Perbedaan Cupang Hias dan Cupang Adu

Salah satu jenis ikan hias air tawar yang cukup populer dan memiliki banyak penggemar ialah ikan cupang. Terdapat dua jenis Ikan cupang, yakni ikan cupang hias dan juga ikan cupang adu. Meski sekilas nampak sama, namun keduanya sebenarnya memiliki perbedaan yang sangat signifikan, dan bisa dibedakan.


Ikan cupang atau ikan dengan nama latin betta SP ini termasuk dalam golongan sebagai ikan hias air tawar. Ikan ini sebenarnya memiliki sifat agresif dan sangat ketat dalam menjaga teritorinya  dan pada biasanya ikan cupang yang berkelamin jantan itu lebih agresif jika dibandingkan dengan ikan cupang yang betina. Seperti spesies ikan pada umumnya, maka ikan cupang ini termasuk sebagai kelompok hewan vertebrata atau hewan yang bertulang belakang.

Ikan ini pada awalnya ditemukan di wilayah perairan air tawar di Asia Tenggara.

 Ikan cupang juga disebut sebagai ikan yang tangguh, karena dapat hidup dengan kadar oksigen yang hanya tipis. Hal ini bisa terjadi dikarenakan ikan cupang itu memiliki bentuk insang yang berkelok mirip seperti labirin, jadi bisa menyimpan oksigen lebih banyak dan lebih lama. Jadi ikan cupang akan dapat bertahan lebih lama dari ikan yang lainnya pada saat sedang tidak berada di dalam air, dengan syarat suhu sekitarnya itu lembab.

Meski ikan yang masuk dalam filum chordata ini akan bisa merasa lebih nyaman jika berada di air tawar dengan suhu 76 derajat Fahrenheit hingga 82 derajat Fahrenheit. Kondisi air yang seperti itu juga dikatakan bagus untuk tempat berkembang biak. Berikut ini adalah perbedaan antara Cupang Hias dengan ikan Cupang Adu.

Ikan Cupang Hias


Ikan Cupang hias adalah jenis ikan cupang yang dihargai dan dipelihara karena keindahannya. Perlombaan ikan cupang hias memiliki dan menetapkan beberapa kriteria penilaian yakni yang meliputi bentuk, dan warna, serta cara gerak, juga dengan mentalnya.

Ciri Fisik Khas

Ikan cupang hias itu memiliki bentuk sirip dan juga ekor yang menjuntai, dengan struktur tulang sirip serta tulang ekornya yang juga memiliki bentuk yang cukup unik dan khas. Ciri utama ikan cupang hias Lainnya tentu saja ialah terletak pada warnanya. Warna sisik serta juga tubuh ikan cupang itu berwarna terang dan sangat menarik warnanya yakni seperti merah, dan biru, juga kuning, dan lain sebagainya.

Gerakan Renang Tenang

Selain itu, maka pergerakan ikan cupang hias itu juga cukup tenang. Pada saat berenang, maka ikan cupang hias akan melakukan gerakan yang tenang dan akan mengibaskan sirip serta juga ekornya dengan Gerakan yang anggun. Ekor dan juga sirip ikan cupang ini akan mengembang secara sempurna ketika sedang melihat musuh ataupun ketika sedang bercumbu.

Ikan Cupang Petarung


Berbeda halnya dengan ikan cupang hias, maka cupang adu ini akan dinilai dari keahliannya dalam bertarung. 

Ciri Fisik Tubuh

Dari segi bentuk tubuh, maka ikan cupang adu akan tampak lebih kokoh dari cupang hias. Ikan ini juga lebih lebar serta lebih tinggi dengan ekornya yang  besar serta memiliki ketebalan yang sama. Pada bagian ujung ekornya terlihat lebih mengecil. 

Gerakan Renang

Tak seperti dengan ikan cupang hias yang berenang dengan secara tenang, maka gerakan ikan cupang adu itu lebih dinamis dan lincah serta agresif. Ketika melihat musuh, sirip ikan cupang adu akan mengembang secara penuh. Mental petarung yang kuat juga harus dimiliki oleh ikan cupang jenis adu.

Bibir Ikan Cupang

Ciri fisik lain yang bisa membedakan antara ikan cupang hias dengan ikan cupang adu ialah pada bibir cupang adu yang tampak lebih tebal serta kokoh daripada ikan cupang hias. Selain itu, pada bagian mulut ikan cupang adu itu cenderung terkatup rapat serta tidak menganga. Jika dilihat dari atas, maka pada bagian bibir bawah akan terdapat bintik yang tampak seperti gigi yang bentuknya runcing.