Mengapa Ikan Cupang Makan Telurnya Sendiri Dan Solusinya

Ikan cupang adalah salah satu jenis ikan hias yang cantik dan banyak dipelihara. Ikan cupang dapat ditemukan di negara Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Di Indonesia sendiri ikan cupang banyak ditemukan di sungai-sungai di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Namun beternak ikan cupang bukan hal yang mudah karena biasanya induk cupang akan langsung memakan telurnya. Maka Anda harus mengetahui cara agar cupang jantan tidak makan telur. 



Memelihara dan membudidayakan ikan cupang tidak membutuhkan tempat yang luas. Anda bahkan bisa meletakkannya di dalam akuarium kecil atau ember. Perawatan dan makanan ikan cupang juga sangat mudah, cukup dengan palet kecil, jentik nyamuk, kutu air, cacing sutera, dan serangga kecil lainnya. akan tetapi indukan cupang akan langsung memakan telurnya jika tidak dipisahkan. Bagi indukan pemula hal ini tentu merepotkan sehingga dibutuhkan cara agar cupang jantan tidak makan telur. 

Mengapa ikan cupang makan telurnya

Saat membudidayakan ikan cupang hal yang paling dinanti adalah kapan burayak ikan cupang akan menetas. Akan tetapi sering kali bahkan tidak ada satupun telur yang menetas. Salah satu sebabnya adalah karena telur dimakan oleh induknya. 

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan ikan cupang jantan harus memakan telurnya sendiri yaitu seperti umur ikan cupang jantang yang belum matang sehingga masih terlalu agresif, lingkungan yang tidak bersahabat, rasa penasaran dari ikan cupang jantan, hingga ikan cupang jantang yang terlalu lapar. 

Cara agar cupang jantan tidak makan telur 

kawan kawan, beginilah cara yang bisa kalian coba agar ikan cupang tidak makan telur istrinya

1. Sebelum Proses Pijah 

Sebaiknya biasakan terlebih dahulu ikan cupang di lingkungannya agar terbiasa dengan suasana luar yang baru. Dari situ Anda bisa melihat sifat agresifnya  hingga sifat itu menghilang. Nantinya hal ini akan bermanfaat agar ikan cupang jantang tidak makan telur. 

2. Memperhatikan Gerak Gerik Ikan Cupang 

hal pertama Anda harus teliti dan memperhatikan gerak gerik dan gelembung air pada tempat pemijahan ikan cupang. Apabila terdapat ikan cupang yang saling mengikat atau berdampingan merupakan proses saat ikan cupang betina sedang mengeluarkan telur dan ikan cupang jantang sedang membuahi telur. Kemudian akan muncul gelembung air berisi telur ikan cupang, maka yang harus dilakukan segera mengambil ikan cupang dan memisahkannya. 

3. Setelah Proses Kawin 

Setelah ikan cupang berhasil dikawinkan, sebaiknya gunakan wadah yang lebih besar untuk mengantisipasi pertumbuhan dan perkembangan burayak agar cepat tumbuh besar. 

Demikianlah beberapa cara mengatasi agar ikan cupang tidak makan telur. Jika Anda sudah melakukan berbagai cara agar ikan cupang jantan tidak makan telur termasuk cara di atas namun tidak berhasil, maka Anda harus mengganti indukan jantan yang lebih cerdas, berumur, dan siap untuk dikawinkan.