Cantik & Eksotik, Inilah 5 Ikan Gabus yang Cocok Sebagai Ikan Hias

Ikan Gabus mempunyai banyak julukan di berbagai daerah di Indonesia. Misalnya saja di jawa biasa disebut dengan ikan bogo, kutuk, dan di berbagai daerah ada nama lainnya haruan (Kalimantan), spunkat (Palembang), bace (Aceh), khahebei, kayou (Papua).

Ikan ini biasa hidup di sungai air tawar, rawa, kolam, bahkan kadang juga dijumpai di sawah dan aliran irigasi.

Ikan Gabus seringkali kita anggap sebelah mata, karena memang sifatnya yang predator sehingga kita anggap ikan tersebut hama.

Padahal, ada loh jenis ikan gabus yang bentuknya dan warnanya eksotik, cantik. Disini saya akan membahas 5 jenis ikan gabus yang memang biasanya dirawat di aquarium karena keindahannya.

Selain itu, ikan gabus juga dikenal akan daya tahan hidupnya yang tinggi, ikan gabus memiliki semacam organ labirin (seperti pada lele atau betok), namun lebih primitif yang menyerupai sistem pernafasan amfibia. Kemampuan ini menyebabkan ikan gabus memiliki kemampuan adaptif terhadap lingkungan yaitu berpindah atau mengubur diri dalam lumpur saat perairan mengering.

Ini juga membuatnya seperti yang kita ketahui bahwa Ikan Gabus dapat bernafas secara langsung dengan udara luar.

Dan berikut adalah 5 jenis dari ikan Gabus atau biasa disebut Channa yang biasanya populer dijadikan ikan hias.

1. Channa Diplograma

Channa Diplograma
Ikan ini terkenal dengan sebutan Malabar Snakehead. Channa Diplogramma memiliki daya tarik yang tinggi di mata pecinta ikan predator. Tapi yang sangat dikhawatirkan adalah ikan ini dilabeli “Vulnerable” oleh pihak IUCN. Yang berarti, populasinya sudah tidak banyak lagi.

2. Channa Bleheri

Channa Bleheri
Penyebaran ikan ini di Asia. Ikan gabus ini mempunyai nama umum Rainbow snakehead. Jenis ikan gabus ini dapat mencapai panjang 20 cm. Dinamakan rainbow snakehead karena ikan ini punya corak warna warni.

3. Channa Barca

Channa Barca
Snakehead Barca (Channa barca) adalah spesies snakehead yang langka. Ikan ini berasal dari daerah aliran sungai Brahmaputra bagian atas di timur laut India dan Bangladesh. Ikan ini pada 2014 dinilai sangat terancam punah di Bangladesh oleh IUCN. Di Assam, secara lokal dikenal sebagai cheng garaka atau garaka cheng.

4. Channa Aurantimaculata

Channa Aurantimaculata
Penyebaran ikan jenis ini yaitu di asia, terutama di daerah India. Ikan gabus ini mempunyai nama umum Orange spotted snakehead, jenis ikan gabus ini dapat mencapai panjang 57 cm.

Sekilas ikan ini mirip sekali dengan channa Barca, namun jangan terkecoh, karena jenis ini berbeda.
Sebenarnya tidak terlalu sulit juga untuk membedakannya, dengan syarat lihatlah secara detail jangan hanya sekilas.

Ikan yang memiliki nama latin Channa aurantimaculata ini adalah endemik Sungai Brahmaputra.

Channa Auranti bisa Anda ditemukan di hutan hujan tropis, tempat yang sering mengalami hujan deras, memiliki kelembaban tinggi, dan suhu musim panas yang sangat panas.

5. Channa Marulioides

Channa Marulioides
Channa marulioides, salah satu jenis big size snakehead yg pasti jadi favorit banyak penyuka ikan hias.
Diketahui penyebarannya meliputi 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand.
Channa marulioidis (Emperor Snakehead atau Cobra Snakehead) dapat tumbuh hingga maksimum 65 cm.
Channa marulioides biasa hidup di sungai-sungai dan rawa.
Dibandingkan dengan kebanyakan ikan gabus, spesies ini cukup jinak dan toleran terhadap spesies yang sama atau ikan besar lainnya.
Tingkat agresi agak meningkat ketika ikan Channa marulioides ini menjadi dewasa secara seksual.

Penutup

Sebagai tambahan informasi, jika anda ingin memelihara ikan gabus, anda perlu untuk menjaga tempat/aquarium agar ikan gabus tidak loncat.
Seperti kita tahu, ikan gabus adalah seniman pelarian yang fantastis. Dengan tubuh berotot mereka dapat loncat tinggi dari tempatnya, bahkan bisa mendobrak penutup. Penutup yang kuat itu adalah suatu keharusan jika ingin memelihara ikan ini.

Serta ikan gabus juga dikenal suka bersembunyi, usahakan berikan ranting, atau tanaman air agar ikan gabus bisa nyaman memiliki tempat persembunyian.