Pembaruan Algoritma Google Secara Besar-besaran, Maret 2018

Percaya atau tidak, saat ini google tengah melakukan perubahan algoritmanya secara besar-besaran. Bisa dibilang saya merasakannya sejak tanggal 9 Maret 2018 dan masih berlangsung hingga saat ini, bahkan semua pemilik situs tengah merasakannya. Benar saja di tanggal 10 maret, di internet Indonesia dan juga seluruh dunia ramai dengan adanya perubahan algoritma google ini, semua bertanya ada apa dengan google?

Karena hal itulah maka saya bisa memastikan bahwa memang google telah melakukan perubahan algoritmanya sejak 9 maret 2018.

Algoritma Google terbaru

Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah perubahan apa saja yang terjadi dan bagaimana kiat-kiat agar pemilik situs bisa tetap survive?

Kita awali dengan menjawab pertanyaan yang pertama, yaitu

Perubahan apa saja yang terjadi dengan algoritma google?

Sejauh saya mengamati beberapa situs besar, sepertinya tidak begitu terpengaruh oleh algoritma google.
Seperti situs-situs panduan internet marketing yang sudah legend, situs panduan ngeblog, SEO, situs-situs berita, situs yang sudah punya brand pun masih memiliki peringkat yang baik di google.
Situs situs startup besar pun juga masih memiliki peringkat baik di google, juga dengan pengindeksan yang terbilang cepat.
Nah, lalu sebenernya apa yang berubah sih? banyak lah, terutama peningkatan kualitas hasil pencarian, nah bagi situs-situs besar itu, mungkin memang kualitasnya sudah baik makanya bisa tetap bertahan di rank atas.
Berikut rincian perubahan di algoritma google

1. Google RankBrain: - RankBrain adalah algoritma pada mesin yang bisa belajar sendiri dan punya kecerdasan buatan (Machine Learning Artificial Intellegence) yang meningkatkan hasil pencarian kata kunci berdasarkan pada maksud pengguna. Machine Learning adalah proses dimana komputer belajar bagaimana melakukan tugas tertentu dengan sendirinya, daripada diajar oleh manusia.

2. Google Pigeon Update: - Google Pigeon Update memberikan hasil yang lebih relevan dan akurat berdasarkan lokasi pengguna dan faktor geografis lainnya.

3. Google Panda Update: - Google Panda mengupdate hukuman yang dikenakan pada situs dengan konten berkualitas rendah, mengandung spam atau konten sedikit. Apalagi website dengan Keyword Stuffing, Poor User Experience dan plagiarisme harus mendapatkan hukumannya, bisa jadi deindex atau diturunkan peringkatnya dalam pencarian.

4. Google Penguin: - Google Penguin berurusan dengan kualitas link dan menghukum situs-situs yang membeli backlink dari situs pihak ketiga. Selain itu, Website yang tidak mengikuti panduan Google Webmaster harus menghadapi kendala.

5. Google Possum: - Google Possum mengenalkan berbagai perubahan yang berkaitan dengan Local SEO.
a. Lokasi Fisik dari Pencari: - Bisnis dekat jarak dekat pencari lebih cenderung muncul di SERPs.

b. Bisnis yang berada di pinggiran kota tertentu, sekarang muncul di hasil kota target

6. HTTPS: -Situs yang muncul dihalaman pertama kebanyakan adalah situs https, artinya di algoritma google ini mengutamakan situs HTTPS. Silakan lakukan migrasi ke HTTPS jika situs anda masih HTTP

7. Trafik mobile: -trafik dari mobile diperhatikan betul oleh google, sehingga membuat halaman-halaman situs setidaknya memenuhi syarat berikut
a. Google sangat memperhatikan Speed Halaman
b. halaman AMP juga memiliki nilai tambah (di pencarian mobile)
c. Google memperhatikan kenyamanan pengguna, hindari tampilan yang membuat pengguna tidak betah. Ingat ada rekaman bounce rate! Algoritma Google menggunakan data bounce rate situs juga dalam melakukan penilaian. Iklan Pop Up dan iklan banner yang mengganggu pun bisa menyebabkan masalah kebetahan dari para pengunjung. Hati hati jangan sampai kena penalty google!

8. Google meningkatkan batas Meta Description: -Sebelumnya google telah menggunakan hasil pencarian dengan snippet, dan kini hasilnya semakin ditingkatkan. Google juga menambah meta deskripsi yang tadinya hanya 155 kata sekarang hingga 300 kata.

9. Waktu Pengindeksan: -Selain perubahan dari hasil google searchnya itu, ada juga perubahan di webmaster crawlernya, yang tadinya hanya butuh waktu sekian detik untuk menampilkan halaman kita di pencarian, kini dibutuhkan waktu lebih lama. Hal ini juga masih berhubungan dengan pembaruan yang terjadi di Algoritma Google. Google memperhatikan benar-benar bahwa halaman yang nantinya muncul di pencarian adalah halaman berkualitas. Bagi situs yang masih kurang dapat dipercaya, proses pengindeksan jadi lebih lama.

#Catatan= Update selanjutnya akan saya tambahkan jika ketemu lagi informasi baru mengenai algoritma google.

Nah setelah tahu beberapa pembaruan itu, pastilah anda tahu apa saja kiat yang harus dilakukan bukan?
Begini saja saya akan beri sedikit tentang poin poin yang harus dilakukan

Kiat Agar Situs Web bisa Survive di Algoritma Google yang baru

Saya sebagai admin situs lab.zleeb.com pun masih belajar agar tetap survive, dan jika anda mengharapkan kiat dari saya, saya akan memberikan kiat-kiat yang mungkin akan bermanfaat bagi anda.

1. Buatlah konten yang berkualitas, ya tau sendiri kan berkualitas itu bagaimana? Ya istilahnya tidak mengecewakan pengunjung, jadi apa yang pengunjung cari bisa terjawab oleh artikel anda dengan baik. Memberi pengalaman baik kepada pengunjung. Kalo bisa dilengkapi gambar, video, tabel, ya apapun agar pengunjung lebih paham dengan artikel anda.

2. Meningkatkan kualitas halaman, yaitu dengan peningkatan speed, dengan desain yang lebih nyaman bagi pengunjung.

3. Membuat situs anda HTTPS!

4. Jangan curang dalam backlink, buatlah secara alami. Google sudah siap melakukan penalty bagi yang main curang!

5. Tidak usah terlalu panik dan pusing, tetaplah berkarya dan menulis konten dengan baik.

Oke begitulah sedikit review dari saya mengenai algoritma google terbaru yang bikin heboh semua orang. Semoga bermanfaat, sekian dan terima gaji!