6 Keuntungan Menjadi Guru Les Privat

 Menjadi guru les privat merupakan suatu pekerjaan yang bisa kita lakukan tanpa terlalu menguras banyak waktu kita, karena waktu yang dibutuhkan untuk mengajar les privat hanya berkisar 60 sampai 90 menit. Akan tetapi hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa les privat bisa berlangsung lebih lama. Menjadi guru les merupakan pekerjaan yang banyak diminati oleh kalangan mahasiswa. Banyak mahasiswa yang memilih untuk menjadi guru les privat disela – sela waktu senggang mereka. Permintaan masyarakat untuk memberikan les privat bagi anak mereka sangatlah tinggi sehingga hal ini bisa membuka peluang untuk para mahasiswa untuk menjadi guru les privat. Kebanyakan mahasiswa yang memilih untuk menjadi guru les privat adalah mereka yang berada pada semester 4 keatas, bahkan banyak juga mahasiswa yang baru lulus mengisi waktu luangnya untuk menjadi guru les selama mereka masih belum mendapatkan pekerjaan yang tetap. Ada berbagai sumber informasi mengenai freelance job sebagai guru les, informasi – informasi tersebut bisa didapatkan melalui papan pengumuman, melalui perantara orang lain, kerabat, atau bahkan dari mulut ke mulut. Namun, apa sajakah keuntungan  menjadi guru les privat yang sekarang ini cukup diminati banyak orang khususnya di kalangan mahasiswa??

Tentunya akan ada keuntungan yang didapatkan ditinjau dari beberapa aspek. Disini, penulis akan menjelaskan mengenai keuntungan - keuntungan yang didapatkan dengan menjadi guru les privat.

1. Pengalaman mengajar

 Aspek yang pertama adalah mengenai pengalaman mengajar. Seperti kata pepatah “pengalaman adalah guru terbaik”, tidak semua pengajar bisa menyampaikan materi dengan baik bahkan guru yang pintar sekalipun. Hal ini terjadi karena karakter setiap anak berbeda-beda sehingga seorang pengajar harus tahu karakter siswanya sehingga materi yang ia sampaikan akan tersampaikan dengan baik pula. Semakin sering kita mengajar dan semakin banyak murid kita maka akan semakin banyak juga kita tau berbagai macam karakter siswa. Maka hal itu akan memberikan keuntungan bagi pengajar untuk memperkaya tekhnik-tekhnik mengajar sehingga materi yang diberikan tersampaikan dengan baik kepada muridnya. Menjadi guru les akan sangat menguntungkan khususnya bagi mahasiswa yang mengambil jurusan pendidikan karena mereka telah mendapatkan pengalaman mengajar sehingga mereka sudah mengetahui lebih banyak mengenai karakter murid dan tekhnik mengajar yang baik.

2. Belajar cara menghadapi orang dengan berbagai macam karakter

Ketika kita menjadi guru les privat, kita tidak hanya dihadapkan dengan murid kita saja. Namun, kita juga dihadapkan dengan orang tua murid. Dengan menjadi guru les kita juga dituntut untuk berkomunikasi dengan orang tua murid. Hal itu dapat terjadi karena seringkali orang tua akan menanyakan mengenai perkembangan belajar anaknya. Oleh karena itu, kita akan dituntut untuk berkomunikasi dan berhadapan dengan orang tua murid. Tidak semua orang tua murid mempunyai karakter yang sama. Maka dari itu semakin banyak murid yang kita tangani maka akan semakin sering pula kita berhadapan dengan orang tua murid dengan karakter yag berbeda-beda, sehingga nantinya kita akan terbiasa untuk menghadapi orang dengan usia dan karakter yang berbeda-beda yang merupakan sebuah keuntungan untuk diri kita sendiri dimasa depan.

3. Mengasah otak

 Selanjutnya adalah bisa mengasah otak kita, bagaimana bisa demikian? Hal ini bisa terjadi karena ketika kita mengajarkan sebuah materi maka otak kita akan ikut bekerja. Salah satu contohnya adalah apabila kita mengajarkan mengenai matematika atau berhitung maka kita akan terbiasa dengan berhitung karena otak kita terus-terusan diasah maka kita tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk memecahkan mengenai materi tambah, kurang atau bahkan perkalian dan pembagian. Selain itu contoh lainya adalah apabila kita mengajar mengenai bidang bahasa seperti bahasa asing maka otak kita akan terbiasa dengan pola atau susunan kata dari bahasa asing tersebut, misalnya saja yang paling umum adalah bahasa inggris. Ketika kita terbiasa mengajar bahasa inggris setiap harinya maka kita akan terbiasa dengan grammar; pola atau susunan kalimat dalam bahasa inggris. Kita juga bisa mendapatkan kosa kata baru dalam proses mengajar sehingga kita akan diuntungkan ketika menjadi guru les privat.

4. Mendapatkan relasi

 Keuntungan yang lainnya dengan menjadi guru les adalah akan mendapatkan relasi dan kenalan baru. Dengan menjadi pengajar les privat maka kita akan menemui orang baru. Mempunyai teman baru akan memberi keuntungan bagi kita diantaranya kita bisa berbagi hal baru, membahas mengenai hal yang sama-sama digemari, atau bahkan berbagi informasi dan saling membantu. Semakin banyak job untuk mengajar maka semakin banyak relasi dan akan semakin banyak pula keuntungan yang bisa kita peroleh dengan bertemu orang-orang baru.

5. Memanfaatkan dan menghargai waktu

Semua orang pastinya mempunyai waktu luang, terkadang kita jutsru tidak memanfaatkan waktu luang yang kita punya dengan baik malahan kita membuangnya sia-sia. Menjadi guru les privat bukan hanya satu-satunya cara untuk memanfaatkan waktu yang kita punya dengan baik, setiap orang mempunyai pilihannya sendiri untuk mengisi waktu luang yang mereka punya seperti membaca novel, menonton film, menggambar atau hal lainya. Tetapi menjadi guru les juga bisa dijadikan pilihan yang baik untuk memanfaatkan waktu luang yang kita punya dengan sebaik-baiknya. Disamping itu kita juga akan mendapatkan keuntungan-keuntungan lain seperti sudah disebutkan diatas. Selain kita bisa memanfaatkan waktu dengan baik, menjadi guru les juga akan mengajarkan kita bagimana menghargai waktu, sehingga kita tidak akan membuang waktu luang yang kita punya dengan sia-sia. Mengingat lagi bahwa waktu yang telah kita lewatkan tidak akan dapat dikembalikan maka menjadi guru les privat merupakan pilihan yang cukup baik untuk memanfaatkan waktu yang ada.

6. Mendapatkan uang

Keuntungan berikutnya adalah keuntungan yang berupa materi. Materi merupakan keuntungan yang kebanyakan menjadi acuan utama bagi orang-orang yang memilih untuk mengajar les privat. Banyak dari mahasiswa yang memilih untuk mencari freelance job sebagai guru les privat, hal ini biasanya disebabkan oleh keuntungan materi yang didapatkan yang jumlahnya cukup untuk menambah uang jajan mereka. Disamping itu, jadwal kuliah juga tidak melulu padat setiap harinya sehingga mereka mempunyai cukup waktu untuk mengajar les privat. Keuntungan materi atau mendapatkan uang merupakan keuntungan yang mutlak dan pasti kita dapatkan ketika menjadi guru les privat.
Menurut penjalasan yang sudah disebutkan diatas, maka banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi guru les privat. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain adalah bisa mendapatkan pengalaman mengajar, bisa belajar menghadapi orang dengan berbagai macam usia dan karakter, bisa ikut belajar sembari mengajar les, mendapatkan relasi dan teman baru, bisa memanfaatkan waktu dengan baik dan yang paling pasti adalah mendapatkan keuntungan materi berupa uang dan mungkin masih banayk lagi keuntungan dan manfaat lain dengan menjadi guru les privat yang tidak dapat disebutkan satu persatu oleh penulis.