Budidaya Kutu Air untuk Pakan Ikan

Kutu air merupakan hewan yang berukuran mikro, hidup di air dan umumnya digunakan sebagai pakan ikan hias. Untuk memperbanyak kutu air sebagai makanan pelengkap ikan hias, Anda bisa mencoba cara di bawah ini. Cara budidaya ini mudah dilakukan dan bisa untuk jenis moina atau daphnia. 

Seperti Apa Bentuk Kutu Air?

Bentuk kutu air sangat kecil sekali dan hidupnya berkomuni, selalu bergerombol dengan sesamanya.


Kutu air akan muncul ke permukaan air yang cukup keruh, warnanya coklat kemerahan dan bisa diambil dengan jaring khusus yang disebut dengan jaring plankton. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Kutu Air?

Apabila Anda kesulitan mendapatkan kutu air di perairan dangkal seperti sawah, parit, kolam atau waduk, datang saja ke balai pembibitan benih dan pakan ikan. Balai tersebut selalu menyediakan berbagai jenis pakan ikan. Jenis kutu air untuk pakan ikan hias umumnya jenis moina dan daphnia. 

Tahapan Pengembangbiakan Kutu Air

1.      Sediakan kolam tanah atau cor. Kolam yang dipakai bisa berukuran sesuai dengan keperluan Anda, minimal kolam yang akan dipakai untuk mengembangbiakkan kutu air tidak boleh berasa semen, bebas dari bau dan bersih. Setelah kolam bersih, mulailah dengan proses pengapuran dosis 1 kg/m2. 

2.      Sediakan pupuk organik. Anda cari pupuk alami atau organik (pupuk ayam, sapi) sebagai makanan bibit kutu air daphnia atau monia. Berat pupuk organik yang dibutuhkan sekitar 1-2 kg/m2. Mungkin baunya akan membuat Anda tidak nyaman tetapi pemberian pupuk ini adalah salah satu cara memberi makanan kepada bibit kutu air. Diamkan selama 3-5 hari. 

3.      Masukkan air. Usai pupuknya dimasukkan, Anda bisa masukkan air bersih dengan ukuran 75% dari ketinggian kolamnya. Amati selama sekitar 4 harian, jika air berubah menjadi sangat keruh dan muncul warna mirip dengan lumut (hijau kecoklatan) itu pertanda bahwa plankton sedang berkembang-biak dengan maksimal. Semakin kental dan berubah warna maka semakin banyak plankton atau sumber makanan untuk kutu air. 

4.      Masukkan bibit kutu air. Makanan telah siap dan tinggal lakukan langkah terakhir yakni memasukkan bibit kutu air ke dalam kolam yang berwarna coklat kehijauan tersebut. Proses pengembangbiakan kutu air ini sekitar seminggu, amati perubahan kolamnya ya. Jika kolam berubah menjadi merah dan ada bentuk kehidupan seperti jentik mengambang di permukaan maka kutu air jenis monia dan daphnia menampakkan hasil yang maksimal. 

Usai masa panen, Anda bisa mengambil kutu air untuk pakan ikan yang sebelumnya wajib dicuci dahulu. Jenis monia dan daphnia ini memang sangat disukai oleh ikan air tawar sebagai bentuk makanan dengan kandungan protein hewani yang alamiah. 

Mudah kan cara budidaya kutu air di atas?