Pemberian Pakan Ikan Mujair Agar Cepat Besar Terampuh

Pakan ikan mujair bergizi perlu untuk diberikan agar bisa mendapatkan hasil panen ikan yang optimal. Pakan merupakan salah satu faktor penentu kualitas ikan mujair.

Jika Anda salah memberikan pakan, maka bisa berdampak pada kualitas dan bobot ikan yang menurun. Maka, perlu diketahui pakan apa saja yang bisa membuat ikan mujair menjadi cepat besar.

Berikut ini adalah berbagai jenis pakan ikan mujair agar cepat besar :

1. Pelet Ikan Mujair

Pelet ikan mujair merupakan pakan ikan mujair agar cepat besar karena di dalamnya sudah diformulasikan sesuai dengan kebutuhan ikan. Biasanya, pelet ikan ini kaya akan karbohidrat dan protein. Karbohidrat dan protein merupakan suatu zat yang bisa membuat ikan mujair menjadi lebih cepat besar. Namun, di pasaran tersedia beberapa jenis pelet ikan mujair berdasarkan kualitasnya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pastikan menggunakan pelet ikan mujair dengan kualitas yang bagus.

2. Nasi

Pemberian nasi sebagai pakan ikan mujair diizinkan, bahkan bisa memberikan dampak yang baik yaitu ikan menjadi lebih cepat besar. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa nasi merupakan sumber pangan yang kaya akan karbohidrat. Sehingga, apabila ikan mujair diberi pakan nasi pertumbuhannya akan optimal. Nasi yang diberikan bisa jenis apa saja, bahkan nasi sisa pun tidak masalah untuk dijadikan pakan ikan mujair.

3. Dedak

Walaupun terkenal sebagai pakan unggas, dedak juga bisa dijadikan sebagai pakan untuk ikan mujair. Di dalam dedak juga terkandung karbohidrat yang baik untuk pertumbuhan ikan agar cepat besar. Selain itu, harga dedak yang terjangkau juga membuatnya banyak digunakan.

4. Cacing

Jenis cacing yang biasanya dijadikan sebagai pakan ikan mujair adalah cacing tanah dan cacing sutra. Kedua jenis cacing tersebut baik untuk dijadikan sebagai pakan ikan mujair karena tinggi akan kandungan protein. Protein tersebut akan dimanfaatkan oleh ikan untuk tumbuh besar.

5. Artemia

Artemia merupakan hewan kecil yang hidup di dalam air. Walaupun bentuknya kecil, ternyata mempunyai kandungan yang baik untuk pertumbuhan ikan mujair. Artemia sangat baik sekali diberikan pada bibit ikan mujair karena mempunyai bentuk yang kecil sehingga mudah untuk dicerna.

6. Azolla Pinnata

Azolla Pinnata merupakan salah satu jenis tanaman hijau yang tumbuh didalam air. Tumbuhan ini sangat cocok diberikan sebagai pakan ikan mujair agar cepat besar karena mempunyai protein yang tinggi. Kandungan protein yang tinggi di dalam Zolla Pinnata ini akan dimanfaatkan ikan untuk tumbuh besar dan bisa dimanfaatkan sebagai pakan untuk ikan mujair organik.

7. Kangkung

Tak hanya lezat untuk dikonsumsi oleh manusia saja, ternyata kangkung juga baik dikonsumsi oleh ikan mujair. Kangkung merupakan sayuran yang memiliki berbagai kandungan gizi yang cukup tinggi, sehingga akan berdampak baik untuk pertumbuhan ikan dan menjadi pakan ikan mujair agar cepat besar yang ampuh.