Cara Memilih Indukan Guppy Yang Berkualitas

Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan yang banyak dikagumi dan dipelihara. Meskipun ukurannya kecil, akan tetapi ikan guppy memiliki warna dan corak yang sangat menarik perhatian mata. Sehingga tidak heran jika banyak yang membudidayakannya dengan cara memilih indukan guppy yang berkualitas.


Ikan guppy merupakan jenis ikan yang hidup di air berarus tenang. Sekilas memang hampir sama dengan ikan cupang. Namun ikan cupang cenderung lebih damai dan tidak seagresif ikan cupang. Cara pemeliharaan dan perkembangbiakan ikan guppy sebenarnya susah-susah gampang. Sebab terdapat banyak faktor yang ikut mempengaruhi keberhasilannya. Sedangkan di pasaran harga ikan guppy sangat bervariasi, namun ikan guppy yang berkualitas tentu saja dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. 

Tips Memilih Ikan Guppy Berkualitas 

Berikut ini beberapa tips cara memililh indukan guppy yang berkualitas antara lain:

1. Ikan guppy yang sehat 

Tips pertama tentu saja ikan guppy harus sehat. Jika Anda membeli ikan guppy yang sedang dalam keadaan sakit, kemungkinan besar ikan akan mudah mati bahkan dapat menularkan pada ikan lainnya dalam satu wadah yang sama. 

2. Berwarna tajam 



Selanjutnya pilihlah ikan guppy yang berwarna tajam. Hal tersebut tentu saja membuat lebih menarik dipandang dan akan berpengaruh pada kualitas turunannya. Saat memilih ikan guppy disarankan untuk tidak memilih warna yang pudar karena nanti anakan yang dihasilkan dari indukan dengan warna yang pudar tidak akan jauh berbeda. 

3. Bentuk badan dan usia 

Usia ideal ikan guppy untuk dikawinkan dan melahirkan burayak adalah saat usia ikan guppy di atas enam bulan.  Saat itu ikan guppy sudah mempunyai ukuran badan yang ideal dengan sirip yang dapat dibilang sudah bisa terbang. Sehingga saat dikawinkan burayak yang dihasilkan akan lebih banyak daripada ikan guppy yang baru berusia tiga bulan. 

4. Perilaku 

Seperti yang dijelaskan pada poin pertama harus memilih ikan guppy yang sehat. Hal ini juga berhubungan dengan perilaku ikan guppy. Perilaku ikan guppy dapat dilihat dari gerakannya yang lincah seperti responsif terhadap lingkungan sekitar dan nafsu makan yang tinggi. Sedangkan ikan guppy yang sedang sakit akan cenderung menjauh dari teman-temannya dan hanya berdiam diri saja. 

5. Kemurnian 

Tips selanjutnya Anda juga harus memastikan garis keturunan ikan guppy harus murni. Maksudnya adalah ikan guppy bukan berasal dari hasil perkawinan silang. Sedangkan keuntungan membudidayakan ikan guppy yang masih murni atau asli adalah Anda bisa melakukan perkawinan silang. Ada bermacam jenis ikan guppy yang bisa anda pilih sebagai indukan, baca juga : Jenis-jenis Ikan Guppy

Demikianlah beberapa tips cara memilih indukan guppy yang berkualitas. jika Anda sudah memahaminya hal selanjutnya yang bisa Anda pelajari adalah cara untuk membudidayakan ikan guppy dan memasarkannya. Sehingga nantinya dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan