Cara Mencerahkan Warna Ikan Cupang

Pemilik ikan cupang pasti ingin tahu cara mencerahkan warna Ikan Cupang. Namun pada ikan cupang jenis plakat  fancy, atau koi, atau emerald, atau marble, atau blue rim, dan juga ikan cupang plakat lainnya maka pada umumnya saat masih berusia muda itu belum memiliki warna atau juga biasa disebut sebagai cello. Ikan cupang tersebut baru akan memiliki warna pada usia 3 bulan ke atas, dan biasanya pemilik cupang akan menggunakan berbagai cara supaya warna ikan cupang kesayangannya bisa cepat muncul atau timbul.

Hal itu bisa dicoba dengan memberikan makanan sebagai berikut.

Daun Ketapang

Daun ketapang yang hendak diberikan maka sebaiknya sudah diolah terlebih dahulu yakni agar ikan cupangnya tidak terserang oleh penyakit. Cara pengolahan daun ketapang itu adalah sebagai berikut.

Masukkan Daun Ketapang ke dalam air Hingga Warna Air jadi Pekat. Masukkanlah agak banyak jumlahnya supaya warna air ikan cupang di soliter bisa benar-benar pekat.

Lalu letak Soliter di Tempat yang Gelap, selama sekitar 2 hari hingga 3 hari, dan usahakan agar ditempatkan di tempat yang benar-benar gelap agar proses mengeluarkan warnanya berhasil.

Jemur Ikan Cupang di bawah matahari pagi selama 30 menit, matahari pagi itu  baik untuk ikan cupang, lamanya ialah sekitar jam 7 hingga jam 9 pagi. 

Daun Jati

Selain daun ketapang, juga bisa diberikan daun jati untuk mencerahkan warna ikan cupang.

Kutu Air

Beberapa makanan yang baik dan dipercaya mampu untuk memperkuat warna ikan cupang juga bisa coba diberikan  salah satunya ialah Kutir atau kutu air yang dipercaya dan telah terkenal mampu untuk mempengaruhi warna tampilan fisik ikan. Warnanya bisa menjadi semakin cerah dan juga badannya bisa ramping, dan tidak buncit, pakan ini bagus bagi ikan cupang kontes. Biasanya digunakan kutir kecil untuk burayak atau Moina sp. dan kutir raksasa untuk cupang dewasa jenis Daphnia sp.

Udang

Berikutnya ada Udang yang juga memang sudah lama dikenal di kalangan para pemilik ikan cupang sebagai pakan untuk penguat warna ikan. Dengan memberikan pakan udang pada cupang maka dipercaya akan membuat warnanya bisa menjadi semakin cerah dan juga tajam. Bisa menggunakan udang kering yang banyak dijual atau akan lebih baik lagi jika memberikan ikan cupang udang hidup kecil.

Spirulina

Lalu ada lagi yang namanya spirulina. Spirulina ini ialah sejenis Cyanobacteria tetapi kadang dimasukkan juga ke dalam sejenis alga. Tanaman tersebut tumbuh di tempat yang ekstrim dan juga mempunyai kandungan gizi yang cukup baik, yakni lengkap, serta seimbang. Spirulina bagus sebagai pakan tambahan bagi ikan cupang.