Tips Mudah Membedakan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina

Cara membedakan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina mungkin sering kali membuat banyak orang kebingungan, terutama bagi mereka yang memang merupakan pemula. Apakah anda adalah salah satunya? Jika iya, maka simak penjelasan berikut ini.

Tips Perawatan Ikan Mas Koki yang Tepat

Sebelum membahas lebih jauh mengenai bagaimanakah cara membedakan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina maka terlebih dahulu anda wajib tahu tentang bagaimanakah cara yang tepat dalam merawat ikan mas koki. Hal ini penting, terlebih bagi anda yang menjadikan ikan ini sebagai bisnis tentu harus tahu cara merawat yang tepat agar dapat menghasilkan ikan Mas Koki berkualitas.

Pilihlah Induk yang Berkualitas

Agar bisa mendapatkan hasil Ikan Mas Koki yang unggul tentunya harus dimulai dengan memilih indukan yang bagus, baik itu betina maupun jantannya. Usahakan indukan yang anda siapkan tidak terlalu gemuk. Tujuannya adalah agar mampu menghasilkan sperma yanh berkualitas.

Kualitas Air Harus Selalu Dijaga

Yang perlu diperhatikan berikutnya adalah mengenai kualitas air. Menjaga kebersihan air bukan berarti harus sering menguras karena hal tersebut justru akan membuat ikan mudah stress. Solusi terbaiknya adalah menggunakan filter agar dapat menyaring kotoran. Atau bisa juga dengan meningkatkan kadar oksigennya dengan alat tertentu karena perubahan kadar oksigen bisa membuat ikan sangat sensitif.

Selain itu, anda juga harus memberikan porsi makan yang tepat dan sesuai. Hal ini bertujuan untuk mencegah kegemukan juga untuk mengurangi keruh dan kotor pada air. Suhu air terbaik yang disarankan yaitu antara 18 hingga 20 derajat celcius.

Pemberian Pakan yang Bermutu Tinggi

Pemberian pakan tak hanya sebatas sesuai porsinya saja, namun juga disesuaikan dengan kebutuhan sesuai usianya. 

•        Jentik nyamuk

•        Cacing darah

•        Pelet

Ketiga jenis makanan di atas diberikan bertahap sesuai dengan usianya agar dapat memenuhi kebutuhannya untuk tumbuh dan berkembang.

Cara Mudah Membedakan Mana Ikan Mas Koki Jantan dan Betina

Bagi anda yang sudah ahli dalam bidang ikan, tentunya bukan hal yang sulit untuk membedakan mana ikan jantan dan manakah yang betina. Namun bagi mereka yang pemula tentu harus belajar cara membedakan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina ini. Berikut adalah perbedaan menurut cirinya.

ikan maskoki jantan vs betina

Ikan Mas Koki Jantan

•        Memiliki bentuk atau postur tubuh yang ramping

•        Terdapat bercak putih pada bagian sirip depan

•        Anus tidak begitu kelihatan (samar)

•        Saat birahi cenderung agresif berenang dan mengejar

Ikan Mas Koki Betina

•        Memiliki bentuk atau postur tubuh yang lebih gendut

•        Tidak ada bercak putih pada bagian sirip depan (polos)

•        Anus terlihat jelas

•        Saat birahi cenderung pasif dan menghindar

Dengan sedikit ciri di atas maka tentunya bisa menjadi cara membedakan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina bagi anda agar mempermudah dalam proses perkembangbiakan.