Hal-hal yang Dirasakan Seorang Ibu Ketika Memasuki Usia Kehamilan 5 Bulan

Usia kehamilan perlu diperhatikan betul oleh setiap ibu hamil. Karena, fase kehamilan merupakan fase yang paling krusial agar ibu dan anak yang ada di dalam kandungannya dapat selamat ketika menjalani proses persalinan. Namun, tak hanya itu, usia kehamilan juga perlu menjadi perhatian mulai dari minggu pertama, hamil 22 minggu, atau bahkan ketika baru hamil 12 minggu sekalipun. Sebab, masa kehamilan sangatlah penting untuk diperhatikan dan Anda juga perlu mengetahui berbagai gejala yang umum terjadi ketika memasuki usia kehamilan 5 bulan atau 22 minggu apakah tergolong normal ataukah tidak melalui ulasan berikut ini.

Sering flu

Salah satu hal yang seringkali dirasakan oleh seorang ibu ketika memasuki usia kehamilan 5 bulan yakni seringnya mengalami flu. Influenza merupakan hal yang wajar terjadi dan setiap ibu hamil umumnya akan merasakan hal tersebut terutama ketika daya tahan tubuhnya sedang lemah. Akan tetapi, ketika influenza terjadi, maka sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik karena Anda tidak boleh mengonsumsi obat secara sembarangan selama masa kehamilan sehingga perlu mendapatkan penanganan khusus ketika terjangkit influenza.

Sakit pinggang

Selain flu, hal lainnya yang seringkali dirasakan ketika memasuki usia kehamilan 5 bulan yakni seringnya sakit pinggang. Meskipun rasa sakit pinggang telah terasa sejak usia hamil 12 minggu, namun rasa sakit pinggang yang akan Anda alami di usia kehamilan 5 bulan cenderung lebih berat sehingga Anda perlu mempersiapkan hal tersebut. Untuk itu, jangan lakukan aktivitas yang terlalu berat agar kondisi bayi yang ada dalam kandungan tetap terjaga dan sang ibu pun berada dalam kondisi kesehatan yang baik agar siap ketika persalinan kelak.

Kaki bengkak

Berat janin yang ada di dalam kandungan ketika memasuki usia kehamilan 5 bulan akan semakin terasa. Hal ini akan berdampak pada tubuh sang ibu di mana bagian kakinya akan menjadi bengkak. Hal tersebut merupakan hal yang biasa namun umumnya kaki bengkak terjadi ketika sang ibu jarang bergerak oleh karena itu lakukan gerakan ringan seperti berjalan-jalan sesekali waktu.