Tutorial mengetik cepat dan tepat menggunakan 10 jari

Anda sering melihat film-film yang menampilkan orang yang sedang mengetik bukan? Mereka terlihat sangat cepat sekali mengetiknya. Sebenarnya mengetik dengan cepat seperti itu bisa anda lakukan juga. Itu bukanlah suatu bakat, atau bukan juga karena kejeniusan. Agar anda bisa mengetik dengan cepat yang dibutuhkan hanya sedikit cara yang tepat dan sisanya adalah kebiasaan. Tangan kita itu ajaib, ya saya katakan seperti itu karena jika kita membiasakan jari-jari kita untuk mengetik otomatis dia akan hapal posisi dari huruf-huruf keyboard tersebut dengan sendirinya.

Cara yang tepat untuk mengetik dengan cepat adalah mengetik dengan 10 jari tanpa melihat keyboard. Saya yakin jika anda dapat menguasai teknik ini dan anda terus menerus melatih jari anda agar menggunakan 10 jari maka anda akan mengetik dengan cepat.  Bagi anda yang aktif di medsos, atau seorang gamer, atau sering mengerjakan tugas di ms. word, cara ini sangat dianjurkan untuk anda pelajari. Karena dengan cara ini anda menjadi mahir mengetik dengan cepat, dan pastinya anda memang dibutuhkan agar cepat bukan dalam mengetik? Anda akan merasa lebih enak dalam menjalani aktivitas menggunakan laptop karena ya jari anda sudah terampil dalam menekan tombol-tombol keyboard, seperti orang yang jago main piano.

Jika anda saat ini baru pertama kali mendengar teknik ini, silakan dicoba saja. Anda yang baru pertama kali mencobanya mungkin anda akan merasakan kesusahan.  Apalagi jika anda tadinya mengetik menggunakan 2 jari saja. Namun anda jangan pernah menyerah, karena memang kebanyakan orang awalnya kesusahan. memang cara ini membutuhkan kesabaran dan disiplin tingkat tinggi.
Untuk mengetik dengan cepat dan tepat, saya menyarankan anda mengetik dengan 10 jari. Yakinlah bahwa anda nantinya akan dapat mahir menggunakan 10 jari. Caranya ikuti tutorial berikut ini :

1. Langkah pertama

Perhatikan tombol-tombol pada keyboard anda, disitu anda akan menemukan bahwa di huruf F dan J ada tonjolan kecil. itu dibuat bukan tanpa fungsi, itu berfungsi untuk tanda, karena nantinya kedua huruf itu sebagai patokan anda dalam memposisikan jari-jari anda.  Selain itu jika anda mengangkat jari anda, misalnya untuk menekan tombol delete atau backspace, tonjolan kecil itu dapat dengan mudah membuat jari anda kembali pada posisi yang tepat.
Coba taruhlah kedua jari telunjuk pada kedua huruf yang ada tonjolan kecilnya tersebut.  Jika sudah, lanjut ke langkah kedua.

2. Langkah kedua

Pahami posisi posisi dan fungsi tiap jari pada keyboard, ini penting dipahami agar anda dapat memaksimalkan 10 jari anda. Anda membagi porsi dengan optimal pada jari-jari anda. Latihlah jari anda agar mengetik sesuai dengan fungsinya, jika satu jari saja tidak digunakan dengan sesuai maka tutorial yang anda pelajari ini menjadi tidak sempurna, dan anda mungkin tidak dapat meraih hasil yang maksimal. Apalagi jika nantinya anda menjadi terbiasa, akan sulit lagi untuk belajar dari awal lagi, karena kebiasaan akan sulit diubah. Untuk itu ikuti tutorial ini dengan benar untuk mendapat hasil yang optimal.

Posisi dan Fungsi 10 jari saat mengetik

a. Fungsi Jari Tangan Kanan

Telunjuk : Untuk tombol : J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6

Jari Tengah : Berfungsi menekan tombol : K, I, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 8 atau tanda bintang (*)

Jari Manis : untuk menekan tombol L, O, 9 / tanda kurung kiri ( ( ), dan titik (.) / tanda lebih besar (>) serta Alt

Kelingking : Semua tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, huruf P, tanda kurung siku ( { } / [ } ), garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya  ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda seperti dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.

Jempol : Spasi. Khusus yang ini baru digunakan kalau salah satu dari jari kiri yang terakhir kali menekan tombol. Jadi prinsip kerjanya dibuat bersilang dengan jempol kiri.

b. Fungsi Jari Tangan Kiri

Telunjuk : Fungsinya untuk mengetik tombol F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5,

Jari Tengah : Untuk tombol D, E, C, dan angka 3.

Jari Manis : untuk tombol S, W, X, dan 2.

Kelingking : A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda ~, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.

Jempol : Menekan spasi. Rumusnya, bila jari di tangan kanan yang terakhir menekan tombol maka baru menggunakan Jempol kiri ini dan demikian sebaliknya.

Untuk lebih jelasnya silakan anda lihat gambar pemetaan jari pada keyboard berikut :
Jika anda sudah memahami fungsi dari masing-masing jari anda, sekarang saatnya ke langkah ketiga.

3. Langkah ketiga

Ibaratnya belajar naik mobil, kedua langkah diatas itu hanyalah langkah teorinya saja. Namun pada langkah ketiga ini anda akan mulai untuk menerapkan teori yang tadi sudah anda pelajari. Pada langkah ketiga ini saya menyarankan anda untuk melatih jari tangan anda menggunakan tutorial diatas, ya walaupun susah, namun yakinlah bahwa suatu saat anda dapat mengetik dengan mahir.

Untuk melatih tangan anda ada banyak cara, bisa dengan sering mengetik artikel, atau menulis catatan harian, atau iseng-iseng sekalian chatting dengan menggunakan 10 jari. Ya pokoknya latih terus kemampuan jari anda untuk mengetik 10 jari. Atau anda bisa juga menggunakan aplikasi untuk melatih mengetik dengan 10 jari. Ada banyak sekali aplikasi yang ditujukan untuk belajar mengetik dengan 10 jari, namun saran saya anda gunakan saja aplikasi yang sederhana dan mudah pengoperasiaannya dan gratis wkwk. Untuk mendownload aplikasi gratis tersebut silakan menuju link berikut.

Demikianlah tutorial mengetik dengan cepat dan tepat (10 jari), semoga bermanfaat. Jangan patah semangat, teruslah latih jari anda. Yakinlah bahwa anda nantinya akan jadi mahir dalam mengetik. Jika ada kritik, saran, atau respon tuliskan saja dalam kolom komentar.

Iezel