Tutorial lengkap memberikan password pada dokumen ms. office (word, powerpoint, excel)

Apabila anda membuat suatu dokemen yang isinya penting dan tidak ingin sembarangan orang dapat membacanya, coba saja gunakan tutorial ini. Pada tutorial kali ini saya akan membeberkan cara memberikan password pada dokumen, sehingga jika seseorang ingin membuka dokumen tersebut diharuskan memasukkan password terlebih dahulu, jika tidak tahu passwordnya ya otomatis tidak dapat membukanya.
Terlebih lagi password yang dibuat pada ms. office peka terhadap huruf besar dan kecil, jadi anda juga dapat mengkombinasikan password yang semakin rumit agar orang lain tidak dapat membobolnya.
Namun pastinya anda harus selalu ingat passwordnya apa, karena jika anda sendiri lupa anda tidak akan dapat membuka dokumen tersebut, makanya sebaiknya gunakan password yang mudah anda ingat saja.

Tutorial ini pada prinsipnya berlaku untuk semua versi ms. office, namun untuk bahan saya menjelaskan yaitu menggunakan ms. office 2007. Tutorial ini akan menjelaskan cara memberikan password secara lengkap sampai jadi. Sebenarnya caranya simpel sekali, cuma tiga langkah dan dokumen anda sudah jadi terpassword. Yuk simak Tutorial lengkap memberikan password pada dokumen ms. office (word, excel, powerpoint) berikut ini:

#Pertama

Anda buka terlebih dahulu dokumen yang ingin anda berikan password. Dokumen yang saya maksud bisa apa saja, asalkan masih keluarga ms. office (Word, Excel, Powerpoint).

#Kedua

Klik logo microsoft office yang berada di pojok kiri atas. Lalu akan muncul menu-menu.
kemudian anda pilih Prepare > Encrypt Document

#Ketiga

Setelah anda mengeklik Encrypt Document, maka akan muncul kotak yang digunakan untuk membuat passord dokumen anda. Caranya tinggal tulis saja password yang anda inginkan (ingat huruf besar dan kecil berpengaruh), lalu OK, maka anda diminta mengkonfirmasi dengan mengetik ulang password yang tadi dituliskan, lalu tekan OK lagi

#Selesai

Jika sudah selesai berarti anda sudah memberikan password ke dokumen tersebut, langkah selanjutnya adalah anda tinggal menyimpan lagi dokumen anda. Jika sudah tersimpan, silakan anda tutup dokumen tersebut.
Untuk mencoba apakah sudah berhasil atau belum silakan dibuka lagi dokumen anda.
Jika berhasil maka anda diharuskan memasukkan password terlebih dahulu untuk membuka dokumen tersebut.

Setelah tau tutorial ini anda bisa menggunakannya untuk mengunci dokumen penting anda agar tidak terbaca oleh orang lain. Namun ingat pesan saya tadi, jangan sampai lupa passwordnya apa, oke?
Sekian tutorial memberikan password pada dokumen ms. office (word, excel, powerpoint). Semoga bermanfaat.

Iezel