Pakan Sehat dan Alami untuk Ikan Cupang

Meskipun telah banyak tersedia pakan Cupang yang bisa dengan langsung digunakan, namun tentu memvariasikan pakan ikan Cupang dengan aneka ragam makanan ikan Cupang alami lainnya akan bisa bantu memperkaya nutrisi dan juga meningkatkan gizi bagi ikan Cupang kesayangan. Dengan pemberian gizi yang baik, maka ikan Cupang tak hanya jadi lebih sehat, tapi juga warna ikan Cupangnya juga bisa terlihat lebih cerah dan Juga indah. Berikut ini beberapa Pakan Sehat untuk Ikan Cupang.

Jentik Nyamuk


Salah satu makanan untuk ikan Cupang yang paling umum ialah jentik nyamuk atau yang sering disebut juga sebagai cuk. Pakan ini cukup mudah didapatkan, makanan Cupang satu ini juga kaya protein sehingga cocok digunakan untuk pakan ikan Cupang remaja yang masih dalam fase masa pertumbuhan. Guna mendapatkan jentik nyamuk, maka bisa isi sebuah ember dengan air bekas cucian beras dan lalu ditempatkan di suatu lokasi tempat yang gelap namun terbuka dan kemudian tunggu selama beberapa hari hingga lalu muncul jentik-jentik nyamuk. Selain itu bisa juga  didapatkan di pasar ikan hias dengan harga yang cukup terjangkau.

Cacing Darah



Bloodworm ataupun cacing darah yang terkenal akan warnanya yang merah menyala ini juga merupakan pilihan pakan yang bagus  untuk ikan Cupang. Tapi meski bergizi, tapi kadar protein dari cacing darah itu bisa dibilang tak setinggi jenis-jenis makanan ikan Cupang yang lainnya. Kelebihannya ialah karena makanan Cupang yang satu ini dipercaya baik dan bisa untuk menghasilkan warna yang lebih cerah pada Cupang hias. Sehingga, tak ada salahnya jika memberikannya juga  cacing darah ini sebagai pakan ikan cupang, terutama untuk ikan cupang hias.

Cacing Sutra


Selain cacing darah maka ada juga cacing sutra atau yang sering juga disebut sebagai cacing rambut yang bisa dijadikan sebagai makanan untuk ikan Cupang. Cacing jenis tersebut mudah ditemukan di perairan-perairan yang kotor seperti di selokan. Tapi bisa juga dibeli di pasar ikan.

Microworms

Pilihan pakan alami untuk ikan Cupang itu ada juga yang namanya Microworms. Disebut begitu dikarenakan ukurannya yang sangat kecil. Karena ukurannya yang kecil juga itulah maka Microworms ini cocok untuk dijadikan sebagai makanan bagi ikan Cupang yang masih bayi atau burayak.

Kuning Telur

Makanan ikan Cupang yang mengandung nutrisi tinggi itu juga bisa  diberikan kuning telur yang kaya akan protein. Caranya bisa dengan direbus dulu atau dikukus terlebih dahulu sebelum lalu diberikan kepada ikan Cupang. Namun jangan taburkan terlalu banyak supaya tidak ada yang tersisa dan mengotori airnya. Cupang burayak cocok dengan pakan ini.

Udang

Bisa menggunakan udang kering yang banyak dijual atau akan lebih baik lagi jika memberikan ikan cupang udang hidup kecil.

Demikianlah beberapa pakan ikan yang bagus untuk ikan cupang.