dan juga lele betina yang akan di pijah tidak memiliki  tubuh yang berlemak. Pastikan lele tersebut bobotnya tinggi tapi penuh dengan otot daging. 

Ciri khusus dari ikan yang siap di pijah

Untuk ciri khususnya kita akan lihat dari sisi betina dan juga sis ikan lele jantan. 

•        Ikan lele betina yang siap pijah 

Ikan lele betina yang siap pijah biasanya akan memiliki perut yang membesar dan lembek ketika di pegang. Alat kelamin dari ikan betina yang siap dipijah ini memiliki bentuk bulat dan memiliki warna kemerahan. Jika bagian perut di urut ke arah organ genital maka akan keluar cairan telur. 

Ciri lain dari ikan lele betina yang siap pijah adalah mengenai warna tubuhnya. Lele yang siap pijah biasanya akan memiliki warna yang lebih coklat kemerahan sehingga lebih mudah untuk dikenali. Bagian sirip juga lebih cenderung kemerahan dan sifatnya menjadi lebih pasif dan lebih jinak. 

•        Ikan lele jantan siap pijah

Untuk ikan lele jantan yang siap pijah biasanya mereka memiliki bentuk tubuh yang gemuk tapi ramping. Karena bentuk tubuh ramping ini, ikan lele jantan akan lebih lincah dan juga lebih gesit. Mereka juga lebih agresif seiring dengan pematangan organ genitalnya. Untuk warna siripnya, ikan jantan yang siap pijah cenderung memiliki sirip yang kemerahan dan organ genital merah yang memanjang. 

Demikian ulasan mengenai ciri dari ikan lele yang siap pijah, semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat.