Tren Budidaya Lele dalam Ember

Jika bisa memenuhi kebutuhan sendiri mengapa tidak dilakukan? selama ini sebagian besar orang cenderung menggantungkan hidup mereka dengan produk pasar karena lebih praktis karena tinggal beli. Selain itu banyak juga orang yang sulit melakukan budidaya sendiri karena lahan yang terbatas. 

Untuk Anda yang mulai tertarik untuk mencoba memenuhi kebutuhan rumah tangga dari lahan sendiri seperti beternak dan menanam sayuran maka budidaya lele dan kangkung dalam ember bisa menjadi pilihan bagi Anda. 

Budikdamber lele dan kangkung 

Budikdamber  adalah singkatan dari budidaya kangkung dan lele dalam ember. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang belakangan sangat diminati karena memiliki banyak kelebihan. Kelebihan utama dari budikdamber ini tentunya adalah pemenuhan kebutuhan pribadi untuk protein dari lele dan juga sayuran kangkung. 

budikdamber

Lele adalah salah satu ikan konsumsi yang sangat banyak diminati. hal ini disebabkan karena selain mudah hidupnya lele juga memiliki daging yang cukup banyak dan tebal jika di pelihara dengan cara yang tepat. 

Selain itu, budidaya lele dan juga kangkung dalam ember juga memiliki cukup banyak kelebihan yaitu dari segi efektivitas dari penggunaan lahan. Dengan menggunakan ember yang tinggi, Anda bisa memelihara ikan lele dalam jumlah yang cukup banyak. 

Bukan hanya itu, dengan menanam kangkung pada ember yang berisi lele maka Anda juga tidak perlu memberikan rabuk atau pupuk untuk  kangkung Anda dan kangkung tersebut dapat hidup dan tumbuh dengan subur. Hal inilah yang menyebabkan tren budikdamber ini menjadi sangat menarik bagi Anda yang tertarik dalam bidang peternakan dan perkebunan tapi tidak memiliki lahan yang cukup besar. 

Alat yang dibutuhkan untuk mencoba budikdamber  

Untuk mencoba budidaya lele dan kangkung dalam ember ini, alat dan bahan yang dibutuhkan bisa dibilang cukup sederhana. Anda hanya akan memerlukan ember plastik dengan ukuran 80 liter atau bisa juga 15 liter. Selain itu, Anda juga akan membutuhkan gelas plastik dengan ukuran 250 ml. Gelas plastik ini bisa diambil dari bekas minuman ringan atau air mineral, kawat, tang dan juga solder.

Selain itu, bahan yang akan dibutuhkan adalah, arang batok kelapa atau arang kayu atau arang sekam, dan juga benih baik benih lele maupun benih kangkung. Selain memelihara ikan lele, Anda juga bisa mencoba memelihara ikan nila. Ikan nila adalah salah satu jenis ikan yang memiliki ketahanan yang cukup tinggi terhadap kualitas air sehingga ikan Anda bisa hidup dan berkembang. 

Selain bahannya sederhana, cara membuat budikdamber ini juga sangat mudah. tutorialnya juga sangat banyak. Jika ingin tutorial membuat budikdamber yang lebih jelas akan lebih baik jika Anda melihatnya di tutorial video sehingga lebih jelas step-stepnya.