8 Kesalahan Pemula dalam Budidaya Ikan Guppy

Disini saya akan bercerita tentang pengalaman sendiri ya guys. Kesalahan-kesalahan yang harusnya jangan kalian lakukan. Kesalahan yang saya lakukan mungkin terlihat sepele, tapi punya dampak cukup besar dan kalau bisa kalian hindari, wih bakal lebih baik deh.


Jadi kesalahan kesalahan itu adalah sebagai berikut :

1. Tidak menyediakan banyak tempat


Awalnya saya hanya menyiapkan satu ember plastik saja guys untuk membudidaya ikan guppy.
Eh ternyata begitu beberapa hari saja ikan guppy saya beranak, dan banyak anakannya dimakanin induknya karena saya tidak menyediakan tempat lain. Jadi sebelum kalian memulai budidaya ikan guppy sebaiknya kalian siapkan dulu tempatnya ya

2. Mencampur Ikan guppy berbagai Jenis di satu wadah


Ya, ini sangat tidak baik bagi kalian yang ingin menjaga kemurnian turunannya ya guys. Karena guppy ini bisa tiap hari kawin. Kalian liat aja pasti induk betina dikejar terus ama banyak pejantan. Dan mereka tidak keberatan, karena mereka memang tidak bertarung untuk berebut. Ikan guppy yang dicampur, maka akan tidak jelas keturunannya karena mereka bisa kawin ke berbagai jenis. Oke, jadi setelah kalian sediain tempat sebaiknya kalian khususin juga berdasarkan jenis jenisnya agar menjaga kemurnian keturunannya.

3. Langsung memasukkan ikan dari luar ke wadah


Ikan guppy ini ternyata bisa stress kalo langsung ditaruh ke wadah di rumah kalo doi ini dibawa dari luar. Karena kan kalo dari luar, suhu air itu cukup tinggi, terus pHnya juga beda. Nah begitu masuk ke wadah yang dirumah yang keadaan airnya beda, ikan ini bisa kaget loh. Bisa akhirnya ngambang deh

4. Menaruh wadah ikan di dalem ruangan yang cukup gelap


Ikan guppy ini kalau ditaruh ditempat yang tidak banyak terkena sinar ternyata dampaknya ke warnanya guys. Jadi ikan guppy ini warnanya jadi ga cerah, malah terkesan cenderung gelap saja guys. Maka jadi kurang menarik. Buat kalian, usahain taruh wadah ikan guppy itu yang terkena sinar ya guys. Seenggaknya bukan tempat yang gelap gitu.

5. Budidaya ikan jenis albino


Tidak semua ikan guppy gampang loh guys, contohnya adalah ikan guppy jenis albino. Ternyata tidak gampang membudidaya ikan ini, boro-boro budidaya, peliharanya aja cukup sulit. Bukannya beranak, ikannya malah mati. Udah mahal, malah mati kan sayang ya guys. Makanya buat pemula sebaiknya jangan langsung budidaya yang susah dan mahal. Pelajari dulu karakter ikan guppy yang akan dibudidaya ya guys.

6. Membiarkan ikan Guppy yang mau lahiran barengan dengan guppy yang lain

Ini kesalahan konyol sih guys, karena harusnya kalo dah keliatan lah gerakan ikannya kok makin dikit, terus perutnya dah keliatan kaya mau meletus, itu tuh bagusnya ditaruh di wadah tersendiri lah. Kenapa, jadi begini, ikan guppy ini kan dah tau sifatnya itu bisa kanibal. Jadinya ya sudah, abis dah tuh bayi dimakan guppy lainnya. Jadi gitu sebaiknya kalo ikan guppymu mau lahiran, taruh aja di wadah tersendiri, dan setelah semua berhasil dilahirkan, induknya pindahin aja. Induknya juga mau makan anaknya sendiri.

7. Kebanyakan ngasih makan

Pengalaman konyol lainnya guys, waktu jaman kuliah dulu sempet ada libur sekitar seminggu lah. jadinya sengaja ngasih makan ikannya itu yang ya lumayan banyaklah.
Nah ini ternyata salah guys. Kenapa, setelah saya dateng ke kos lagi dan wah anjay, ngambang semua, Mana keruh kolamnya. Jamur juga tumbuh di mayat mayat ikan. Owalah karena itu. Sisa makanan ikan ini kalo ga dimakan, cuma beberapa hari aja bisa menimbulkan jamur loh guys, trus airnya juga jadi tercemar. dan efeknya ya ikanmu mati. Jadi solusinya gimana? ya monggoh dipikirin hehehe..
Kalau saya akhirnya di kemudian hari ambil solusi itu pake kain ya guys, jadi pakannya dibungkus kain, dan yang aku celupin ke air itu dikit aja, di ujung kainnya aja. nah nanti kan dimakanin tuh yang di deket kainnya, akhirnya ga terlalu mencemari wadahnya deh. begitu.

8. Wadah Kosongan

Ini hal yang jadi pelajaran berharga juga sih guys. Jadi saya pernah nih melihara ikan guppy di wadah ember plastik, dan kosongan. Ternyata ikan guppy ini ga betah guys, kalo kosong banget. Trus terlihatlah beberapa ikan pada menggelepar mati di dekat wadah, nah ternyata ikan guppy bisa loncat guys, apalagi kalo ga betah. Makanya kasihlah tempat guppymu tumbuh-tumbuhan air, atau kasih batu-batu, ranting, atau apalah yang biar mereka betah guys.

Okeh sekian beberapa kesalahan pemula dalam budidaya ikan guppy semoga bermanfaat.