Perbedaan Mencolok Antara Lele Jantan dan Betina

Lele memang terlihat seperti sama saja antara jantan dan betina. Akan tetapi ternyata ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok antara ikan lele jantan dan ikan lele betina. Perbedaan antara kedua jenis ikan ini antara lain :

Bentuk Kelamin

nah ini adalah satu tanda yang paling mencolok, karena lele itu bisa dengan mudah dibedakan dari jenis kelaminnya, Iya karena lele jantan akan memiliki semacam alat kelamin yang menonjol keluar seperti layaknya laki-laki pada umumnya yang memiliki penis. sedangkan lele betina akan memiliki alat kelamin yang berupa ceruk. Ini sangat mudah dibedakan jika usia lele sudah matang.

Bentuk dan kelunakan perut 

Salah satu hal yang membedakan  lele jantan dan lele betina adalah bentuk dan juga kelukaan perut. Seperti yang kita tahu, lele betina memiliki perut yang nantinya akan berisi telur untuk berkembang biak. Hal ini menyebabkan bentuk perut lele betina ukurannya lebih besar dibandingkan dengan lele jantan. Perbedaan ukuran ini bisa mencapai 1.5 cm. 

Selain ukurannya, lele betina juga memiliki perut yang biasanya terasa lebih lembut. untuk lele jantan biasanya perutnya memiliki rasa yang lebih kenyal. Hal ini disebabkan karena perut lele betina memang difungsikan untuk melebar agar telur bisa berkembang di dalam lele. 

Bentuk kepala 

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk membedakan antara lele jantan dan lele betina adalah mengenai bentuk kepala yang dimilikinya. bentuk kepala dari ikan lele jantan biasanya akan terkesan lebih runcing jika dibandingkan dengan ikan lele betina. Oleh karena itu, jika Anda sedang mempersiapkan jantan dan betina untuk dikawinkan, Anda bisa mengincar lele dengan ciri kepala lele tersebut. setelah itu, Anda bisa cek bagian perut agar lebih aman dan waktu penangkapan ikan menjadi lebih efektif. 

Selain bentuknya, ukuran kepala yang dimiliki oleh lele jantan dan lele betina juga bisa digunakan sebagai patokan untuk menentukan jenis kelaminnya. Biasanya lele jantan akan memiliki ukuran kepala yang lebih kecil jika dibandingkan dengan lele betina. Akan tetapi jika Anda pemula, kadang akan merasa kesulitan untuk menentukan lele jantan dan lele betina dari ukuran kepalanya saja. 

Bentuk dan gerak tubuh 

Hal lainnya yang bisa dijadikan patokan membedakan lele jantan dan lele betina adalah mengenai bentuk dan gerak tubuh dari ikan lele tersebut. ikan lele yang memiliki jenis kelamin jantan biasanya akan memiliki ukuran tubuh yang lebih ramping. Ukuran tubuh yang lebih ramping ini membuat pergerakan dari  ikan lele menjadi lebih lincah. Hal ini menjadi salah satu penyebab ikan lele jantan terkadang sulit untuk ditangkap. 

Selain memiliki gerakan yang gesit, lele yang memiliki jenis kelamin jantan juga sering kali memiliki sifat yang lebih agresif, sikap agresif ini biasanya ditunjukkan ketika lele jantan akan kawin. Biasanya jika ada beberapa lele jantan dan 1 betina, dalam sebuah kolam maka lele jantan akan bertarung untuk membuahi telur. 

Nah demikian, ulasan mengenai perbedaan lele jantan dan lele betina. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda