Tips Menghemat Pemakaian Kuota Internet

Bagi kamu pengguna smartphone mungkin terkadang kesal ketika sedang asyik-asyiknya browsing tiba-tiba mendapatkan notifikasi bahwa kuota internet habis. Yah!
Perasaan baru beli minggu kemarin, kok tau tau abis ya.
Apalagi kalau kamu sedang bokek, wih mantap tuh. Apalagi dipikir-pikir sekarang itu kalau sms-an justru lebih mahal daripada chatting dengan aplikasi yang pake kuota.
Baca juga:
Cara Mendapatkan Pulsa Gratis Gampang All Operator

Nah untuk menghemat pemakaian kuota internet di smartphone-mu, kamu bisa lakukan tips berikut ini:

Aku pernah praktekkan tips-tips di bawah ini, dan berhasil menghemat kuota. 

1. Youtube? Jangan dulu dehh!

Kamu suka nonton video di youtube? wahhh pantesan kuota cepat abis! Kalau mau menghemat pemakaian kuota mendingan jangan buka youtube dulu deh.
Untuk solusinya kamu bisa download video yang ingin ditonton ketika kamu lagi di hotspot area. Tapi kalau storage dikit yaudah, puasa youtube dulu.

2. Sering pake Maps? Dibikin mode offline aja

Kamu yang sering jalan-jalan, atau malah yang sering lupa jalan wkwk, aplikasi maps emang ngebantu banget sih. Tapi kalau mau menghemat kuota, mending abis ketemu rute perjalanan maps-nya disimpan ke offline aja.
Ya biar menghemat kuota lah, masih bisa kok buat penunjuk arah, tapi gausah dimatiin data sama gpsnya ya.

3. Sering tethering ke Laptop? diirit-irit pakenya!

Kalo kamu lagi ada tugas yang ngerjainnya pake laptop dan butuh koneksi cara praktisnya kan tethering dari hape ya. Tapi kamu tau ga? laptop itu memakai kuota lebih banyak daripada handphone loh.
Meskipun kamu lagi ga browsing kuotamu tetap terpakai, dan juga browsing di laptop itu makan kuota lebih besar. Logikanya sih karena halaman webnya lengkap, terus kualitas gambarnya lebih gede jadinya lebih boros kuota.
Jadi kalo mau irit, pakenya buat browsing sesuai tujuan aja, gausah buka macem-macem. Fokus, nah setelah dapet semua bahan untuk ngerjain tugas matiin aja tetheringnya. Kalau butuh lagi nyalain lagi.
Dijamin lebih irit deh.

4. Menggunakan browser yang irit kuota

Browser yang irit kuota ini contohnya operamini, uc browser.
Kalau browsing di smartphone pengen irit pakenya browser yang ringan aja kaya yang tadi aku sebutin. Browsing pake chrome atau web browser bawaan itu biasanya lebih makan kuota banyak.

5. Jaringan data dibikin "hanya gsm"

Entah kenapa kalo 3g atau 4g walaupun smartphone keadaan stand by "ga dipake" tetep aja sehari abis kuota banyak. Nah untuk menghemat bisa pake cara ini.
Tapi ya efeknya jadi agak lambat kalo untuk browsing, tapi aku pernah praktekin khusus untuk chatting masih normal kok, dan lancar jaya.

Nah sekian tips menghemat pemakaian kuota internet yang aku sampaikan,
Kamu mau nambahin? atau mau kritik? jangan malu-malu untuk berkomentar.

Iezel