Contoh Kata Pengantar untuk Usulan Penelitian, Skripsi dan Laporan PKL tahun 2017

Anda saat ini sedang mengerjakan usulan penelitian, skripsi, atau laporan PKL?
Pasti ada kata pengantarnya kan?

Kata pengantar adalah tulisan ungkapan kata oleh penulis mengenai hasil tulisan yang dia buat. Kata pengantar biasanya mengandung maksud sebagai ucapan terima kasih kepada pihak yang turut andil dalam selesainya tulisan tersebut, serta permintaan kritik dan saran yang membangun. Kata pengantar biasanya terdiri dari tiga bagian yaitu pembukaan, isi, dan penutup. Pada pembukaan akan diisi dengan puji syukur kepada tuhan YME, lalu di bagian isi tertulis ucapan terima kasih kepada berbagai pihak, lalu penutupnya berisi tujuan/manfaat dan permintaan kritik saran.
Kalau anda sedang mencari-cari kata pengantar yang cocok seperti apa bisa dilihat dari koleksi saya. Sebenarnya dalam membuat kata pengantar tidak terlalu susah sih. Namun jika mungkin anda agak kebingungan silakan lihat contoh kata pengantar berikut :

A. Contoh kata pengantar untuk Usulan Penelitian :

Puji syukur penulis panjatkan kepada Alloh SWT yang selalu melimpahkan rahmat, karunia serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan usulan penelitian yang berjudul “Judul Usulan Penelitian”. Penulisan usulan penelitian ini dapat terselesaikan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak dan pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1. Ibu Dr. Hartiwi Diastuti selaku Pembimbing I, Ibu Purwati, M.Si selaku Pembimbing II, serta Ibu Galuh Widiyarti, M.Si selaku Pembimbing III, yang telah banyak memberikan saran dan bimbingannya dalam penulisan usulan penelitian ini.
2. Bapak Dr. Suwandri selaku Ketua Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Jenderal Soedirman.
3. Bapak Drs. Sunardi, M.Si selaku Dekan Fakultas MIPA.
4. Para dosen yang telah memberikan ilmu yang bermanfaat.
            Semoga Alloh SWT memberikan balasan yang pantas atas kebaikannya. Penulis menyadari usulan penelitian ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.
Purwokerto, Februari 2017

Penulis

B. Contoh kata pengantar untuk Skripsi :

Alhamdulillahirobil’alamin. Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada nabi agung Muhammad SAW, keluarganya, dan para sahabatnya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Judul Skripsi”. Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Sains Strata Satu (S1) pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. 
Penyusunan skripsi ini dapat terselesaikan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak dan pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1.    Ibu Purwati S.Si., M.Si. dan Bapak Moch. Chasani S.Si., M.Si. selaku pembimbing I dan pembimbing II atas arahan dan masukkan yang diberikan saat penelitian maupun penulisan skripsi.
2.    Ibu Undri S.Si., M.Si. dan Ibu Ari Asnani S.Si., M.Sc., Ph.D. selaku penelaah I dan penelaah II atas masukkan yang diberikan saat penulisan skripsi.
3.   Bapak Dr. Suwandri selaku Ketua Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Jenderal Soedirman.
4. Bapak Drs. Sunardi, M.Si selaku Dekan Fakultas MIPA..
5.    Bapak Anung Riapranitra S.Si., M.Sc. selaku pembimbing akademik atas bimbingannya selama kuliah.
6.    Bapak Antoniker selaku Analis Laboratorium Kimia Organik atas bantuan dan berbagi pengalamannya bekerja di laboratorium.
7.    Seluruh staf dosen di lingkungan MIPA khususnya Program Studi Kimia yang telah memberikan wahana dan wacana ilmu yang sangat indah dan Insya Allah bermanfaat.
8.    Kedua Orang Tua, kakak, adik dan seluruh keluarga yang tidak henti-hentinya memberikan dukungan, do’a, cinta, dan kasih sayangnya, sehingga memantapkan langkah penulis dalam penulisan skripsi ini.
9.    Sahabat tercinta (IndahIrma, Diah, Ana, dan Nung) atas bantuan dan persahabatannya.
10.  Teman-teman  Kimia 2017 khususnya kakak dan adik angkatan pada umumnya atas kebersamaan dalam satu kampus MIPA-Unsoed tercinta.
11.  Teman-teman kost (Mba Eni, Nungki, Risti, Dian, Andda, Tami) Jl. H Madrani No. 11 Grendeng Purwokerto Utara.
12.  Semua pihak yang telah memberikan dukungan baik moril maupun material.
Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran senantiasa penulis harapkan demi kemajuan di masa datang. Akhirnya penulis berharap semoga skripsi ini bermanfaat.

          Purwokerto,   2017

     

                                                                            Penulis

C. Contoh Kata Pengantar untuk Laporan PKL :

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah melimpahkan nikmat, karunia, dan kasih sayang-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan kerja praktik ini. Laporan kerja praktik ini disusun untuk memenuhi salah satu persyaratan melaksanakan Kerja Praktik Strata Satu Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jenderal Soedirman.dengan judul “Judul Laporan PKL.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan adik tercinta yang telah menjadi motivasi bagi penulis untuk menyelesaikan laporan ini. Ucapan terima kasih atas juga penulis sampaikan kepada:
·         Marisa Paulina selaku pembimbing teknis Kerja Praktik di PT Indocement Tunggal Prakarsa
·    Anung Riapanitra, M.Sc. selaku dosen pembimbing Kerja Praktik di Jurusan Kimia Universitas Jenderal Soedirman
·       Karyawan Research Laboratory QARD PT Indocement Tunggal Prakarsa (Pak Jumadi, Pak Kelik, Pak Adi, Pak Ali)
·         PCL 1-4 PT Indocement Tunggal Prakarsa
·         Siti Mawaddah (UIN Jakarta)
·         Rekan-rekan Helium 2013
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan baik dari segi teknikpenulisan maupun dalam penyampaian isinya.Akhir kata penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan.

Purwokerto, 19 April 2017


Penulis