Pakan Murah Dan Alami Untuk Ikan Lele

Pakan adalah faktor utama dalam budidaya ikan lele sehingga berhasil. Dengan pemberian pakan yang tepat, pertumbuhan ikan lele akan lebih cepat dan memuaskan saat waktu panen. Sehingga akan meningkatkan harga jual ikan lele. Namun tidak harus menggunakan pakan yang mahal karena terdapat banyak pakan murah dan alami untuk ikan lele. 

Pakan ikan lele di pasaran masih impor dari luar negeri dan harganya juga melonjak tinggi. Oleh karena itu sering kali pembudidaya ikan lele justru mendapatkan kerugian karena pendapatan yang tidak seimbang saat waktu panen. Sehingga banyak pembudidaya yang menggunakan pakan alternatif dan memangkas pengeluaran untuk pakan. Selain itu pembudidaya juga berinovasi dengan membuat campuran pakan sendiri. Berikut ini beberapa pakan murah dan alami untuk ikan lele antara lain:

1. Keong emas atau bekicot 

Keong emas atau Bekicot biasa digunakan juga untuk alternatif pakan ikan lele. Bekicot mengandung kaya akan protein dan sangat mudah ditemukan biasanya di sawah. Cara memberi makan ikan lele menggunakan bekicot tidak secara diberikan secara langsung, melainkan bekicot harus direbus terlebih dahulu beberapa menit sampai dagingnya sudah tidak keras lagi. selesai direbus daging masih harus dikeluarkan dari cangkangnya dengan cara dicungkil menggunakan garpu. 

2. Ikan rucah

Ikan rucah adalah ikan kecil-kecil yang memiliki nilai rendah dan tidak dikonsumsi oleh manusia. tempat menemukan ikan rucah yang berlimpah adalah dipelelangan dan dijual dengan harga yang sangat murah. Namun yang harus Anda pastikan adalah ikan rucah tidak busuk karena dapat mengandung bibit-bibit penyakit. 

3. Tanaman

Tanaman yang biasa dijadikan pakan murah dan alami untuk ikan lele adalah kangkung, eceng gondok, daun pepaya, daun lamtoro dan masih banyak lagi. sebelum diberikan pada ikan lele, dedaunan tersebut harus difermentasi terlebih dahulu. 

4. Belatung

Belatung yang bagus digunakan sebagai pakan ternak adalah belatung dari serangga biasa atau lalat rumah. pembudidaya ikan lele juga biasanya akan membudidayakan belatung untuk pakan. 

5. Cacing

Cacing sebagai pakan biasanya akan diolah menjadi tepung cacing atau pelet untuk pakan ikan lele. Cacing sendiri mengandung sumber protein dan asam amino yang bermanfaat untuk tumbuh kembang ikan lele. 

6. Unggas

Bagi pembudidaya ikan lele yang tidak jauh dari peternak unggas, biasanya akan memanfaatkan limbah unggas untuk pakan lele. Bangkai unggas sendiri tidak bisa langsung diberikan sebagai pakan untuk ikan, melainkan harus direbus terlebih dahulu agar bulunya hilang dan kandungan penyakitnya hilang.  Setelah direbus bangkai unggas harus segera diberikan pada ikan lele pada hari itu juga dengan cara digantung menggunakan tali. Kemudian langsung mengangkat sisa-sisa tulang agar tidak menjadi residu di kolam.

7. Ampas Tahu

Salah satu alternatif pakan lele yang murah, bergizi, dan mudah didapat adalah ampas tahu. Pakan lele dari ampas tahu merupakan salah satu makanan sehat bagi lele yang juga telah terbukti mengurangi kematian bibit lele hingga 10-20% juga membuat pertumbuhan lele lebih cepat. Ampas tahu sendiri mudah didapat dari pabrik tahu rumahan yang bisa diperoleh dengan harga murah karena merupakan limbah yang tidak digunakan.