Siklus Hidup Ikan Guppy

Ikan Guppy adalah ikan yang perawatannya sangat mudah. Karena ikan ini terbilang cukup bandel.
Ikan guppy juga ikan yang mudah membiak karena itu banyak orang yang menernak atau membudidayakan ikan guppy. Habitat asli ikan guppy berada di danau-danau dan sungai- sungai berair tenang.
Meski cukup mudah, tetap saja kita perlu tau juga karakter ikan ini. Misalnya ternyata ikan guppy ini kanibal, artinya ia mau makan anaknya sendiri, atau bayi guppy nya tetangga. Pokoknya ikan ini mau deh makan jenisnya sendiri. Eh tp emang kebanyakan ikan seperti itu sih ya.
Selain itu ikan ini juga ternyata ada cara khusus loh untuk pemijahannya agar hasilnya banyak.
Maka dari itu kalau ada yang ingin membudidaya ikan guppy silakan saja buka link berikut : 4 Langkah Mudah Budidaya Ikan Guppy di Rumah

Siklus Hidup Ikan Guppy

Pembuahan

pembuahan guppy

Kita awali siklus ini dari masa pembuahan ya, ikan guppy betina  ini dapat kawin dengan banyak jantan dan dapat menyimpan sperma seumur hidupnya. Inilah yang jadi hal spesial pada ikan ini. Bisa seolah-olah hamil terus. Setelah guppy betina dibuahi, ia berpotensi memiliki keturunan jantan atau beberapa jantan dalam setiap kehamilan. Setiap induk guppy dapat menghasilkan antara satu hingga lima ekor bayi pada induk guppy muda, dan hingga 200 bayi untuk induk guppy yang sudah dewasa.

Kehamilan

guppy hamil

Periode pengembangan untuk benih di dalam induk guppy adalah sekitar 30 hari. Selama masa ini induk guppy akan bertambah besar di daerah perut, terkadang hingga dramatis, dan sering membuat kesulitan berenang. Bintik gelap di belakang sirip dubur dikenal sebagai bintik besar. Saat hamil, tempat ini menjadi gelap dan tumbuh lebih besar. Di sinilah calon bayi guppy berkembang di dalam induknya.

Kelahiran

guppy melahirkan

Ikan guppy adalah ikan yang tidak seperti kebanyakan ikan lainnya. Ikan guppy ini ternyata mereka melahirkan secara langsung benih ikan yang berenang bebas, bukan telur yang dilahirkan. anakan guppy dilahirkan satu per satu selama sekitar satu hari, tergantung pada jumlah yang dilahirkan.

Bayi Guppy

bayi guppy
Ketika pertama kali lahir, bayi guppy sangat kecil dan masih memiliki sisa-sisa kantung kuning telur di perut mereka untuk sumber nutrisi pertama mereka. Kantung kuning telur diserap setelah beberapa jam dan benih akan bersembunyi agar tidak dimakan oleh ikan lain yang lebih besar, termasuk induknya.

Kematangan

Ikan ini akan mulai matang dengan cepat. Betina menunjukkan tanda-tanda kedewasaan sekitar tiga bulan; jantan lebih cepat sekitar enam minggu.
ikan guppy jantan dewasa

Saat mulai dewasa ikan ikan guppy akan mulai terlihat kecantikannya, yaitu dengan mekarnya sirip-sirip dan ekor (untuk jantan), serta kuatnya warna ikan guppy ini.
Ikan ini dapat berumur 1,5 hingga 3 tahun, tergantung perawatan.