Cara Agar Cupang Menjadi Galak

Ikan cupang secara alami merupakan salah satu ikan yang sensitif dan bisa menjadi agresif. Ikan cupang pejantan akan bertarung untuk memperebutkan daerah kekuasaan mereka, dan ini telah menjadi kebiasaan. Ikan cupang akan bertarung hingga salah satunya terluka, namun dapat juga hingga menyebabkan kematian salah satunya.

Pertarungan ikan cupang dimulai dengan kedua ikan yang melebarkan sirip dan ekornya supaya tampak lebih menakutkan bagi yang lainnya. Pada beberapa kasus, hal ini bisa menjadi kemenangan jika salah satunya terlihat mundur. 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat ikan cupang menjadi galak.

Mempersempit ruang gerak ikan

Anda bisa mempersempit ruang gerak ikan dengan memilih akuarium yang lebih kecil untuk tempat hidup ikan. Selain itu, Anda juga dapat meletakkan beberapa dekorasi dalam akuarium seperti bebatuan ataupun tanaman yang dapat mempersempit ruang gerak mereka. Secara alami, mereka akan mencoba untuk menguasai daerah kekuasaan mereka pada ruang yang ada dan memaksimalkannya. Hal ini yang kemudian membuat mereka menjadi semakin aktif.

Meletakkan cermin 

Cara untuk membuat ikan cupang menjadi galak selanjutnya adalah dengan meletakkan cermin. Cermin sebagai dinding akuarium akan membuat ikan cupang merasa bahwa dirinya tidak sendirian. Ini kemudian akan menimbulkan perasaan waspada ikan cupang yang mana akan melatih mereka menjadi lebih agresif. Ikan yang dalam kondisi waspada kemudian akan melebarkan sirip mereka 

Biarkan ikan cupang menyadari kehadiran entitas lain

Anda bisa meletakkan dua atau lebih ikan cupang dalam akuarium, namun dengan sekat-sekat pemisah transparan. Anda juga bisa meletakkan dua akuarium yang berbeda secara berdekatan sehingga ikan cupang akan menyadari kehadiran ikan lain dan membuat mereka siaga.

Latih untuk mengikuti jari

Anda bisa melakukan latihan ini untuk ikan cupang Anda supaya mereka menjadi lebih aktif. Anda cukup menggerakkan jari Anda di depan akuarium dan biarkan ikan mengikuti pergerakan jari Anda. lakukan hal tersebut berulang-ulang hingga ikan mau menuruti ke arah mana jari Anda berada, bisa dalam posisi vertikal maupun horizontal. Jika ikan berhasil mengikuti arah yang jari Anda tuju, maka Anda bisa memberikan hadiah berupa pakan untuk ikan. Latihan ini dapat dilakukan secara rutin, 3 sampai 5 menit setiap kalinya.

Pelihara dengan baik

Ikan cupang yang dalam kondisi tidak sehat tidak dapat berlaku ganas. Anda dapat memelihara ikan cupang dengan baik dengan cara memperhatikan lingkungan tempat hidup ikan, mulai dari kondisi air, suhu, pH, dan juga kebersihan akuarium. Ketika mereka berada dalam kondisi tubuh yang baik, maka mereka dapat mengembangkan insting petarung dengan lebih leluasa dan otomatis ikan juga akan semakin agresif dan mudah dilatih