Berbagai Cara Membedakan Ikan Mujair Jantan dan Betina Dengan Mudah

Cara membedakan ikan mujair jantan dan betina perlu untuk diketahui oleh Anda yang ingin melakukan budidaya. Hal ini dikarenakan ikan mujair merupakan ikan yang mudah untuk mengalami masa perkawinan dan akan berdampak kurang bagus terhadap hasil panen nantinya. Maka, diperlukan pengetahuan akan hal tersebut untuk bisa menghasilkan panen ikan mujair yang bagus.

Mengapa Membedakan Ikan Mujair Jantan dan Betina Penting?

Untuk Anda yang baru saja ingin terjun kedalam budidaya ikan mujair, pengetahuan akan perbedaan jenis kelamin ikan ini menjadi sangat penting. Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling banyak dikonsumsi, sehingga banyak orang yang berlomba-lomba untuk membudidayakannya karena mempunyai nilai jual yang lumayan.

Sayangnya, ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan yang mudah untuk melakukan perkawinan. Hal ini memang berdampak baik terhadap banyaknya bibit yang nantinya akan dihasilkan. Namun, hal itu tidak sebanding dengan hasil ikan yang akan didapat nantinya. Ikan akan mempunyai kualitas yang kurang bagus karena bobot tubuhnya menurun dan bentuk fisik yang berbeda, maka ikan mujair tidak boleh sering kawin.

Apabila ikan mujair jantan dan betina dipisahkan, maka pertumbuhan ikan akan menjadi lebih optimal. Hal ini akan memberikan keuntungan yang luar biasa untuk para pembudidaya ikan mujair. Sehingga, sebagai pembudidaya Anda dituntut untuk harus bisa mengetahui cara membedakan ikan mujair jantan dan betina agar tidak mengalami kerugian.

Cara Membedakan Ikan Mujair Jantan dan Betina

1.    Alat Reproduksi

Sebagai pembeda yang paling utama adalah alat reproduksi. Alat reproduksi dari ikan mujair jantan memiliki 2 buah lubang. Lubang ini terdiri dari lubang anus dan lubang keluarnya sperma. Lubang keluarnya sperma ini juga difungsikan sekaligus sebagai lubang keluarnya urine. Sedangkan, pada ikan mujair betina ada 3 buah lubang, yaitu lubang dubur, lubang urine, dan lubang pengeluaran telur.  Ketika sudah terjadi pembuahan dan telur sudah mulai berkembang, maka telur akan dikeluarkan oleh ikan mujair betina.

2.    Warna Dagu

Selain alat reproduksi, terdapat juga perbedaan lainnya seperti warna dagu. Ikan mujair jantan mempunyai warna dagu yang kehitaman dan kemerahan, sedangkan pada ikan mujair betina mempunyai warna dagu putih.

3.    Warna Sirip

Sirip merupakan bagian khas yang dimiliki oleh ikan untuk membantunya berenang. Perbedaan ikan mujair jantan dan betina juga bisa diperhatikan dari warna siripnya. Warna sirip ikan mujair jantan kemerahan dan jelas, sedangkan pada ikan mujair betina warnanya juga sama kemerahan namun tidak terlalu jelas.

4.    Warna Perut

Warna perut ikan mujair jantan gelap dan cenderung kehitaman, sedangkan warna perut dari ikan mujair betina putih. Hal ini cukup jelas terlihat walaupun hanya sekilas saja.

5.    Bagian Perut

Apabila ikan mujair jantan bagian perutnya disayat, maka akan mengeluarkan cairan berwarna putih. Sedangkan, pada ikan mujair betina tidak akan mengeluarkan cairan apapun. Begitulah berbagai cara membedakan ikan mujair jantan dan betina dengan mudah.