10 Tanda Peringatan Bahwa Anda Memilih Pekerjaan yang Salah

Bagi beberapa pekerja, pekerjaan yang mereka miliki merupakan sumber rejeki untuk menghidupi keluarga.
Meskipun mungkin ada rasa tidak nyaman dalam hati, merasa seperti robot, terkekang, dan bosan. Namun, tetap saja ada yang tidak mau meninggalkan pekerjaannya untuk mencari pekerjaan lain yang mungkin akan lebih cocok.
Padahal di luar sana ada berbagai jenis pekerjaan yang bebas untuk dipilih.
Apakah anda memang sudah cocok dengan pekerjaan anda? atau anda hanya terperangkap dengan pekerjaan anda saat ini yang mungkin sebenarnya salah, tidak sesuai dengan anda?
(via https://pixabay.com)

Coba cek dengan tanda peringatan berikut ini:

1. Merasa kurang nyaman dalam bekerja

Ada banyak faktor yang membuat anda merasa kurang nyaman, misalnya sikap bos/rekan kerja, suasana, tugas.
Apabila anda masih dapat mengatasi masalah kenyamanan anda mungkin hal itu hanya suatu kerikil kecil dalam menjalani pekerjaan anda. Namun jika kenyamanan anda tak lebih dari 20% saat bekerja. Wah itu bisa saja suatu tanda peringatan bahwa anda sebenarnya tidak cocok dengan pekerjaan anda saat ini. Anda memilih pekerjaan yang salah.

2. Gaji tidak naik setelah cukup lama bekerja

Tiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing dalam mengurus karyawannya. Namun dalam hal untuk membahagiakan karyawannya, tiap perusahaan umumnya akan menaikkan gaji karyawannya yang telah setia bekerja. Nah kalau anda sudah bekerja cukup lama namun gaji anda tidak naik, wah itu suatu tanda kalau anda memilih pekerjaan yang salah, segera cari pekerjaan baru!

3. Selalu menanti-nanti jam kerja selesai

Saat anda bekerja anda seharusnya menikmati pekerjaan anda dan bekerja dengan penuh perhatian. Namun jika sedikit-sedikit anda menoleh jam dan berharap waktu segera menunjukkan jam kerja selesai, itu suatu tanda bahwa anda tidak menikmati pekerjaan anda. Anda memilih pekerjaan yang salah.

4. Iri dengan pekerjaan orang lain

Iri disini maksudnya anda menginginkan pekerjaan yang sedang orang lain kerjakan di luar sana (mungkin teman anda).
Di pekerjaan anda saat ini anda merasa tidak cocok, dan anda merasa dapat lebih produktif jika melakukan pekerjaan lain. Itu suatu tanda peringatan bahwa anda memilih pekerjaan yang salah.

5. Sering konflik di tempat kerja

Anda sering beradu argumen, beda pendapat dengan rekan kerja di tempat kerja anda, atau anda kurang disukai oleh bos, atau partner anda? Atau justru anda yang tidak menyukai mereka?
Mungkin saja itu karena anda tidak cocok dengan pekerjaan di tempat itu. Kemampuan atau pola pikir anda tidak serasi dengan kultur di tempat tersebut. Bisa saja itu tanda bahwa anda memilih pekerjaan yang salah.

6. Tugas semakin terasa berat dikerjakan

Jika anda merasa cocok dengan pekerjaan yang anda pilih, tugas itu semacam suatu kegiatan yang menyenangkan. Bahkan suatu hal yang bisa dijadikan pelajaran dalam hidup. Namun jika anda merasa tugas anda semakin membebani anda, semakin anda merasa berat untuk mengerjakannya. Mungkin itu karena anda tidak cocok dengan pekerjaan yang anda pilih saat ini

7. Anda tidak tertarik dengan pekerjaan anda

Bayangkan, ketika anda sedang tidak bekerja dan ingin segera hari senin untuk ke tempat kerja. Anda merasa senang dengan pekerjaan anda. Anda dapat memaksimalkan potensi anda di pekerjaan tersebut.
Namun apabila anda tidak tertarik dengan pekerjaan anda, anda bahkan merasa tidak ingin untuk segera menemui hari senin lagi. Anda mungkin telah memilih pekerjaan yang salah.

8. Tidak suka membicarakan tentang pekerjaan ketika sedang di luar

Saat reuni, atau saat hangout bareng teman terkadang ada saja suatu obrolan yang menjurus tentang pekerjaan. Jika pada saat seperti itu anda tidak tertarik untuk membicarakannya, atau justru membicarakan hal-hal negatif ketika di tempat kerja, mungkin itu karena anda tidak cocok dengan pekerjaan anda.

9. Tak ingin mendapat tanggung jawab lebih

Jika anda merasa cocok dengan pekerjaan yang anda piih, anda akan dengan senang hati menerima tanggung jawab lebih. Sehingga anda lebih terpacu untuk terus memberikan kemampuan anda dalam pekerjaan tersebut.
Namun ketika di tempat kerja ada suatu promosi jabatan, anda justru tidak ingin mendapatkannya. Atau ketika ada suatu proyek pekerjaan, anda tidak ingin menjadi konseptor atau pemeran pentingnya. Anda hanya ingin memiliki tanggung jawab sedikit saja.
Bisa jadi itu karena sebenarnya anda tidak cocok dengan pekerjaan yang anda pilih

10. Merasa ingin meninggalkan pekerjaan anda

Setiap ada masalah dalam pekerjaan, tiap orang memiliki metode masing-masing dalam menghadapinya. Misalnya jika bosan, bisa dengan mengubah suasana di tempat kerja. Atau misal kurang nyaman bisa dengan menambahkan hal-hal agar lebih nyaman.
Namun jika ketika ada masalah datang anda justru hanya terpikir ingin meninggalkan pekerjaan anda, itu mungkin karena anda tidak cocok dengan pekerjaan anda. Anda memilih pekerjaan yang salah.

Bagaimana? Banyakkah tanda peringatan tersebut anda dapati dalam diri anda?
Jika iya berikanlah kesempatan pada diri anda untuk menentukan lagi keputusan yang sebaiknya anda pilih. Jangan sampai anda hanya terperangkap dalam pekerjaan yang mungkin salah untuk anda!
Hidup ini seharusnya indah.

Iezel